FOTOGRAFI

Tips Foto Produk Terlihat Menarik

Cocok nih untuk yang punya bisnis online.

Saat ini, hampir setiap usaha atau bisnis bisa dilakukan secara online. Dengan memanfaatkan marketplace dan social media, kita bisa memasarkan produk atau jasa kita ke seluruh penjuru dunia.

 

Nah, salah satu kunci kesuksesan dari berjualan online adalah menggunakan foto produk yang baik dan menarik. Karena hal inilah yang akan dilihat yang pertama kali dilihat oleh konsumen dan pastikan foto yang kita sajikan bisa menarik mereka untuk membeli dagangan kita.

 

Untuk itu, ada beberapa tips foto produk agar terlihat menarik :

 

1. Gunakan background polos

Untuk menonjolkan produk yang kita jual, gunakan background polos dan berwarna netral sebagai latar belakang foto. Kita bisa memanfaatkan kertas karton putih besar atau kain sebagai background untuk menyiasatinya. 

 

2. Gunakan model

Jika produk yang kita jual bisa dikenakan, seperti produk fashion, gunakan model agar bisa memberikan gambaran yang jelas kepada pembeli bagaimana bentuk produk kita saat dipakai.

 

3. Setting kamera dengan benar

Untuk memotret produk, kita tidak harus menggunakan kamera dslr mutakhir. Dengan kamera handphone zaman sekarang juga sudah bisa menghasilkan foto yang cukup baik untuk dipasang di social media ataupun market place. Apapun pirantinya, pastikan kita memotretnya dengan settingan terbaik dan pencahayaan cukup.

 

4. Pencahayaan yang cukup

Seperti yang udah disebut sebelumnya, cahaya merupakan faktor penting untuk menghasilkan foto yang maksimal. Kita bisa menggunakan lampu penerangan khusus atau dengan memanfaatkan cahaya alami dari matahari. Untuk hasil terbaik, fotolah pada jam 8 - 9 pagi atau jam 4 - 5 Sore, saat matahari tidak terlalu tinggi dan cahaya tidak terlalu tajam.

 

5. Ambil foto dari beberapa sudut

Memotret dari banyak angle dapat menunjukkan detail produk yang kita jual dan bisa menarik perhatian calon pembeli. Sebagai aksen, kita juga bisa menambahkan beberapa properti tambahan penunjang untuk memperkaya foto. 

 

6. Tambahkan watermark 

Agar foto kita tidak diambil dan disalahgunaka oleh orang lain, penting untuk menambahkan watermark di setiap foto kita. Hal ini juga akan semakin menyakinkan calon customer bahwa foto yang kita pajang adalah benar barang milik kita sendiri.

 

 

Itu dia beberapa tips membuat foto produk yang menarik untuk mendukung bisnis online kita. Selamat mencoba dan semoga sukses! (Erick)

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

218
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.