OTOMOTIF

Rincian Harga Sekolah Mengemudi & Hal yang Perlu Dipersiapkan

Skill mengemudi memang bukan hal yang wajib dipelajari, namun dapat berguna saat keadaan darurat dan dibutuhkan kemampuan mengemudi. Simak harga paket sekolah mengemudi disini.

Mengemudi adalah salah satu life skill yang penting untuk dipelajari. Meski bukan bersifat darurat, tapi dengan belajar mengemudi, Anda dapat menggunakan keahlian ini jika suatu saat dibutuhkan. Belajar mengemudi bisa dilakukan dengan bantuan teman atau keluarga. Namun, jika Anda ingin belajar mengemudi dengan lebih safety dengan didampingin instruktur yang berpengalaman, bisa dilakukan di sekolah khusus. Berapakah harga kursus di sekolah mengemudi?

Belajar mengemudi di sekolah mengemudi yang tepercaya dan berkualitas memang lebih disarankan. Selain lebih aman, Anda akan mendapatkan skill yang memadai selama belajar mengemudi. Pengajar di sekolah mengemudi juga memiliki kemampuan yang lebih baik dalam memberikan pelajaran bagaimana mengemudi secara aman dan efektif. 

Mengutip dari Gridoto.com, daftar harga sekolah mengemudi yang terbaru di sekolah mengemudi Citra Jaya di Tangerang terbagi beberapa paket.


Daftar Harga Sekolah Mengemudi

 

  1. Untuk paket dengan 6 sesi latihan, tarifnya mulai dari Rp650 ribu. Masing-masing sesi berdurasi satu jam untuk mobil manual dan dua jam untuk mobil matic. Tarif ini berlaku untuk jadwal latihan Senin-Jumat (08.00-17.00).
     
  2. Namun jika Anda hanya bisa latihan pada saat weekend atau di malam hari, tersedia juga 5 sesi latihan dengan durasi satu jam dipatok tarif Rp1 juta atau 3 sesi latihan dengan durasi dua jam dengan tarif Rp700 ribu.
     
  3. Sementara untuk paket dengan 16 sesi latihan, tarifnya dipatok Rp1.450.000. Materi yang diajarkan sama dengan yang 6 sesi, sesi selebihnya digunakan untuk melancarkan yang belum mantap. Semua biaya paket latihan tersebut sudah termasuk asuransi dan segala kerugian ditanggung sepenuhnya oleh pihak jasa sekolah mengemudi. 

    Untuk unit mobil latih yang disediakan diantaranya Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, dan Agya. Adapun biaya lainnya yang harus Anda siapkan sendiri di luar paket adalah uang tips instruktur sebesar Rp15.000 per jam. 

    Harga sekolah mengemudi tentu berbeda-beda tergantung wilayah domisili dan kebijakan masing-masing jasa sekolah mengemudi. Semoga ini bisa menjadi referensi bagi Anda yang sedang mencari referensi terkait harga sekolah mengemudi. 

Cara memilih sekolah mengemudi yang tepercaya

Seperti yang telah dijelaskan di atas, salah satu kelebihan belajar mengemudi di sekolah mengemudi adalah karena lebih aman dan memiliki tenaga pengajar yang berpengalaman. Namun, ada beragam sekolah mengemudi yang tersedia yang masing-masing menawarkan beragam kelebihan. 

Bagaimana cara memilih sekolah mengemudi yang berkualitas dan tepercaya? Berikut tipsnya yang kami rangkum dari berbagai sumber.
 

  • Cari informasi sebanyak-banyaknya

    Gali informasi sebanyak-banyaknya di internet atau berdasarkan review orang-orang seputar sekolah mengemudi yang ada di sekitar Anda. Cari tahu berapa harga pasarannya, kualitas instruktur, kondisi unit mobil, dan legalitas sekolah mengemudi. Jangan ragu untuk bertanya jika Anda butuh banyak informasi.

     
  • Jangan tertipu dengan harga murah

    Banyak sekolah mengemudi menawarkan harga yang murah. Cermati kembali biaya-biaya yang tidak tercantum di brosur karena biasanya kita hanya fokus pada biaya kursus saja. Ada biaya-biaya lain yang biasanya tidak ditampilkan di brosur sebagai bagian dari trik marketing. Seperti uang pendaftaran, tips instruktur, bensin mobil, dll.

