BISNIS

Tips Persiapan Buka Bisnis Frozen Food di Rumah

Coba perhatikan beberapa tips ini sebelum buka bisnis frozen food di rumah.

Bisnis frozen food bisa menjadi salah satu pilihan usaha dengan peluang besar karena sifatnya yang praktis, banyak penggemarnya, memungkinan untuk dilakukan di rumah, dan tidak perlu modal yang relatif besar. 

 

Nah, kalau tertarik memulai usaha frozen food ini di rumah, simak dulu beberapa tipsnya ya, Teman KelasKita! 

 

1. Tentukan jenis produk 

Sebagai permulaan, kita sebaiknya menentukan jenis produk frozen food yang ingin dijual di rumah. Apakah kita akan memulainya dari nugget, sosis, kentang, bakso, atau komplit sampai ke daging-dagingan. Hal ini akan berpengaruh ke modal dan target konsumen.

 

2. Modal 

Setelah menentukan jenis produk untuk dijual, selanjutnya yaitu menghitung secara rinci berapa modal yang diperlukan untuk memulai bisnis frozen food. Mulai dari aset seperti freezer untuk penyimpanan, modal belanja awal, modal promosi, sampai modal operasional untuk beberapa waktu ke depan. Pastikan seluruhnya dicatat secara lengkap. 

 

3. Pilih metode pemasaran 

Kita bisa memaksimalkan media sosial atau platform e-commerce untuk menjual produk frozen food. Selain itu, kita juga dapat mengajak teman-teman untuk membantu mempromosikan bisnis kita. Jika memiliki anggaran lebih, kita juga bisa menggunakan jasa influencer untuk mencicipi produk dan mengiklankan kepada lebih banyak konsumen. 

 

4. Lisensi makanan 

Lisensi makanan merupakan salah satu hal terpenting dalam bisnis kuliner, termasuk frozen food. Meski hanya usaha rumahan, kita perlu mengurus izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT). Lalu, jika kita memasarkan produk daging, maka kita perlu mengurus registrasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terlebih dahulu. Selain itu, kita juga bisa mengurus sertifikat halal untuk dagangan kita. 

 

 

Itu dia beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuka bisnis frozen food di rumah. Selain 4 hal di atas, jangan lupa untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. Dengan begini, konsumen akan lebih merasa lebih terpuaskan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba! (Erick)

 

 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

163
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.