LAINNYA

Tips Dapat Dana Hibah untuk Para Peneliti

Lakukan hal-hal berikut ini untuk mendapatkan hibah penelitian.

Untuk bisa mendapatkan hasil penelitian yang sukses, seorang peneliti harus memiliki strategi tepat dalam proses pelaksanaan penelitian, termasuk mendapatkan hibah penelitian.

 

Lantas bagaimana strategi yang tepat untuk mendapatkan hibah penelitian tersebut? Berikut ada beberapatips yang perlu dilakukan.

 

1. Cari ide segar yang bermanfaat

Sebuah penelitian yang baik membutuhkan sebuah ide yang segar, orisinil, dan berguna. Pastikan juga kalau karya ini dapat bermanfaat dan relevan untuk pembangunan serta pengembangan ilmu pengetahuan.

 

2. Rencana penelitian matang

Perencanaan sangat penting untuk mendukung kesuksesan penelitian dan pendanaan. Oleh karena itu di sini akademisi bisa belajar dari pengalaman yang sudah dilakukan tersebut. Roadmap ini bisa menjadi salah satu kunci untuk menyatakan arah dan tujuan ke mana larinya penelitian yang akan kita lakukan. Kembali ke esensinya, penelitian diharapkan manfaat bagi lingkungan sekitar.

 

3. Tekun dan adaptif

Agar proses penelitian tersebut bisa berjalan dengan lancar, akademisi harus tekun menindaklanjuti terkait rencana proyek. Terlebih jika karya tersebut sangat berpengaruh besar terhadap hasil yang terbaik.

 

Meski begitu, kita juga harus adaptif terhadap situasi. Karena apa yang diteliti, tidak selalu sesuai rencana. Bisa jadi dalam penerapan di lapangan, ada berbagai macam masalah dan tantangan. Selalu sesuaikan dengan kondisi lapangan, agar kebermanfaatan bisa maksimal.

 

4. Publikasi media massa

Penelitian tak seharusnya berhenti pada persiapan keilmuan saja. Sebuah proses pemenangan hibah akan lebih lengkap jika dikenal oleh media massa. Media massa ini akan membantu penelitian kita menjadi lebih mudah untuk disebarluaskan manfaatnya kepada banyak pihak. Lewat media, kita juga akan lebih mudah mendapatkan relasi dan kebermanfaatan yang luas. 

 

 

Itu dia beberapa tips yang perlu kita lakukan berkaitan dengan penelitian dan ingin mendapatkan hibah penelitian. Tetap semangat dan terus berkarya! (Erick)

 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

343
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.