     
  • Pastikan instrukturnya berpengalaman

    Selain harga, yang harus dipertimbangkan saat memilih sekolah mengemudi adalah instruktur atau pengajarnya. Pilih kursus mengemudi yang benar-benar memiliki instruktur dengan memiliki jam terbang tinggi dan dapat membimbing peserta bahkan yang masih level pemula dalam berkendara.

     
  • Perhatikan materi yang diberikan

    Materi pembelajaran berperan penting karena berhubungan dengan skill mengemudi yang akan Anda pelajari. Pastikan metode pembelajaran yang Anda dapatkan nanti pada saat latihan lengkap. Umumnya sekolah mengemudi yang berkualitas umumnya menawarkan harga yang tidak murah. Jadi apa yang ada keluarkan harus sepadan dengan yang Anda dapatkan.

     
  • Cek legalitas tempat kursus

    Pastikan legalitas sekolah mengemudi yang Anda pilih dengan memiliki surat izin menyelenggarakan kursus yang dikeluarkan oleh lembaga yang berwenang. Ini sangat diperlukan untuk menjamin keselamatan Anda selama mengikuti kursus mengemudi di sana. 

 

Persiapan sebelum belajar mengemudi

Sebelum memulai belajar mengemudi, ada beragam hal yang harus Anda persiapkan secara matang agar semua berjalan dengan lancar. Mulai dari menyiapkan mental, harus belajar beradaptasi dengan mobil, memahami semua fungsi komponen dan hal-hal basic lainnya. Berikut penjelasan lengkapnya.
 

  1. Biaya. Harga sekolah mengemudi yang berkualitas dan aman memang relatif lebih mahal. Pastikan Anda sudah menyiapkan dana yang cukup demi kelancaran belajar Anda.
     
  2. Yang tidak kalah penting terutama bagi Anda yang baru pertama kali mengendarai mobil adalah pastikan mental Anda dalam kondisi baik. Ini semua demi keamanan dan keselamatan dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.
    Bersikap santai, tenang dan rileks akan membantu Anda lebih cepat dalam menguasai keterampilan menyetir. Percayakan pada instruktur yang akan membimbing Anda secara bertahap dan berusaha menciptakan suasana belajar yang nyaman agar Anda tidak panik.
     
  3. Datang tepat waktu. Sudah mengeluarkan banyak biaya untuk sekolah menyetir, jangan sampai Anda sia-siakan dengan datang terlambat. Dengan Anda datang tepat waktu tentu tidak akan mengurangi sesi latihan Anda.
     
  4. Pahami semua komponen mobil serta fungsinya sebelum berlatih turun ke jalan. Setir untuk mengatur arah kendaraan saat berjalan, tuas kopling untuk mengatur perpindahan gigi pada mobil manual, dan pedal gas untuk memacu kecepatan mobil. Pedal rem untuk membantu pengemudi melakukan pengereman, lampu sein untuk memberi isyarat pada pengemudi lain bahwa kita akan berpindah jalur dan spion untuk melihat kondisi lalu lintas di belakang kendaraan.
     
  5. Belajar mengemudi mobil manual terlebih dahulu. Bagi pemula, biasanya mengemudikan mobil manual lebih sulit dibanding mobil matic. Mobil manual memilki instrumen yang lebih komplek dan sedikit rumit. Jika Anda sudah terbiasa dengan mobil manual, biasanya akan lebih mudah saat membawa mobil matic.
     
  6. Jangan lupa mengenakan safety belt atau sabuk pengaman sebelum mengendarai mobil. Pengguna safety belt punya peluang selamat lebih besar jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ketimbang yang tidak pakai.
     
  7. Meski terkadang sering dilupakan, menggunakan alas kaki yang nyaman akan mempermudah proses menyetir Anda. Bagi wanita, hindari belajar mengemudi dengan menggunakan high heels karena akan menyulitkan pergerakan kaki Anda saat menginjak pedal gas dan rem.
     
  8. Terakhir, awali dengan berlatih di medan yang ringan. Jika Anda masih sulit mengendalikan kepanikan saat menyetir, carilah tempat berlatih yang sepi, medan lurus dan tidak menanjak. Dengan begitu Anda bisa lebih fokus untuk berlatih dalam mengatur perpindahan gigi dan rem.

     

Demikian penjelasan seputar harga sekolah mengemudi dan hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum belajar mengemudi. Bagaimana, apakah Anda sudah dapat menentukan sekolah mengemudi yang tepat? Selamat belajar mengemudi, jaga keselamatan Anda dan orang lain saat berkendara!

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

748
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.