LAINNYA

5 Tips Asah Skill

Manfaatkan waktu sebaik-baiknya, asah dan perdalam skill untuk pengembangan diri di masa depan.

Mengembangkan skill sehingga bisa berguna dan bahkan bisa memberikan penghasilan lebih tentu jadi jadi idaman banyak orang. Setuju dong, Teman KelasKita? 

 

Sayangnya, tidak sedikit juga yang masih bingung bagaimana cara mengembangkan skill yang dimiliki. Malah banyak juga yang belum tau, skill apa yang dia punya dan bisa dikembangkan.

 

Oleh karena itu, penting banget untuk menekuni suatu skill yang memang kita tertarik untuk kita kuasai. Semua tentu memerlukan proses pembelajaran, karena tidak ada yang instan. Nah, kalau kamu ingin menekuni dan menguasai suatu skill tertentu, berikut ini ada beberapa tips yang bisa diikuti. 

 

1. Membuat daftar skill yang ingin dikuasai

Langkah pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan mulai membuat daftar hal-hal yang kita sukai dan tertarik untuk kita kuasai. Tidak harus berupa hal yang benar-benar sudah kita mengerti segalanya, cukup yang sekiranya kita suka dan mampu mengerjakannya. Dari daftar inilah yang nanti akan kita pilih skill mana yang ingin kita dalami lebih dahulu.

 

2. Fokus 

Setelah kita mengetahui bakat dan interest kita, selanjutnya adalah tinggal memilih beberapa bidang yang sekiranya cocok dengan kemampuan kita. Jangan terlalu banyak, fokuslah di satu atau dua skill saja terlebih dahulu. Tekuni bidang tersebut, nikmati prosesnya, karena seiring waktu, kemampuan kita akan terusberkembang jika dilakukan secara konsisten. 

 

3. Terus belajar

Belajar dan terus belajar adalah hal yang wajib kita lakukan di fase ini. Banyak membaca dan menonton video-video edukasi di youtube tentu jadi cara paling mudah untuk kita menggali informasi mengenai skill yang ingin kita kuasai. Selain itu, kita juga bisa mengikuti pelatihan-pelatihan atau webinar online maupun offline yang berkenaan dengan topik yang ingin kita kuasai.

 

4. Meluangkan waktu

Tidak punya waktu adalah alasan paling umum yang membuat kita tidak kunjung memiliki skill tambahan yang dikuasai. Oleh karena itu, mulailah meluangkan waktu untuk mempelajari, berlatih, dan konsisten mengembangkan skill yang ingin kita kuasai. Semakin dilakukan secara tekun dan konsisten, maka skill yang kita inginkan bisa lebih maksimal. 

 

5. Mengajar dan berbagi

Yang terakhir, kita harus mulai memberanikan diri untuk berbagi ilmu yang kita miliki ke orang lain. Jangan khawatir, kita akan semakin banyak belajar dari proses mengajar ini. Karena ketika mulai menjelaskan ilmu yang dimiliki ke orang lain, maka secara tidak langsung kita juga akan berusaha mencari lebih banyak referensi. 

 

 

Itu dia beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk menemukan dan mengasah skill kita hingga mahir. Yang pasti, semua butuh tekad, waktu, dan usaha. Selamat mengasah skill! Semoga bisa membawa cuan-cuan di masa depan. (Erick)

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

83
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.