KEUANGAN

Tips Investasi di Pasar Modal untuk Pemula

Investor pemula wajib tahu nih, tips investasi saham biar cuan.

Investasi di pasar modal masih menjadi pilihan banyak investor. Namun diperlukan kecermatan dalam memilih portofolio saham berpotensi memberikan cuan. Buat kita, investor pemula, berikut ini ada beberapa tips basicagar sukses berinvestasi di pasar modal.

 

1. Baca laporan keuangan 

Investor atau trader yang baik wajib membaca laporan keuangan. Sebab kunci untuk memilih emiten itu justru dari laporan keuangan. Kita bisa mulai membaca laporan keuangan dari: berapa laba, penjualan, modalnya berapa, berapa utangnya, sampai pembayaran utangnya lancar atau macet. 

 

2. Sabar menanti hasil yang terbaik 

Tidak ada yang instan untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Karena perlu kita ingat, untuk mendapatkan hasil terbaik, perlu waktu, termasuk dalam berinvestasi. 

 

3. Beli saham yang bidang usahanya baik 

Prinsip paling sederhana dalam memilih emiten adalah carilah industri yang dapat bertahan dalam berbagai kondisi ekonomi. Setelah menentukan industrinya, sortir perusahaan yang misalnya masih memiliki price to book value atau PBV kecil tapi asetnya banyak dan utangnya kecil. 

 

4. Pilih perusahaan yang untung 

Carilan perusahaan yang untung, dan jangan pernah membeli perusahaan yang rugi. Karena kita pasti menginginkan investasi yang kita lakukan bertumbuh dan menghasilkan cuan. Oleh karena itu, pilihlah emiten yang memiliki pertumbuhan laba positif. Selain itu, kita juga harus memperhatikan kestabilan pendapatan dan laba emiten, dengan melihat data selama 10 tahun terakhir. Kita juga perlu memperhatikan pos arus kas dan aktivitas operasional. Jika kita menemukan angka arus kas dekat dengan net income, maka dapat dikatakan perusahaan tersebut baik.

 

5. Track record pimpinan perusahaan yang baik 

Setiap menentukan saham yang hendak dibeli, selalu cari tahu pimpinan perusahaan itu, seperti siapa direksi dan komisarisnya. Pastikan bahwa selama berkarier di industri, mereka adalah pribadi yang berintegritas, jujur dan memiliki reputasi yang baik.

 

Itu dia 5 tips dasar dalam memulai investasi di pasar modal. Selamat berinvestasi dan semoga cuan! (Erick)

 

 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

142
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.