KESEHATAN

Tips Jaga Kesehatan pada Musim Pancaroba

Di peralihan musim kemarau ke hujan, lakukan hal ini untuk menjaga kesehatan kita agar tidak jatuh sakit.

Saat ini kita sudah memasuki musim pancaroba, alias masa peralihan dari musim kemarau ke musim hujan. Umumnya, cuaca akan terasa panas pada pagi hingga tengah hari, lalu akan turun hujan pada siang hingga malam hari dan membawa hawa dingin. Cuaca seperti ini rentan terhadap kesehatan tubuh kita.

 

Agar tetap fit dan dapat beraktivitas seharian, kita perlu menjaga kesehatan tubuh. Nah, berikut ini ada beberapa tips menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat di masa pancaroba.

 

1. Penuhi kebutuhan cairan

Jaga tubuh kita kekurangan cairan atau dehidrasi. Pastikan kita minum minimal 8 gelas atau 2 liter per hari. Kurangi konsumsi minuman bersoda, tinggi gula, atau kafein, dan disarankan banyak minum hangat. 

 

2. Cukup beristirahat 

Tubuh kita perlu memiliki waktu istirahat yang cukup. Disarankan kita untuk tidur selama 7-8 jam per hari agar tubuh kita tetap fit. 

 

3. Makan makanan bernutrisi tinggi

Mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi diperlukan tubuh untuk membantu melawan bakteri atau virus penyebab penyakit. Sebisa mungkin, hindari makanan cepat saji dan tinggi lemak dan perbanyak buah-buahan dan sayur-sayuran yang mengandung banyak vitamin dan mineral.

 

4. Sedia payung atau jas hujan

Di musim hujan, payung atau jas hujan adalah item wajib untuk kita bawa. Karena kondisi kehujanan atau kedinginan bisa menurunkan sistem imun tubuh, sehingga kita mudah terserang penyakit. 

 

5. Hindari stres

Sebisa mungkin, hindari pikiran negatif atau stres, karena hal ini akan bisa melemahkan sistem imunitas tubuh seseorang. 

 

6. Olahraga teratur 

Kita disarankan sedikitnya berolahraga selama 150 menit dalam seminggu. Dengan olahraga yangteraturakan bisa menjaga fungsi tubuh dengan baik. Selain mengurangi peradangan dan mendukung sel-sel yang melawan bakteri atau virus yang menyebabkan penyakit, olahraga juga bisa mengurangi stres. 

 

 

Itu dia beberapa tips yang perlu kita lakukan untuk menjaga kesehatan di masa pancaroba ini. Selain itu, tentunya kita tetap wajib menjalankan protokol kesehatan pandemi Covid-19 yakni dengan mematuhi 5M (Mencuci Tangan, Memakai Masker, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan, Mengurangi Mobilitas). Salam sehat ya, Teman Kelaskita! (Erick)

 

 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

180
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.