LAINNYA

Serba-serbi Social Media Specialist

Teman Kelaskita ada yang penasaran sama profesi social media specialist? Baca dulu di sini ya..

Sebenarnya, apa sih social media specialist itu? Buat yang belum familiar, social media specialist merupakan posisi yang fokus pada menciptakan konten digital yang kreatif dan menarik untuk berbagai platform media sosial perusahaan tertentu.

 

Mereka melakukan ini dengan tujuan untuk meningkatkan brand awareness, memperkuat usaha marketing, dan juga mendorong angka penjualan.

 

Social media specialist ini harus mengerti cara untuk menyesuaikan konten untuk masing-masing media sosial yang ada agar efektif. Karena setiap platform media sosial memiliki karakteristiknya masing-masing. Misalnya konten Instagram tak bisa digunakan begitu saja di Twitter dan Facebook.

 

Seorang social media specialist akan bekerja sama dengan tim digital marketing untuk bertukar pikiran bagaimana strategi social media marketing bekerja di medsos. Selain itu mereka juga akan memikirkan bagaimana cara membuat brand awareness, dan juga meningkatkan engagement.

 

Lantas, apa saja tugas dan tanggung jawab dari social media specialist

 

-       mengembangkan content plan dalam media sosial yang sesuai dan konsisten dengan identitas brand

-       menciptakan konten yang memiliki value dan konsisten di semua platform media sosial

-       mengelola post media sosial dengan volume tinggi

-       berkomunikasi dengan para followers di media sosial

-       mengembangkan dan mengatur program dengan para influencer dan juga datang ke event–event

-       menggunakan tools analitik seperti Google Analytics, Hootsuite Pro, dan Facebook Insights

-       mempersiapkan laporan perkembangan media sosial setiap brand atau perusahaan

-       memberikan rekomendasi dan saran untuk strategi social media marketing

-       selalu update dengan perkembangan tren media sosial

-       memberikan arahan kepada tim desain atas visual konten yang sudah direncanakan

 

 

Itu dia tugas dan tanggung jawab seorang social media specialist. Lantas, apa saja sih kemampuan yang harus dimiliki?

 

1. Familiar dengan semua media sosial

Seorang social media specialist harus memiliki minat yang tinggi dalam menggunakan media sosial. Mereka juga harus mengetahui berbagai macam media sosial yang digunakan oleh target user. Orang dengan posisi ini sudah pasti tidak boleh gagap teknologi dan harus mau mengikuti perkembangannya secara terus-menerus. Mereka juga harus peka terhadap tren seperti hashtag atau konten populer.

 

2. Komunikasi

Walaupun bekerja di balik layar, seorang social media specialist harus memiliki kemampuan berkomunikasi. Hal ini meliputi menulis, editing, story telling, SEO, dan juga presentasi. Komunikasi dalam media sosial dapat dikatakan unik. Kamu harus bisa membangun hubungan yang baik dari segi tulisan dan menciptakan kedekatan secara virtual walaupun tanpa tatap muka.

 

3. Pengetahuan akan tools yang diperlukan

Dalam menjadi social media specialist, kamu akan dihadapkan dengan bermacam-macam tools untuk memudahkan pekerjaan. Tools yang perlu dikuasai misalnya adalah Hootsuite untuk mengelola berbagai macam akun. Selain itu, kamu juga harus menguasai berbagai tools analisis yang berguna untuk memonitor perkembangan media sosial.

 

4. Skill komputer dan desain

Seorang social media specialist setidaknya harus memiliki pemahaman dasar mengenai komputer dan desain. Skill komputer ini meliputi kemampuan dalam WordPress, Blogger, ataupun software desain. Tak hanya itu, selera visual juga harus dimiliki oleh orang-orang yang berkecimpung di bidang ini karena mereka bekerjasama dengan tim desain.

 

5. Berpikir cepat

Fenomena dan tren di media sosial bergerak sangat cepat. Maka dari itu, selain peka, seorang social media specialist juga harus mampu berpikir cepat untuk mengaplikasikan tren dengan konten yang relevan. Jangan sampai konten yang dibuat ketinggalan arus.

 

6. Manajemen waktu

Seorang social media specialist bisa saja mengurus lebih dari 1 akun brand dan belum lagi berbagai aset medsos tiap brandnya. Mereka juga memiliki ragam pekerjaan mulai dari posting, membuat campaign, revisi konten, revisi desain, sampai editing.

 

Nah, manajemen sangat dibutuhkan dalam pekerjaan ini. Kamu harus pintar-pintar untuk membuat prioritas mana saja yang harus dikerjakan terlebih dahulu.

 

 

 

Itu dia beberapa hal yang harus kamu tau tentang social media specialist. Seru kan? Gimana, Teman Kelaskita ada yang mau mencoba profesi ini? (Erick)

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

227
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.