PUBLIC SPEAKING

Tips Berbicara di Depan Umum dengan Percaya Diri

Dengan persiapan yang matang, kita akan lebih percaya diri untuk berbicara di depan umum.

Tidak semua orang bisa dengan mudah berbicara di depan umum. Selain merasa gugup, berbicara di depan banyak orang bisa jadi membuat kita tidak nyaman dan membuat krisis percaya diri. Untuk mengatasinya, berikut ini ada beberapa tips yang bisa dicoba agar kita percaya diri berbicara di depan umum: 

 

1.    Menguasai materi

Sebelum berbicara di depan umum, pastikan kamu memahami dulu materi apa yang akan disampaikan. Dengan begitu, kamu bisa menyampaikannya dengan lancar di depan banyak orang. Mereka pun akan lebih terlibat dalam materi yang kamu bawakan. Selain itu, kamu bisa berimprovisasi untuk membuat pembicaraan lebih menarik lagi.

 

2.    Perhatikan penampilan

Penampilan kita akan memberi kesan tersendiri kepada audience kita. Oleh karena itu, perhatikanlah penampilan kita. Pastikan pakaian kita sesuai dengan acara dan audiende yang datang. Hal ini juga akan membuat kita lebih pede saat menyampaikan materi dan berinteraksi di depan publik.

 

3.    Kontak mata

Saat sedang berbicara di depan umum, kita perlu melakukan sesekali kontak mata dengan audience atau penonton. Selain untuk memastikan mereka tetap fokus pada materi yang kamu bicarakan, kontak mata juga dapat memberikan kesan bahwa mereka bagian yang penting dari pembicaraan yang kamu bangun.

 

4.    Melibatkan audience

Audience merupakan bagian yang penting dari suatu acara, untuk itu kita perlu membangun interaksi dengan penonton. Dengan begini, mereka akan merasa lebih dilibatkan. Interaksi yang dibangun bisa seperti meminta tanggapan, sesi tanya jawab, dsb.

 

5.    Lawan rasa malu

Perasaan malu akan bisa menghambat kita saat berinteraksi dengan audience. Ada beberapa cara untuk melawan rasa malu saat tampil di depan umum. Contohnya, kita bisa menganggap penonton adalah temankita sendiri, sehingga akan lebih mudah dalam berkomunikasi.

 

6.    Berbicara dengan gaya sendiri

Jangan berusaha menjadi orang lain saat berbicara di depan umum. Tetaplah menggunakan gaya berbicara sendiri dan buat pembicaran menjadi lebih hidup dengan gaya kita sendiri. Dengan begitu, topik yang dibawakan akan lebih menarik. Tetap santai saat berbicara dan jangan lupa jaga kesopanan.

 

7.    Berdoa

Sebelum memulai sesuatu, sebaiknya kita berdoa terlebih dahulu. Berdoa akan bisa membantu menenangkan perasaan sebelum berbicara di depan umum dan membuat kita tampil lebih percaya diri.

 

Itu dia beberapa tips yang bisa dilakukan untuk bisa lebih percaya diri saat berbicara di depan umum. Satu hal yang juga penting adalah, kita harus melakukan persiapan sebaik mungkin. Hal ini termasuk materi yang akan ditampilkan, peralatan yang mendukung, dan penampilan kamu. Jangan lupa juga untuk berlatih di depan cermin atau di depan teman-teman sebelumnya. Selamat mencoba! (Erick)  

 

 

 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

166
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.