MENULIS

Tips Menulis Artikel SEO Friendly Agar Performa Website Semakin Meningkat

Agar artikel SEO Friendly dan traffic website semakin meningkat, coba perhatikan hal-hal berikut ini.

SEO atau Search Engine Optimization adalah praktik mengoptimisasi website agar mendapatkan ranking yang tinggi di Google atau search engine lainnya. SEO ini berfokus pada organic ranking atau traffic yang diperoleh secara gratis.

 

Jadi, ketika membicarakan mengenai artikel SEO friendly, ini berarti sebuah artikel yang dibuat sesuai dengan teknik Search Engine Optimization (SEO) sehingga mesin pencari dapat mengenali isi artikel dengan cepat, dan akan merekomendasikan artikel yang SEO friendly kepada pengguna internet sesuai dengan kata kunci yang relevan.

 

Menulis artikel sesuai SEO friendly memang sangat disarankan agar artikel pada web atau blog lebih cepat mendapatkan traffic. Dengan begitu, setap penulis bisa mendapatkan hasil lebih cepat dan artikel buatannya akan lebih mudah terindeks oleh Google.

 

Nah, bagaimana cara membuat artikel di website yang SEO Friendly? Berikut ini ada beberapa tips yang bisa disimak.

 

1. Judul Artikel

Dalam membuat artikel yang SEO friendly, kita wajib memperhatikan cara penulisan judul dengan baik. Judul konten atau artikel harus dibuat semenarik mungkin agar bisa mendapatkan banyak pengunjung. Jangan lupa memasukkan keyword pada judul.

 

Oh iya, panjang judul artikel juga bisa mempengaruhi performa. Saat ini banyak artikel yang menggunakan judul hingga 10 kata atau lebih untuk meraih perhatian.

 

2. Konten yang berkualitas

Jangan asal dalam menulis sebuah artikel. Pastikan konten yang kita buat memang berkualitas baik dan berguna untuk pembaca. Ingat, artikel yang bagus dan menarik akan lebih cepat mendapatkan traffic pada mesin pencarian Google.

 

Panjang tulisan juga berpengaruh terhadap pencarian. Usahakan isi artikel tidak terlalu pendek. Artikel yang memuat isi sekitar 1000 kata akan lebih SEO friendly ketimbang artikel yang berisi 300 kata.

 

3. Penggunaan heading dan listicle

Dalam membuat artikel kita perlu memperhatikan penggunaan heading serta menerapkan gaya penulisan model listicle yang memang lebih digemari saat ini.

 

Heading adalah penanda yang digunakan untuk membedakan judul dengan sub judul dalam sebuah konten tulisan, sementara listicle adalah tulisan yang menggunakan daftar sebagai struktur tematiknya.

 

Dengan menerapkan model penulisan ini akan membuat pembaca lebih nyaman dan bisa cepat menangkap poin-poin yang kita sampaikan. Hal ini juga berkontribusi terhadap performa artikel sehingga bisa lebih cepatnaik peringkatnya di mesin pencarian. 

 

4. Menggunakan gambar yang sesuai

Penggunaan gambar atau foto yang sesuai juga membantu meningkatkan performa artikel sehingga lebih menarik. Usahakan untuk menggunakan gambar yang berkualitas baik dengan ukuran yang sesuai. Hindari menggunakan foto dengan ukuran yang terlalu besar karena dapat memperlambat loading web atau artikel sehingga orang akan malas membukanya. Jangan lupa menamakan image sesuai dengan judul atau keyword artikel.

 

5. Menaruh backlink pada artikel

Menaruh backlink di dalam tulisan kita merupakan salah satu cara untuk memaksimalkan performa artikel. Backlink adalah tautan pada sebuah halaman web yang mengarah ke situs lain. Search engines seperti Google menganggap backlink sebagai salah satu cara memverifikasi otoritas dan relevansi dari situs web kita. Backlink juga bisa dikatakan sebagai tanda kepercayaan situs lain atas situs kita.

 

Oleh karena itu, kita harus memasukkan tautan baik ke link eksternal maupun internal agar mendapat lebih banyak traffic.

 

 

Itu dia beberapa tips menulis artikel agar SEO friendly sehingga website yang kita kelola bisa mendapatkan traffic yang baik. Agar bisa lebih cepat memahaminya, kita bisa terus berlatih menulis sambil mempelajari contoh-contoh artikel yang ada dimuat di berbagai web besar yang ada di Google, karena mereka pasti menggunakan artikel yang didesain agar SEO friendly. Selamat mencoba ya, Teman KelasKita! (Erick)

 

 

 

 

 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

91
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.