TEKNIK INFORMASI

Tips Membuat Password Email atau Medsos yang Kuat

Lakukan ini untuk membuat password yang kuat agar akun email ataupun media sosial kita tidak mudah dibobol orang.

Di era digital saat ini, bisa dibilang hampir semua orang memiliki akun email dan social media. Kesemua akun ini tentunya membutuhkan password atau kata sandi untuk mengautentikasi kepemilikan akun, supaya tidak diakses oleh sembarang orang. 

 

Dengan berbagai data pribadi yang terkandung di dalamnya, password ini merupakan salah satu tameng untuk melindungi data-data di akun kita tersebut. 

 

Nah, bagaimana cara membuat password yang kuat, agar tidak mudah dibobol atau diakses oleh orang lain? Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kita ikuti.

 

1. Minimal berisi 12 karakter 

Meski beberapa platform media sosial meminta kita untuk membuat password yang berisi enam hingga delapan karakter, sesungguhnya kata sandi yang kuat paling tidak berisi 12 karakter atau lebih.

 

2. Gunakan kombinasi karakter 

Buat password dengan kombinasi dari berbagai karakter, seperti angka, huruf, dan simbol. Untuk huruf, kombinasikan huruf kecil dan kapital dalam password kita tersebut. 

 

3. Hindari penggunaan kata yang mudah ditebak

Selanjutnya, hindari penggunaan password yang sama seperti nama akun atau nama pribadi. Selain itu, hindari juga menggunakan kata umum yang mudah ditebak, seperti “Password”, “Bismillah”, “Rahasia”, dll. 

 

4. Buat password yang berbeda

Sebisa mungkin, buatlah password yang berbeda untuk masing-masing akun email dan medsos kita. Dengan begini, akan bisa memperkecil kemungkinan terjadinya pembobolan akun email dan medsos secara bersamaan. 

 

5. Gunakan istilah yang mudah kita ingat 

Kita tentu wajib untuk mengingat seluruh password kita, oleh karena itu salah satu tipsnya adalah dengan menggunakan istilah atau kata yang memang familiar dan mudah kita ingat. Namun, agar tidak mudah ditebak, susunan password tersebut bisa menggunakan kombinasi karakter yang unik. Misalnya: “M4uT4u4j4deh!”

 

 

Itu dia beberapa tips untuk membuat password yang kuat agar tidak mudah dibobol orang. Yang pasti, jangan pernah membagikan password kita secara sembarangan ke orang lain.

 

Jangan lupa juga untuk mengaktifkan fitur autentikasi dua langkah yang sekarang jamak tersedia. Fitur itu memungkinkan autentikasi pengguna dengan langkah ekstra, selain dari password, seperti verifikasi via nomer telepon ataupun email. (Erick)

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

96
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.