BISNIS

Tips Bikin Hobi Jadi Bisnis yang Menguntungkan

Coba lakukan tips berikut ini untuk mengubah hobi jadi bisnis yang menguntungkan.

Membangun bisnis yang berdasarkan dari hobi memang menyenangkan. Meski begitu, mendirikan dan menjalankan bisnis berbasis hobi ini tentu tidak luput dari berbagai tantangan. 

 

Selain mengandalkan minat serta kreativitas, naluri bisnis yang baik juga sangat penting agar bisnis yang kita jalani bisa menghasilkan keuntungan. Untuk itu, perlu strategi yang tepat agar bisnis kita bisa berjalan dengan sukses.

 

Nah, apa saja strategi dalam membangun bisnis berbasis hobi?  

 

1. Terapkan mindset bisnis

Salah satu tantangan yang dihadapi ketika membangun bisnis yang berasal dari hobi adalah memposisikan diri antara hobi yang digemari dengan bisnis yang harus terus berjalan dan dikembangkan. Di sini, kita harus bisa menanamkan mindset sebagai seorang pebisnis, bukan lagi sekadar penggiat hobi. 

 

Penting bagi para pebisnis untuk bisa berpikir objektif dan bisa membuat skala prioritas, mana yang memberikan dampak lebih besar pada bisnis. Ini artinya kita harus bisa memasang mindset yang lebih strategis, holistik, dan berorientasi pada bisnis. 

 

2. Eksplorasi dan inovasi

Meski bisnis ini adalah hobi yang sudah lama kita geluti, jangan pernah berhenti untuk melakukan eksplorasi dan inovasi. Selain dapat terus memacu semangat dan ketertarikan terhadap hobi yang telah dijalankan selama bertahun-tahun, hal ini juga sekaligus menjadi salah satu strategi pengembangan produk yang efektif. 

 

3. Kolaborasi

Dalam menjalankan bisnis, kita juga bisa mencoba kolaborasi dengan brand atau pihak lain untuk mengembangkan usaha kita lebih luas lagi. Ini merupakan salah satu cara untuk mencapai market baru, mengeksplorasi hal-hal baru, serta menggali inspirasi dari berbagai pihak yang memiliki visi sama seperti kita.

 

4. Strategi marketing yang pas

Kita perlu memasarkan produk kita dengan baik dan tepat sasaran. Oleh karena itu, kita perlu menyesuaikan jalur promosi dengan target audience yang mau kita capai. Hal ini akan makin lengkap jika kita bisa membuat brand story yang unik dan personal. Dengan latar belakang kita sebagai penghobi, harusnya hal ini akan bisa kita lakukan dengan lebih mudah karena kita sudah mengetahui seperti apa kebutuhan calon konsumen kita.

 

 

Nah, itu dia beberapa tips yang perlu dilakukan untuk membangun bisnis dari hobi yang kita geluti. Satu hal yang pasti, riset konsumen dan produk di awal tetap perlu dilakukan dengan matang, agar usaha yang kita bangun bisa berjalan dengan baik dan sesuai target yang kita impikan. Selamat berusaha! (Erick)

 

 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

139
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.