OLAHRAGA

Tips Belajar Sepatu Roda untuk Pemula

Ingin belajar sepatu roda? Coba simak tips belajar sepatu roda untuk pemula berikut ini.

Belakangan ini, olahraga sepatu roda kembali populer dan banyak dilakukan di kota-kota besar. Club-club sepatu roda juga terus bermunculan. Sebagian ada yang bersepatu roda hanya untuk olahraga, berkegiatan santai, atau bahkan serius menggelutinya.

 

Nah, kalau Teman KelasKita ada yang tertarik dan ingin mencoba bermain sepatu roda, berikut ini ada beberapa tips untuk pemula yang bisa untuk disimak.

 

1. Pilih sepatu yang sesuai

Buat kita yang baru belajar sepatu roda, pilihlah jenis sepatu dengan kategori pemula dengan ukuran dan jenis standard. Sepatu kategori standard biasanya lebih tinggi jadi lebih saftey buat ankle, dan rodanya masih kecil. Sesuaikan juga sizenya dengan kaki kita. Saat ini, berbagai jenis sepatu roda tersedia di pasaran, baik itu sepatu roda anak ataupun sepatu roda dewasa.

 

2. Latihan berdiri dulu

Sebagai salah satu hal paling basic, kita perlu berlatih berdiri dan menjaga keseimbangan tubuh. Hal ini penting untuk memperkuat kuda-kuda kita dalam berseluncur dengan sepatu roda. Sebagai latihan awal, cobalah berdiri setelah memakai sepatu sambil tetap menjaga keseimbangan badan.

 

3. Berlatih keseimbangan

Setelah latihan berdiri, selanjutnya adalah melatih keseimbangan badan. Keseimbangan badan dijaga dalam posisi kuda-kuda dengan posisi menurunkan paha dan tangan di lutut. Badan tetap tegak dan pandangan lurus ke depan.

 

4. Jangan langsung coba di jalanan

Berlatih sepatu roda untuk pertama kali jangan langsung di jalanan aspal yang bisa membuat sepatu roda langsung meluncur. Untuk berlatih berdiri dan keseimbangan, kita bisa mencobanya di permukaan yang tidak licin seperti di rumput atau karpet.

 

5. Berlatih meluncur

Setelah bisa menyeimbangkan badan, langkah selanjutnya adalah berlatih meluncur. Cobalah meluncur dengan menggunakan kaki bagian dalam secara bergantian. Agar seluruh roda berputar sempurna, jangan mendorong hanya menggunakan kaki bagian depan aja, harus dorong dengan kaki bagian dalam bergantiankanan dan kiri.

 

6. Latihan Mengerem

Bisa meluncur berarti wajib juga bisa mengerem. Salah satu teknik mengerem yang paling mudah untuk dipelajari para pemula adalah “T-stop”. Metode ini dilakukan dengan posisi kaki membentuk huruf T. Salah satu kaki di tekan bagian tumitnya di belakang kaki lain membentuk huruf T, dengan begini kecepatanberseluncur bisa langsung berkurang maksimal.

 

 

Itu dia beberapa tips belajar berseluncur dengan sepatu roda untuk pemula. Selamat mencoba ya, Teman KelasKita! (Erick)

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

186
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.