PSIKOLOGI

Overthinking dan Tips Mengatasinya

Memikirkan segala sesuatu secara berlebihan bisa memberi efek negatif terhadap kesehatan diri kita.

Overthinking merupakan kebiasaan seseorang yang terlalu memikirkan sesuatu hal secara berlebihan, padahal belum tentu hal yang dipikirkan tersebut kejadian. 

 

Rasa khawatir dan pemikiran obsesif ini jika dibiarkan berlarut-larut bisa memberi efek negatif terhadap kesehatan emosional, kebahagiaan, dan kesejahteraan diri sendiri. 

 

Lantas, bagaimana cara menghilangkan kebiasaan overthinking? Pastinya tidak gampang, tapi ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk membantu menenangkan pikiran.

 

 

1. Selesaikan dari yang termudah

Lakukanlah segala sesuatu semaksimal mungkin dan apapun hasilnya, yakinlah kalau itu adalah yang terbaik dan sudah sesuai dengan batas kemampuan kamu.

 

Untuk memudahkan, selesaikanlah pekerjaan dan permasalahan dari yang paling ringan hingga berat. Hal ini bermanfaat untuk menyelesaikan lebih banyak hal dengan cepat dan tidak tertahan terlalu lama di pekerjaan yang sulit. 

 

Mengerjakan hal yang ringan terlebih dahulu akan memberi sensasi kesuksesan yang membuat kita bersemangat untuk menyelesaikan pekerjaan berikutnya.

 

2. Mengetahui kapasitas

Hindari overthinking untuk hal-hal di luar kapasitas kita. Sadarlah bahwa kita adalah manusia yang memiliki kemampuan sangat terbatas, sehingga tidak mampu menyelesaikan hal-hal yang memang di luar kuasa.

 

3. Alihkan perhatian

Coba alihkan perhatian dengan kegiatan lain, seperti melakukan hobi atau olahraga secara rutin. Hal ini akan menciptakan perasaan bahagia, sekaligus dapat dijadikan media untuk “membuang” energi dengan tidak percuma.

 

4. Meditasi

Meditasi terbukti menjadi cara yang ampuh untuk membawa ketenangan jiwa dan mengatasi overthinking. Supaya manfaatnya benar-benar optimal, lakukan meditasi di tempat yang gelap dan tenang. Atur napas dengan baik, dan usahakan untuk membuat tubuh serta pikiran tetap rileks.

 

5. Berani bertindak

Terkadang, kita suka terlalu lama berpikir dan tidak mengambil tindakan konkret tentang situasi tertentu. Hal ini sebaliknya kita kurangi dan mulailah bertindak. Cobalah untuk fokus memikirkan solusi dan tindakan yang harus kita lakukan. Jangan pedulikan hasil, yang penting kita telah mencobanya sekuat tenaga.

 

6. Jangan takut

Banyak hal yang pada dasarnya memang di luar kendali kita. Jadi, janganlah takut. Cobalah untuk belajar menerima kondisi tersebut secara perlahan-lahan.

 

7. Minta bantuan

Jika merasa tidak kuat, kamu tidak harus melakukannya sendiri. Kita bisa berbagi cerita kepada sahabat terpercaya atau meminta bantuan pada ahli yang berkualitas agar beban di pikiran kita bisa berkurang. 

 

 

Itu dia beberapa hal yang bisa kita lakukan utuk mengurangi kebiasaan overthinking. Selamat mencoba ya, Teman Kelaskita. (Erick)

 

 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

193
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.