TANAMAN

5 Tips Berkebun di Apartemen

Cocok banget nih buat yang baru mau mulai berkebun tapi tinggal di apartemen.

Tingggal di apartemen bukan hambatan bagi kita untuk tetap bercocok tanam. Kita bisa coba menanamtanaman hias, rempah-rempah, buah-buahan, dan sayuran tertentu di area terbatas di apartemen kita. Hanya saja kita harus memilih dengan cermat jenis tanaman yang memungkinkan. Selain jenis tanaman, berikut ini adalah beberapa hal lain yang perlu diperhatikan untuk bercocok tanam di apartemen: 

 

1. Sinar matahari 

Sebagian besar tanaman berbuah dan berbunga membutuhkan sinar matahari penuh. Itu berarti enam sampai delapan jam sinar matahari langsung. Ini artinya, kita harus memastikan kalau balkon kita mendapatkan cahaya matahari langsung yang cukup.

 

Jika area balkon kita tidak mendapat sinar matahari yang cukup, kita bisa memilih tanaman yang membutuhkan lebih sedikit sinar matahari, seperti sayuran atau rempah-rempah tertentu.

 

2. Gunakan media tanam/ tanah yang baik

Media tanam sangatlah penting, karena mengandung bahan organik yang berfungsi sebagai makanan untuk pertumbuhan tanaman. Selain itu juga meningkatkan porositas tanah sehingga meningkatkan kemampuan tanah untuk menyimpan air dan udara untuk akar tanaman. Kita juga bisa menggunakan pot ringan dan halus untuk membantu sirkulasi udara dan air secara efisien dan menjaga akar tetap sehat. 

 

3. Air 

Tanaman dalam pot perlu disiram secara rutin. Jadi pilihlah tempat yang memiliki akses mudah ke sumber air. Kita juga bisa menggunakan selang yang dapat dipasang ke keran wastafel untuk mempermudah.

 

4. Kelembaban 

Beberapa tanaman perlu dijaga kelembabannya. Jadi, jika kita menanam tanaman di ambang jendela dalam ruangan, kita mungkin perlu memberikan kelembapan ekstra, terutama saat panas dengan menyemprot tanaman dengan semprotan air.

 

5. Berat tanaman 

Perhatikan berat tanaman yang akan kita rawat di apartemen kita. Pilihan tanaman terbaik yang bisa ditanam dalam wadah atau pot. Beberapa pilihan utama untuk berkebun di apartemen termasuk mint, daun bawang, peterseli, lavender, dan kemangi. 

 

Itu dia beberapa tips yang bisa dilakukan jika ingin berkebun di apartemen. Oh iya, sekadar tambahan info, tanaman seperti selada, bayam, tomat, cabai, sampai stroberi juga bisa ditanam di area terbatas di apartemen kita. Selamat mencoba! (Erick)

 

 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

146
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.