KESEHATAN

Tips Alami Menurunkan Kolesterol

Nurunin kadar kolesterol tidak harus pake obat, bisa juga dengan cara alami kok.

Teman Kelaskita ada yang ingin menurunkan kadar kolesterolnya? Kalau iya, beberapa cara berikut ini bisa coba dilakukan untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi secara alami, tanpa obat.

 

1. Konsumsi makanan berserat tinggi 

Makanan berserat tinggi membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan kadar kolesterol. Kita disarankan untuk makan sedikitnya 30 gram serat sehari dari campuran sumber serat yang berbeda.

 

Beberapa contoh makanan berserat tinggi antara lain seperti buah-buahan, sayuran, kentang dengan kulitnya, gandum, jelai, polong-polongan, kacang-kacangan dan biji-bijian. Makan setidaknya lima porsi buah dan sayuran sehari akan membantu menurunkan kadar kolesterol kita.

 

2. Konsumsi lemak tak jenuh

Tidak semua lemak harus dijauhi, misalnya saja lemak tak jenuh yang justru bermanfaat bagi jantung.Contohnya adalah lemak yang terdapat dari ikan salmon, ikan kembung, ikan makarel, kacang-kacangan, biji bunga matahari, alpukat, sampai minyak zaitun.

 

3. Hindari lemak trans

Sebisa mungkin, kurangi mengkonsumsi lemak trans yang sering terdapat di dalam produk hewani dan lemak trans buatan yang ada di biskuit, kue-kue, hingga makanan cepat saji untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi kita secara alami.

 

4. Mengurangi konsumsi gorengan

Dengan mengurangi makanan yang digoreng dan menggantinya dengan masakan rebusan, kukusan, akan bisa membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah kita. 

 

5. Bergerak aktif

Cara selanjutnya untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi secara alami adalah dengan selalu aktif bergerakdan berolahraga. Menurut rekomendasi kesehatan, sedikitnya kita harus berolahraga intensitas ringan – sedang selama 150 menit dalam seminggu. Dengan aktif berolahraga, lemak di badan kita akan terbakar, otot semakin terbentuk, dan metabolisme kita akan semakin baik.

 

Itu dia beberapa cara menurunkan kadar kolesterol tinggi secara alami yang bisa kita lakukan. Lakukan semua cara di atas dengan penuh disiplin agar efektif menurunkan kadar kolesterol.

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

116
4
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.