PSIKOLOGI

5 Tips Melawan Phobia

Ini dia beberapa tips mengurangi phobia menurut para ahli.

Phobia adalah ketakutan yang intens terhadap sesuatu yang dapat menimbulkan bahaya jika pelaku tidak dapat mengontrol ketakutan tersebut. Ketakutan ini adalah emosi yang dipicu dengan ancaman bahaya baik nyata maupun imajiner. 

 

Dalam jumlah sedang, ketakutan ini membantu kita mengatasi potensi bahaya. Sebaliknya, jika frekuensi atau intensitas ketakutan tersebut sangat besar dan sampai melumpuhkan dampaknya, maka perlu dikelola secara efektif.

 

Sebelum menimbulkan dampak yang dapat merugikan dirinya maupun orang lain, ada beberapa hal yang bisa kita coba untuk mengatasi phobia secara umum. Berikut beberapa di antaranya:

 

1. Hadapi ketakutan

Kita tidak bisa menyingkirkan apa yang kitatakuti, kecuali jika kita menghadapinya secara langsung. Untuk itu, kita harus mengakui dan menghadapi ketakutan, dengan meruntuhkan asumsi, pemikiran berlebihan, kesimpulan, dan pengalaman masa lalu di sekitarnya.

 

2. Berpikir positif

Cobalah untuk berpikir positif. Pikiran negatif mengarah pada tindakan negatif yang kemudian mendorong hasil negatif. Jadi, kembangkan pikiran dan kebiasaan positif yang akan memberdayakan kita untuk mencapai lebih banyak dan meningkatkan kepercayaan diri!

 

3. Personifikasi rasa takut

Personifikasi rasa takut membantu memisahkan pikiran sendiri dari pikiran yang diciptakan oleh rasa takut. Kita dapat memberikan nama atau gambar seperti apa untuk membuatnya lebih ringan sehingga kita tahu bahwa kitaa dapat mengatasinya. Ini membantu dalam memprosesnya dengan lebih baik.

 

4. Brain Dumping

Brain dumping adalah keterampilan mengatasi yang hebat. Buat jurnal dan catat semua pikiran, ketakutan, dan perasaan kita. Biarkan itu menjadi pemikiran yang mengalir bebas di atas kertas. Ini membantu dalam mendeklarasikan pikiran dan mengekang pemikiran yang berlebihan sambil memungkinkan pemrosesan pikiran yang menakutkan.

 

5. Carilah dukungan ahli

Sendirian dengan ketakutan hanya menambah kecemasan yang kita rasakan saat menghadapinya. Bagikan dengan teman dan keluarga kita. Kita juga bisa mencari dukungan dari seorang ahli untuk mengurangi ketakutan atau keraguan yang mungkin menghalangi kitaa untuk mencoba hal-hal baru.

 

Itu dia beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk melawan atau minimal mengurangi phobia kita akan suatu hal. Yang perlu diingat, jika rasa takutnya memang benar-benar parah, selalu lebih baik untuk berkonsultasi dengan profesional terlebih dahulu. (Erick)

 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

140
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.