LAINNYA

Tips Membedakan Berita Benar atau Hoax

Jangan mudah termakan hoax ya, Teman KelasKita. Selalu periksa dulu apakah berita yang kita baca benar atau tidak sebelum menyebarkannya.

Di era digital saat ini, beragam informasi dapat dengan mudah diperoleh. Namun, semua informasi ini tidak semua bisa dibuktikan kebenarannya, dan tidak sedikit juga yang malah merupakan hoax, alias berita bohong yang menyesatkan.

 

Yang bikin makin memprihatinkan, banyak yang percaya begitu saja dan turut menyebarkan berita ini ke kerabatnya, padahal berita itu hox. Nah, untuk menghindari hal ini, ada beberapa tips untuk bisa mendeteksi apakah informasi yang kita baca benar atau hoax.

 

1. Periksa judul

Biasanya, judul artikel yang mengandung kata-kata kasar dan terkesan provokatif cenderung mengarah pada hoax. Selain itu berita hoax juga sering memiliki judul yang menyudutkan atau memfitnah suatu pihak. Judul yang dipenuhi dengan huruf besar dan tanda seru juga bisa menjadi indikasi bahwa berita tersebut hoax.

 

2. Perhatikan nama website atau sumber berita

Sebelum membaca informasi atau berita dari web tertentu, pastikan dulu nama dan situsnya. Tidak semua web yang ada di internet memberikan informasi asli. Terkadang mereka akan mencampurkannya dengan informasi lain dengan tujuan agar pembacanya terprovokasi. Oleh karena itu perhatikan kembali situs yang kamu baca, pastikan itu dari institusi yang kredibel. Berita hoaks yang berasal dari domain blog yang tidak resmi biasanya meragukan dan keasliannya dan patut dipertanyakan. Oh iya, artikel tanpa nama penulis juga perlu diragukan kebenarannya.

 

3. Cek foto dan video

Selain tulisan yang menyesatkan, foto dan video yang beredar juga bisa diubah dan diedit oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Untuk memastikan keasliannya kamu bisa menyimpan foto dari berita yang sudah kamu baca. Setelah itu kamu bisa memanfaatkan tools dari Google yaitu Google Images.

 

Pertama, masuk pada laman Google images, lalu tambahkan foto yang kamu simpan tadi ke laman Google Images. Setelah itu situs yang mengunggah foto tersebut akan muncul. Dengan ini kamu bisa mengetahui situs mana yang pertama kali membagikan foto tersebut. Sehingga kamu bisa membandingkan mana informasi yang benar dan juga hoax dari foto yang kamu simpan tadi.

 

4. Periksa lewat aplikasi

 

Saat ini, kita bisa mengecek keaslian suatu berita dan informasi melalui aplikasi bernama Hoax Analyzer atauCopyscape. Kedua aplikasi ini bisa membantu kita untuk melakukan verifikasi berita dengan melakukan cross check hasil pencarian teratas dari semua mesin pencarian. Sehingga dari hasil pencarian tadi bisa dibandingkan dengan artikel yang memiliki keyword atau kata kunci yang sama. 

 

 

Itu dia beberapa tips sederhana yang bisa kamu lakukan untuk memeriksa apakah berita yang kita baca benar atau hoax. Jadilah netizen yang bijak, cerdas, tidak mudah terprovokasi, dan mudah menyebarkan berita hoax. (Erick)

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

97
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.