FOTOGRAFI

Mengenal Teknik Fotografi Dasar Agar Hasil Foto Lebih Estetik

Belajar teknik fotografi bisa jadi memudahkan kamu menggambil gambar agar lebih estetik atau bisa jadi lebih ribet karena segala sesuatunya “harus sesuai teori”. Kalau kamu hobi mengabadikan setiap momen terbaik, kamu mesti baca ulasan yang satu ini!

Menjadi seorang fotografer apalagi yang profesional tidaklah semudah yang dibayangkan. Bukan hanya sekadar menekan tombol shutter dan lantas sebuah foto estetik pun muncul. Diperlukan beberapa teknik fotografi tertentu agar bisa menghasilkan foto yang sedap dipandang. Yuk kita bahas satu persatu.

15 teknik fotografi dasar

Dalam memahami teknik fotografi, kamu perlu tahu teknik dasarnya, 10 di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Teknik exposure

Teknik ini merupakan teknik dasar yang menekankan pada exposure atau pencahayaan. Sebagaimana diketahui, cahaya merupakan salah satu faktor penting yang menentukan apakah hasil foto kamu akan terlalu gelap atau malah terlalu terang.

2. Teknik komposisi

Dalam dunia fotografi komposisi berarti susunan gambar yang berada di dalam batasan ruang atau disebut frame. Komposisi dilakukan dengan cara menyusun dan menambah elemen-elemen penting yang menjadi penyempurna sebuah foto. Fotografer dtuntut untuk memaksimalkan sentuhan seni yang dimiliki agar rasa dari momen tersebut tertangkap ke dalam foto.

3. Teknik Depth of Field (DoF)

Teknik Depth of Field (DoF) menitikberatkan pada kedalaman ruang guna menghasilkan variasi ketajaman atau fokus pada sebuah foto. Bisa dilakukan dengan mengatur rentang jarak sebuah objek. Adapun faktor yang mentukan adalah diafragma lensa yang dipakai.

4. Teknik RAW Processing

Merupakan teknik pengambilan foto secara mentah dan tidak menggunakan kompresi. Pada teknik ini, gambar yang dihasilkan berupa variabel yang diolah. Agar maksimal disarankan untuk editing menggunakan software fotografi.

5. Teknik High-Key Photography

Teknik ini digunakan ketika pengambilan gambar dilakukan pada objek perempuan atau anak-anak untuk menonjolkan sisi kecantikan dan kelembutan kulit mereka. Teknik ini membutuhkan keahilan untuk menghilangkan bayangan pada gambar.

6. Long Exposure Photography

Teknik dasar ini cocok digunakan pada saat pengambilan untuk objek alam seperti air, pantai, pohon dan sebagainya. Pada dasarnya teknik ini merupakan gabungan objek bergerak dan diam dengan menggunakan shutter speed.

7. Teknik flash photography

Teknik ini sangat cocok dipakai untuk berbagai pilihan objek dengan memberikan filter warna pada depan flash. Tujuannya, agar gambar yang dihasilkan dapat memperoleh warna dan karakter yang berbeda. 

8. Teknik fotografi panoramik

Teknik ini digunakan saat pengambilan foto dengan objek pemadangan atau panorama alam. Teknik ini juga bisa diterapkan dengan menggunakan kamera telepon seluler. Kamu diharuskan untuk menjaga kestabilan kamera agar hasil yang didapat lebih bagus.

9. Teknik zooming

Teknik fotografi selanjutnya adalah zooming. Teknik ini digunakan dengan tujuan membuat sebuah objek tampil lebih jelas, sementara latar di belakangnya tampak kabur atau blurred.

10. Teknik Freezing

Pada teknik freezing, tujuan utamanya adalah agar objek foto tampak seperti beku. Freezing adalah menghentikan sebuah objek atau benda bergerak agar mendapat efek beku. 

11. Teknik siluet

Teknik siluet merupakan teknik yang menampilkan gambar dengan objek berbentuk padat dalam satu warna tertentu, biasanya hitam untuk memberikan kesan lebih berkarakter. Nantinya foto yang dihasilkan hanya menampilkan bayangan dari objek tersebut.

12. Teknik field of view (FoV)

Field Of View (FOV) adalah teknik fotografi  yang mengukur jarak antara objek dan lensa kamera. Beberapa jenis cara pengambilan gambar yang sering dilakukan adalah extreme close up, head shot, medium close up, ada juga medium shot, head shot, dan lainnya.

13. Teknik bulb photography

Bulb merupakan adalah teknik fotografi dengan cara mengatur komponen speed shutter sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. Biasanya dilakukan dengan menahan tombol shutter lebih lama.

14. Teknik fotografi macro

Fotografi makro menjadi salah satu teknik fotografi yang fokus pada pengambilan gambar sebuah objek pada jarak yang dekat. Teknik macro ini biasanya menghasilkan gambar yang cantik dan estetik.

15. Teknik panning

Teknik fotografi panning memiliki kemiripan dengan teknik freezing, dalam hal mendapatkan hasil lebih tajam dari sebuah objek foto yang bergerak. Dengan teknik ini, diharapkan dapat menghasilkan foto dengan objek diam dan terlihat kabur (blurred).


Teknik fokus pada fotografi yang harus diketahui

Selain mengetahui apa saja teknik fotografi yang bisa diterapkan, kamu juga harus mempelajari bagaimana cara menentukan fokus yang benar agar hasil foto menjadi lebih baik. Ada beberapa teknik fokus yang bisa dipelajari yaitu: 

1. Teknik fokus One Shot AF atau Single Area AF (AF-S)

Setiap kamera dari berbagai merk yang berbeda memiliki penamaan yang berbeda pula untuk titik fokusnya. Pada kamera Canon misalnya, kamu akan menemukan One Shot AF, sementara pada Nikon titik fokusnya adalah Single Area AF. Mode AF atau Auto Focus artinya kamu diminta untuk menentukan satu titik fokus saja, lalu kemudian kamera akan secara otomatis mencari kontras di titik tersebut.

2. Teknik fokus AI Servo AF atau Continuous AF (AF-C)

Pada kamera Nikon akan ditemukan AF-C, sementara pada kamera Canon, mode ini disebut AI Servo AF. Kedua mode ini merujuk pada satu teknik fokus saat pengambilan foto objek bergerak, berjalan, atau berlari.

3. Teknik fokus AI Focus atau Automatic AF (AF-A)

Mode ini memungkinkan kamera untuk memilih akan menggunakan fokus apa untuk menangkap sebuah objek. Penentunya adalah gerakan yang dilakukan oleh objek tersebut, yang berhasil ditangkap oleh sensor.

4. Teknik Manual Focus/MF

Teknik ini bisa dibilang paling menantang, karena kamu diharuskan untuk menentukan fokus sendiri. Perpaduan tangan dan kepekaan kamu terhadap melihat ketajaman gambar sangat diperlukan di sini. Kamu bisa menggunakan mode manual focus atau focusing ring yang terdapat pada lensa.


Pengaplikasian pada teknik foto menjadi beragam seiring dengan berkembangnya jaman, mulai dari kebutuhan fotografi untuk dokumentasi acara khusus seperti wedding photography hingga foto instagrammable.
Untuk kamu yang ingin belajar cara foto makanan dari hp ataupun kamera profesional dapat mendapatkan pembelajarannya di KelasKita ya!

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

147
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.