MEMBUAT KUE

Tips Membuat Kue Lapis Legit

Mulai dari pemilihan bahan, cara mengolah, dan menyimpan kue lapis legit ada di sini.

Lapis legit adalah salah satu kue favorit banyak orang. Dengan rasanya yang spesial, kue ini biasa disajikan pada acara keluarga atau perayaan tertentu, seperti tahun baru China atau Imlek. Nah, jika tertarik ingin coba membuat kue lapis legit, berikut ini ada beberapa tips yang Teman Kelaskita bisa lakukan. 

 

1. Gunakan telur segar 

Pastikan untuk menggunakan bahan-bahan yang segar untuk membuat lapis legit agar hasilnya bisa sempurna. Salah satunya adalah telur. Pilihlah telur yang baik dan segar. 

 

2. Ayak tepung 

Jangan lupa untuk mengayak tepung terigu terlebih dahulu agar tidak ada gumpalan yang tercampur. 

 

3. Pakai mentega suhu ruang 

Gunakan mentega suhu ruang untuk membuat lapis legit, jangan terlalu keras ataupun terlalu cair. Sebab, penggunaan mentega beku akan menyulitkan proses mengocok adonan, sementara mentega cair bisa memengaruhi tekstur akhir lapis legit menjadi gagal. 

 

4. Jangan terlalu lama mengocok mentega

Proses pengocokan mentega juga harus diperhatikan dan jangan terlalu lama. Cukup kocok mentega kurang lebih lima menit sampai dia mengembang.

 

5. Timbang adonan 

Untuk keseimbangan, semua bahan yang sudah dicampur rata, sebaiknya ditimbang terlebih dahulu agar setiap lapisannya sama besar. 

 

6. Panaskan oven dan sesuaikan suhunya 

Oven untuk memanggang lapis legit harus dipanaskan terlebih dahulu dengan suhu 200 derajat celsius. Lalu turunkan suhunya menjadi 180 derajat celsius saat kita akan masukkan adonannya.

 

7. Panggang tiap lapisan selama lima menit 

Selanjutnya, adonan yang sudah ditimbang bisa langsung dituang ke loyang beralas kertas roti. Setiap lapisan cukup dipanggang selama lima menit saja hingga matang. Jadi kita bisa menuang adonan berikutnya jika sudah berwarna kecokelatan 

 

8. Tusuk dan tekan lapisan 

Jika muncul gelembung besar saat atau setelah adonan lapis legit dipanggang, kita bisa menusuknya dengan tusuk gigi agar udara di dalam adonan bisa keluar. Tapi kalau gelembungnya tidak terlalu parah, kita cukup pres agar layer kuenya itu lurus menggunakan alat penekan datar yang dibuat dari baja atau stainless. 

 

9. Jangan potong dalam keadaan beku 

Lapis legit sebaiknya dipotong dalam keadaan tidak terlalu beku dan tak terlalu lembek. Jika sudah terlanjur disimpan di suhu ruang, kita bisa menaruh terlebih dahulu itu ke dalam kulkas agar bisa dipotong dengan baik. Oh iya, gunakan pisau roti bergerigi untuk memotongnya.

 

10. Simpan di wadah tertutup

Simpanlah lapis legit di wadah tertutup. Kita bisa menempatkannya sesuai selera kita, apakah di suhu ruang, kulkas, atau freezer. Jika di suhu ruang, lapis legit akan tahan selama tiga hari, sementara di kulkas hingga tujuh hari, serta penyimpanan lapis legit di freezer bisa tahan hingga dua bulan.

 

 

Itu dia beberapa tips membuat kue lapis legit yang bisa kamu ikuti. Untuk resep detailnya, bisa coba cari di youtube ya, Teman Kelaskita. Ada banyak banget pilihan resep yang bisa kamu ikuti di sana. Selamat mencoba! (Erick)

 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

95
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.