PUBLIC SPEAKING

Tips Agar Tidak Gugup Saat Wawancara Kerja

Lakukan beberapa hal berikut ini agar kita tidak gugup saat menghadapi wawancara kerja.

Bagi Teman Kelaskita yang sedang mencari pekerjaan, tahapan wawancara kerja biasanya cukup membuat gugup dan stres. Meski begitu, kita tetap harus menjalaninya dengan baik agar bisa mendapatkan pekerjaan yang ditargetkan.

 

Untuk itu, ada beberapa tips sederhana dari para ahli yang dapat kitaa lakukan agar wawancara bisa berjalan dengan lancar. Disimak ya!

 

1. Cari tahu tentang perusahaan

Cari tahu sebanyak-banyaknya informasi terkait perusahaan dan orang yang akan mewawancarai kita. Gunakan informasi ini untuk melengkapi jawaban saat wawancara. Kita bisa memanfaatkan website resmi dan social media untuk mendapatkan informasi ini.

 

2. Latihan menjawab pertanyaan

Siapkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang kerap ditanyakan saat wawancara, dan latihlah menjawabnya di rumah. Oh ya, usahakan untuk kita paham konteksnya dan tidak sekadar menghafal jawaban, karena ini berpotensi untuk membuat kita gugup. 

 

3. Tunjukkan kelebihan kita

Ketika diminta untuk menjawab pertanyaan terkait keterampilan dan kelebihan kita, sampaikan dengan jelas. Kita juga bisa menyertakannya dengan contoh-contoh terukur. Menerjemahkan nilai yang terdapat dalam diri bisa membantu Anda menjadi kandidat yang menonjol.

 

4. Siapkan perlengkapan

Selama pandemi, banyak wawancara kerja dilakukan secara virtual. Untuk itu, selalu periksa kembali perangkat yang digunakan. Pastikan koneksi internet, pencahayaan, dan posisi kamera dalam keadaan baik. Meskipun berlangsung virtual, kita juga tetap harus memperhatikan penampilan saat interview ya. 

 

5. Siapkan pertanyaan

Saat interviewer menanyakan apakah ada pertanyaan yang ingin kita ajukan, jangan menjawab “tidak ada”. Untuk itu, siapkanlah pertanyaan untuk kita ajukan. Bisa mengenai detail posisi yang dilamar, rencana perusahaan ke depan, budaya kerja perusahaan, dan lain sebagainya.

 

 

Itu dia beberapa tips yang bisa kita lakukan agar tidak gugup saat wawancara kerja. Oh ya, di akhir wawancara jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih. Menurut pendapat para ahli, kandidat yang meluangkan waktu untuk mengucapkan terima kasih lebih terlihat menonjol. Selain itu, kita juga bisa menambahkan harapan kita untuk bisa berkontribusi dengan perusahaan yang kita lamar tersebut. Selamat mencoba! (Erick)

 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

142
1
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.