BISNIS

Promosi Adalah: Pengertian, Tujuan dan Tips Sukses Berpromosi

Bagi kamu para pemiliki brand, terutama yang baru saja grand launch, penting untuk melakukan promosi agar brand kamu dikenal di masyarakat. Mari cari tahu lebih jauh mulai dari definisi promosi adalah, tujuan hingga tips suksesnya. Simak yuk!

Pengertian promosi adalah

Dalam dunia pemasaran, promosi merupakan hal yang lumrah alias nggak asing lagi. Promosi menjadi wajib dilakukan bukan hanya agar masyarakat mengetahui tentang produk kamu tetapi juga demi eksistensi dan keberlangsungan brand itu sendiri. Jadi, apa sih promosi itu sebenarnya?

Menurut Fandy Tjiptono promosi adalah sebuah komunikasi pemasaran yanng dikerjakan dengan tujuan untuk memberikan pengaruh, menyampaikan sesuatu, membujuk dan meningkatkan pasar target dari sebuah perusahaan. Dalam arti lebih bebas, promosi adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengenalkan produk baik barang atau jasa, agar dapat menarik perhatian masyarakat dan membuat mereka tertarik untuk membelinya. Di KBBI promosi adalah perkenalan (dalam rangka memajukan usaha, dagang, dan sebagainya)

Tujuan promosi

Perkembangan dunia digital membawa dampak positif salah satunya dalam hal strategi promosi. Sebelum membahas tips sukses berpromosi, baca dulu apa saja tujuan dari promosi. Promosi memiliki tujuan setidaknya sebagai berikut:
 

  1. Untuk mengambil perhatian calon pembeli

    Seringkali pembeli membeli sesuatu bukan karena sedang membutuhkan produk tersebut, tetapi hanya karena tertarik dengan promosi yang ditawarkan. Misalnya, kamu sedang berada di sebuah mini market untuk membeli minuman. Ketika di kasir, kamu ditawarkan produk promosi, contoh makanan ringan, dengan harga yang jauh lebih murah dari harga biasanya. Kamu akan cenderung tergerak untuk mengiyakan penawaran dari kasir dan akhirnya membeli produk tersebut yang awalnya tidak ada dalam daftar belanjaan kamu.
     
  2. Sarana branding perusahaan

    Promosi juga merupakan sarana untuk branding perusahaan. Dalam arti, dengan berpromosi kamu sekaligus menampilkan citra atau image perusahaan kepada publik. Saat promosi, kamu tentunya menonjolkan produk dengan merk dan logo atau warna khas perusahaan kamu. Tujuannya, agar masyarakat umum semakin akrab dengan brand atau produk dari perusahaan kamu.
     
  3. Ajang persaingan dengan kompetitor lain

    Bisnis adalah kompetisi untuk memenangkan perhatian dan kepercayaan publik agar mau membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan. Mungkin brand kamu bukanlah yang pertama dalam memproduksi produk tersebut dan mempublikasikannya di masyarakat. Karena itu, kamu perlu berusaha lebih keras untuk bersaing di antara para kompetitor dan pendahulu kamu agar tetap stand out. Nah, promosi ini adalah ajang bagi kamu untuk menunjukan taring dalam memasuki kancah persaingan. Jadi pastikan program promosi kamu berbobot dan layak untuk dinobatkan sebagai petarung yang kuat.
     
  4. Mendapatkan keuntungan maksimal

    Tujuan promosi terutama adalah untuk mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin. Peningkatan keuntungan ini bisa dicapai dengan promosi yang signifikan, bukan hanya untuk menjaga pelanggan lama, tetapi juga untuk menarik para pelanggan baru.
     
  5. Sarana penyebaran informasi produk atau jasa

    Sebuah promosi mencapai kata sukses apabila masyarakat secara umum mengetahui, mengingat dan mengakui brand kamu sebagai pilihan utama untuk memenuhi setiap kebutuhan mereka. Hal ini tak akan terjadi bila menyebaran informasi perihal produk atau jasa yang ditawarkan tidak menyeluruh

Strategi dan tips sukses berpromosi

Promosi mengalami perkembangan alias berevolusi seiring berjalannya waktu. Ide-ide segar dan baru, selalu saja hadir dalam dunia promosi. Sebagai pemilik pebisnis, kamu tentu mestilah memiliki kepekaan ekstra untuk mengetahui update terkini dari industri yang sedang kamu tekuni. Perlu dicatat, promosi bukan hanya sekadar meletakan produk kamu di jalanan untuk menarik perhatian umum, Tapi lebih dari itu, diperlukan riset dan strategi yang lebih jitu untuk membuatnya berhasil. 

Berikut ini beberapa tips yang bisa jadi inspirasi, agar promosi kamu sukses.
 

  1. Fokuskan strategi promosi pada pemberian solusi

    Kenali apa yang konsumen dan calon konsumen kamu butuhkan, lalu berikanlah solusi yang relevan dengan produk atau jasa yang kamu miliki. Keberhasilan promosi salah satunya ditentukan dari seberapa besar apa yang kamu tawarkan memberika solusi untuk permasalahan yang di hadapi masayarakat.
     
  2. Jadikan target market sebagai tujuan

    Demi mencapai sebuah promosi yang efisien kamu haruslah mengetahui sasaran pasar atau target market yang dituju. Hal ini berguna sebagai dasar dari promosi yang akan dilakukan. Kamu tidak akan bisa mendapatkan hasil yang maksimal bila promosi yang kamu lakukan bertentangan dengan kecenderungan dari target konsumen. Misalnya, apabila produk kamu adalah fesyen retro maka kamu haruslah berpromosi dengan menargetkan komunitas retro. Kamu bisa menampilkan dan menggunakan materi-materi bernuansa retro saat berpromosi.
     
  3. Berikan pesan promosi yang jelas

    Pilih media promosi yang sesuai dengan target pasar kamu. Bila produk atau jasa kamu ditujukan untuk anak-anak muda, kamu bisa menggunakan media sosial sebagai saluran promosi. Hal terpenting yang harus diperhatikan adalah pesan yang disampaikan haruslah jelas. Jangan hanya menonjolkan sisi unik dan kreatif tetapi masyarakat malah jadi bingung dengan informasi yang kamu sampaikan. Pasikan penggunaan desain, ide konten dan sebagainya, mampu mengkomunikasikan pesan yang ingin kamu sampaikan. 
     

Sejatinya, tidak ada hasil baku yang pasti diperoleh apapun program promosi yang kamu lakukan. Namun kamu bisa memaksimalkan promosi ini agar dapat memberikan hasil yang maksimal. Setidaknya, selain meningkatkan kualitas produk atau jasa yang kamu miliki, dengan strategi promosi yang cermat, brand kamu akan mampu bersaing di pasaran dan bertahan.

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

178
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.