OTOMOTIF

Tips Aman Mengendarai Mobil di Musim Hujan

Perhatikan hal ini agar kita bisa aman berkendara di musim hujan.

Di musim hujan, kita harus semakin berhati-hati dalam berkendara. Sebab kondisi jalan cenderung basah dan licin sehingga berpotensi terjadi kecelakaan di jalan. Kondisi ini masih ditambah dengan situasi lalu lintas yang padat dan jarak pandang yang terbatas.

 

Nah, berikut ini ada tips agar kita bisa berkendara mobil secara aman di saat hujan:

 

1. Cek tekanan udara ban 

Ban mobil harus dalam keadaan normal termasuk tekanan udara. Ini penting untuk menghindari mobil tidak stabil saat dikemudikan dan membuat kendaraan tergelincir. Acuan tekanan biasanya terdapat di pilar pintu pengemudi. Jika ban sudah tipis, sebaiknya diganti karena ban tipis mengakibatkan grip berkurang dan pembuangan air jadi minim. Mudah pula terjadi aquaplannig (ban tak menapak saat melalui jalan basah).

 

2. Cek lampu mobil

Pastikan semua lampu mobil berfungsi dengan baik, mulai dari lampu besar (headlamp) jarak dekat dan jauh, lampu sign, dan lampu darurat.

 

3. Jaga jarak saat berkendara

Saat hujan, selain licin, jarak pandang kita juga menjadi terbatas. Karena itu, penting untuk kita menjaga jarak mobil kita dengan kendaraan lain di depan demi keamanan jika 

 

4. Pilih jalur tengah

Bagian pinggir jalan biasanya strukturnya lebih rendah dibanding bagian tengah jalan. Saat kena air hujan dan kondisi jalanan basah, seringkali timbul genangan air. Jadi untuk menghindari genangan, pilih bagian tengah jalan karena pada bagian ini biasanya lebih kering atau tidak terlalu dalam genangannya. 

 

5. Jangan sampai pandangan terhalang

Pastikan jangan sampai pandangan kita terhalang saat hujan deras. Kita harus rajin membersihkan kaca depan mobil dan kaca belakang, serta pastikan karet wiper mobil kita dalam kondisi prima dan bisa menghalau air dengan baik.

 

 

Itu dia beberapa tips berkendara mobil yang aman di musim hujan. Tetap waspada dan selalu memperhatikan safety riding! (Erick)

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

98
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.