OTOMOTIF

Tips Berkendara saat Hujan Deras dan Angin Kencang

Agar aman dan nyaman berkendara mobil di tengah cuaca ekstrem, coba lakukan beberapa tips ini.

Hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang mulai terjadi belakangan ini di berbagai wilayah di Indonesia. Nah, agar tetap aman dan nyaman berkendara mobil di tengah kondisi cuaca yang ekstrem, ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Berikut ini di antaranya:

 

1. Cek ramalan cuaca

Sebelum berkendara, ada baiknya kita mengecek ramalan cuaca via smartphone kita. Dengan begini, kita bisa mengantisipasi, dan mungkin menunda perjalanan jika memang berpotensi hujan lebat atau angin kencang. Untuk menghindari 

 

2. Jaga kecepatan

Sebaiknya kita Segera kurangi kecepatan mobil sekitar 20% atau 20-30 km/jam ketika melalui kawasan yang sedang turun hujan, apalagi jika disertai angin kencang yang bisa menyulitkan dalam memantau kondisi sekitar dan mengendalikan mobil. 

 

3. Fokus saat menyetir

Kita harus fokus dan waspada selama berkendara di saat hujan deras. Jangan bermain handphone atau melakukan hal lain yang bisa mengalihkan perhatian.

 

4. Jaga jarak aman 

Sebenarnya ini berlaku tidak hanya saat cuaca hujan, namun ketika di tengah hujan deras dan angin kencang, kita perli lebih disiplin lagi dalam menjaga jarak kendaraan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi jika pengguna jalan lain melakukan pengereman kendaraan secara mendadak.

 

Itu dia beberapa tips yang bisa dilakukan saat berkendara di tengah cuaca hujan. Selain itu, pastikan juga kalau kendaraan kita dalam keadaan prima, termasuk juga mengecek karet wiper kaca mobil kita agar nyaman dan aman dalam berkendara. (Erick)

 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

155
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.