LAINNYA

Tips Belajar untuk Menghadapi Ujian

Salah satunya dengan cara ngajarin teman yang belum bisa.

Setiap ujian tentu perlu persiapan yang cukup untuk menghadapinya, baik itu ujian sekolah, kuliah, dan tes kompetensi lainnya. Agar kita bisa mengerjakan soal ujian dengan baik, ada beberapa tips yang bisa kamu coba selama belajar dan mengulang materi pelajaran. Disimak ya!

 

1. Luangkan cukup waktu buat belajar

Setiap ujian tentu memiliki tingkat kesulitan dan persiapan yang berbeda-beda. Untuk itu, kita harus meluangkan waktu dan sesuaikan porsi waktu belajar sesuai dengan tingkat kesulitannya masing-masing. Jangan lupa sisakan waktu istirahat agar tetap sehat dan nyaman menjelang waktu ujian. Hindari belajar di saat-saat akhir alias Sistem Kebut Semalam (SKS).

 

2. Siapkan ruang belajar kondusif

Untuk mendukung proses belajar, pastikan ruangan kita belajar senyaman dan sekondusif mungkin. Jauhkan dari gangguan dan distraksi yang mungkin terjadi, agar kita bisa belajar dengan fokus.

 

3. Buat catatan singkat

Jika punya cukup waktu, coba buat catatan singkat untuk menguji apakah kita sudah hafal dan paham dengan materi yang telah kita pelajari. Bisa juga menambahkan diagram dan alur untuk memudahkan kita mengingat materi.

 

4. Latihan soal

Kamu bisa berlatih menggunakan soal-soal ujian lama atau soal-soal latihan di buku lain. Latihan soal akan membiasakan kita menghadapi format pertanyaan dan mendapatkan bayangan soal-soal yang mungkin akan kita temui di kala ujian nanti. Kita juga bisa belajar mengatur kecepatan penyelesaian sebuah soal dengan jawaban yang tepat.

 

5. Belajar kelompok

Jika kamu lebih semangat belajar dengan teman, jangan ragu untuk membuat kelompok belajar online. Satu sama lain bisa saling mengajari jawaban soal yang dimengerti, atau sama-sama mencari jawaban yang tepat dengan cara penyelesaian paling cepat. Agar fokus, batasi waktu dan topik pelajaran.

 

6. Ajari teman

Jika teman kamu bertanya tentang soal yang tidak mereka mengerti, ajarkan dengan sejelas mungkin. Mengajari seseorang adalah cara memahami dan menghafal yang baik. Sebab, mendengar diri kita sendiri berbicara maupun menulis ulang materi di chat itu juga membantu materi lebih gampang diingat.

 

7. Jaga kesehatan

Memastikan kondisi badan fit saat belajar dan akan menempuh ujian tentu mutlak buat dilakukan. Untuk itu, kita harus menjaga asupan nutrisi dan waktu istirahat yang cukup. Belajar berjam-jam tanpa istirahat cukup justru akan kontraproduktif untuk belajar dan membuat kita lebih sulit dalam menghapal. Kita bisa menyesuaikan waktu istirahat dengan waktu belajar paling efektif buatmu. Jika lebih suka belajar malam, kita bisa istirahat di siang atau sore agar segar di malam hari. 

 

 

Nah, itu dia tips belajar menghadapi ujian yang bisa kamu coba. Pastikan juga kita sudah menyiapkan segala kebutuhan saat akan menghadapi ujian, seperti kartu ujian dan lain sebagainya. Apalagi kalau ujiannya dilakukan langsung di tempat ujian, dan bukan dari rumah.

 

Selamat belajar dan selamat menempuh ujian! (Erick)

 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

114
1
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.