KEUANGAN

4 Tips Kumpulkan Dana Darurat

Bagaimana cara kita lekas memiliki dana darurat? Coba lakukan beberapa tips berikut ini.

Teman KelasKita pasti tau dong, betapa pentingnya untuk kita memiliki dana darurat demi mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga terjadi sewaktu-waktu. Menurut para perencana keuangan, besaran dana darurat yangideal setidaknya 3-6 bulan untuk biaya hidup, atau bahkan satu tahun untuk yang sudah berkeluarga. 

 

Nah, untuk mengumpulkan dana ini bisa dengan berbagai cara, mulai dari menabung, mengurangi tagihan bulanan, atau memiliki pekerjaan sampingan. Meski ada beragam cara, tetap saja, banyak orang yang merasa kesulitan mengumpulkan uang untuk dana darurat ini.

 

Bahkan ada sebuah studi di luar negeri yang menyebutkan bahwa hanya ada 44 persen orang yang bersedia membayar pengeluaran tak terduga yang nominalnya di atas 10 juta dengan uang tunai, sementara sisanyaperlu meminjam dana.

 

Lantas, bagaimana agar kita bisa segera mengumpulkan dana darurat ini? Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan.

 

 

1. Kurangi tagihan bulanan

Mengurangi tagihan atau pengeluaran rutin adalah cara lain untuk meningkatkan dana darurat. Cobalah dengan mulai mengecek seluruh pos tagihan rutin kita, lalu coba rombak agar lebih kecil. Kita bisa mencari alternatif paket internet atau tv kabel yang lebih murah, mengganti langganan streaming musik atau film yang lebih ekonomis, dan lain sebagainya.

 

2. Gunakan kartu kredit seperlunya

Sebisa mungkin, kita kurangi penggunaan kartu kredit, hanya untuk hal-hal yang memang urgent. Karena bunga yang dikenakan oleh kartu kredit akan lebih baik kalau kita tabung tentunya.

 

3. Jual barang yang tidak digunakan

Jika kita memiliki barang yang tidak terpakai atau bahkan belum pernah digunakan, lebih baik kita menjualnya.Seperti pakaian, sepatu, atau perlengkapan rumah tangga. Saat ini, semua barang bisa dengan mudah kita jual lewat aplikasi market place.

 

4. Ambil pekerjaan sampingan

Ini sih jelas ya. Selain pekerjaan utama, memiliki side job juga penting untuk menambah pemasukan kita. Kita bisa memanfaatkan keahlian atau hobi kita menjadi hal-hal yang menghasilkan. Selain pekerjaan freelance, kita juga bisa coba merintis usaha kecil-kecilan untuk mendapatkan uang tambahan.

 

 

Itu dia beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk mengumpulkan dana darurat. Oh iya, satu hal lagi yang perlu diingat, dana darurat ini sebaiknya kita simpan di rekening bank yang mudah kita akses dan kita ambil kapan saja. Jangan menyimpannya di bursa saham atau crypto ya. Selamat mencoba! (Erick)

 

 

 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

100
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.