PARENTING

Sekolah Internasional di Jakarta, Ternyata Segini Biaya Sekolahnya!

Sekolah Internasional di Jakarta menjadi pilihan unggulan bagi orang tua yang menginginkan pendidikan terbaik untuk buah hati. Kalau kamu penasaran berapa biaya sekolah internasional di Jakarta, yuk lanjut baca sampai selesai.

Sekolah internasional di Jakarta

Pastilah ada banyak pertimbangan dalam menentukan sekolah yang terbaik untuk anak. Ini bukan hanya tentang apakah anak-anak nantinya akan mendapatkan pendidikan yang layak, tetapi juga mampukah mereka beradaptasi dengan baik terhadap semua hal yang ada di sekolah tersebut. Di satu sisi, sekolah internasional masih menjadi primadona di antara banyaknya pilihan sekolah yang ada.
 

Mengapa sekolah internasional begitu populer? Di antara faktor utamanya adalah karena sekolah-sekolah ini menerapkan kurikulum internasional, yang dinilai memiliki banyak kelebihan dan dianggap mampu mencetak generasi cerdas dan berdaya saing tinggi. Mencari sekolah internasional di kota besar seperti Jakarta, tentulah bukan hal yang sulit. Tapi jangan asal internasional, ini rekomendasi sekolah internasional di Jakarta beserta perkiraan biayanya mulai dari tingkat Taman Kanak-kanak hingga Menengah Atas.
 

  1. TK Lazuardi Cordova

    Salah satu sekolah internasional di Jakarta ini mengedepankan pendidikan untuk jenjang Taman Kanak-kanak alias TK. Berada di bawah naungan Yayasan Bakhtera Lazuardi Cordova, sekolah ini mengadopsi kurikulum University of Cambridge International Examinations. Bukan hanya itu, di antara pembelajaran internasional yang diterapkan ada juga materi untuk pendidikan agama. Biaya yang perlu disiapkan untuk bersekolah di sini adalah uang masuk sekitar Rp15 juta, SPP per bulan mulai dari Rp1 jutaan dan pembayaran uang tahunan sekitar Rp800 ribu.

     
  2. High Scope Indonesia

    Sekolah internasional ini menerapkan beberapa kurikulum di antaranya International Baccalaureate, Edexcel dan University of Cambridge International Examinations. Biaya yang perlu dipersiapkan untuk jenjang TK adalah uang masuk mulai dari Rp18 juta dan SPP per bulan sekitar Rp6.6 juta. Sementara untuk SD biaya uang masuknya adalah sekitar Rp70 juta dan Rp6.4 juta untuk SPP per bulan.

     
  3. British School Jakarta

    British School Jakarta menjadi rekomendasi sekolah internasional di Jakarta selanjutnya. Sekolah asuhan Kedutaan Besar Inggris ini merupakan salah satu pionir sekolah internasional dan termasuk di antara yang tertua. BSJ menerapkan kurikulum internasional dan memiliki jenjang pendidikan mulai dari PAUD usia 3 tahun hingga Sekolah Menengah Atas. Fasilitas yang dimiliki termasuk lengkap mulai dari ruang olahraga, aula musik, kolam renang, teater hingga gedung khusus untuk belajar bahasa. Untuk bersekolah di sini setidaknya mesti merogoh kocek sekitar  Rp300 juta dan Rp21 juta untuk SPP per bulan.

     
  4. Jakarta Intercultural School (JIS)

    Jakarta Intercultural School atau JIS merupakan salah satu sekolah internasional di Jakarta yang dibangun sejak tahun 1950-an. Pada awalnya, sekolah ini adalah tempat berkumpulnya keluarga para ekspatriat Tanah Air. Kurikulum yang digunakan adalah International Baccalaureate (IB) dan Advanced Placement dengan pedoman pendidikan yang komprehensif. Fasilitasnya lengkap termasuk perpustakaan sekolah yang memiliki koleksi hingga 130 ribu judul buku. Untuk masuk ke JIS, diperlukan biaya mulai dari Rp361 jutaan hingga Rp478 jutaan per tahun.



     
  5. Singapore International School (SIS)

    Sekolah internasional di Jakarta ini menggabungkan kurikulum Cambridge dan Singapura. Dalam proses pembelajarannya, sebagai salah satu sekolah terbaik, SIS juga memberikan beasiswa kepada peserta didik berprestasi yang berhasil mendapatkan skor tertinggi di bidang akademik tertentu. Biaya yang diperlukan untuk menjadi bagian dari SIS adalah mulai dari Rp39 jutaan hingga Rp185 jutaan.

     
  6. Australia Independent School

    Australia Independent School berdiri sejak tahun 1996 dengan mempraktekan kurikulum International Baccalaureate (IB). Tersedia jenjang pendidikan mulai dari TK hingga Menengah Atas. Biaya administrasi untuk masuk ke sekolah internasional ini adalah sekitar Rp9 jutaan, Rp169 jutaan untuk SPP tahunan.

     
  7. TK Islam Al Azhar

    Seperti namanya, sekolah internasional di Jakarta yang satu ini menyediakan pendidikan untuk jenjang Taman Kanak-kanak alias TK. Meski berbasis internasional, sekolah ini tetap menerapkan kurikulum pendidikan agama sejak usia belia. Salah satu rekomendasi terbaik untuk para orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya di sekolah internasional namun tak meninggalkan pendidikan keagamaan. Biaya yang harus dikeluarkan untuk sekolah di sini berkisar Rp20 jutaan untuk membayar uang pangkal dan Rp1 jutaan untuk SPP per bulannya.

     

Sebuah peribahasa menyebutkan ā€œAda Rupa Ada Hargaā€, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), berarti harga barang ditentukan oleh keadaan barang. Barang dengan kualitas yang bagus pastinya dibanderol dengan harga yang lebih tinggi. Mungkin inilah yang bisa menjelaskan mengapa biaya sekolah internasional mahal. Sekilas biaya yang diperlukan untuk menyekolahkan anak di sekolah internasional tersebut memang terkesan wow, hingga terkadang beberapa kalangan menganggapnya mahal. Padahal ada banyak hal yang menjadi kelebihan dari sekolah internasional, yang membuatnya layak untuk dihargai secara lebih seperti dari segi fasilitas dan metode belajar yang diberikan.
 

Tetapi kembali lagi kepada kondisi masing-masing keluarga. Perlu diingat, dalam memilih sekolah bukan hanya faktor biaya yang mampu disiapkan orang tua tetapi juga perlu untuk menyesuaikan dengan kemampuan dari anak tersebut. Penting juga untuk mempertimbangkan lingkungan dan tradisi keluarga, jangan sampai budaya di rumah dan di sekolah jauh berbeda yang bisa membuat anak semakin sulit untuk beradaptasi.

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

108
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.