OTOMOTIF

Tips Agar Mobil Hemat Bahan Bakar

Ingin mobil kita tetap irit dan hemat bbm? Coba lakukan hal-hal berikut ini!

Semua pemilik mobil atau sepeda motor pasti ingin kendaraannnya hemat bahan bakar. Selain pemeliharaan, ternyata gaya berkendara juga bisa memengaruhi penggunaan bahan bakar. Ada beberapa faktor yang bisa membantu untuk menghemat bahan bakar di mobil kesayangan kita. Berikut tips yang bisa dilakukan:

 

1. Periksa tekanan angin ban

Selalu pastikan tekanan ban normal dan sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Jangan sampai ban kekurangan angin karena permukaan ban yang menapak di jalan akan menopang berat kendaraan dan tentunya dapat mengakibatkan pemborosan bahan bakar.

 

2. Jangan bawa beban berlebihan

Membawa beban berlebih dapat menyebabakan pemborosan bahan bakar sekitar 1-2%. Hal ini disebabkan karena terjadi peningkatan pada bobot kendaraan secara signifikan. Ketika bobot kendaraan melebihi seharusnya, mesin akan bekerja ekstra serta menyebabkan resiko pemakaian bahan bakar lebih terkuras.

 

3. Bijak dan efektif penggunaan AC

Saat AC mobil dinyalakan, tenaga dari mesin mobil akan terkuras sebanyak 5PK untuk menggerakkan keseluruhan sistem saluran AC. Optimalkan konsumsi bahan bakar dengan menggunakan dengan bijak sistem kinerja AC yang efektif.

 

4. Rutin cek filter udara

Cek selalu komponen filter udara untuk hasil pembakaran dan konsumsi BBM yang optimal. Filter bahan bakar berguna untuk menyaring udara kotor dan debu, dan ketika filter tersumbat akan menyulitkan mesin untuk menghisap udara bersih karena terhambat oleh kotoran tersebut.

 

5. Melakukan servis berkala

Melakukan service berkala secara rutin akan sangat berpengaruh terhadap performa dan konsumsi bahan bakar. Sebab dengan performa mesin yang prima, akan berpengaruh terhadap sistem pembakaran mesin dan membuat konsumsi bahan bakar jauh lebih irit.

 

Itu dia 5 hal yang bisa kita lakukan untuk membantu menghemat konsumsi bahan bakar mobil kita. Selamat mencoba! (Erick)

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

159
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.