KESEHATAN

Menu Diet ala Lionel Messi

Penasaran sama menu diet bintang PSG yang baru, Lionel Messi? Simak nih!

Yang namanya atlet profesional pasti menjalankan gaya hidup sehat untuk menjaga performa fisiknya. Selain program latihan yang terjadwal, menjaga asupan nutrisi juga jadi kewajiban sehari-hari.

 

Hal ini juga disadari sama Lionel Messi. Bintang sepakbola, yang baru saja pindah ke klub Paris Saint Germain (PSG), ini betul-betul mengatur pola makan guna memaksimalkan potensi serta meminimalisasi risiko cedera.

 

Lionel Messi diketahui mengubah gaya hidup, termasuk pola diet untuk menjaga penampilan di lapangan sehingga tidak mudah cedera. Untuk itu, dia berkonsultasi dengan Giuliano Poser, seorang dokter spesialis olahraga.

 

“Apa yang dapat kita masukkan ke dalam tubuh kita pada usia 18 atau 19 tahun tidak sama dengan apa yang dapat kita masukkan pada usia 27,” kata Messi. 

 

“Konsumsi garam, gula dan daging merah juga sebaiknya dihindari atau paling tidak dikurangi kadarnya. Untuk daging sendiri, kita bisa menggantinya dengan daging putih seperti ayam dan ikan. Kandungan protein yang tinggi dan rendah kolestrol sangat bermanfaat bagi tubuh seorang atlet seperti Messi,” tambah Poser.

 

Nah, penasaran apa aja menu makanan utama yang biasa Messi konsumsi? Ini dia nih:

 

1. Air putih

Messi meminum banyak air putih sehari-harinya. Hal ini untuk menjaga tubuhnya tetap terhidrasi dengan baik selama dan setelah aktivitas fisik.

 

Banyak orang merekomendasikan minum air putih delapan gelas atau dua liter dalam sehari. Faktanya, kebutuhan air putih atau cairan setiap orang berbeda, tergantung beberapa hal seperti aktivitas, kondisi tubuh, suhu udara, kelembaban, intensitas buang air kecil, dan lain sebagainya.

 

Mengutip dari para ahli dari Institute of Medicine (IOM) di AS, rata-rata kebutuhan air per hari pria dewasa sekitar 13 gelas, wanita dewasa 9 gelas, ibu hamil 10 gelas, ibu menyusui 12 gelas, anak dan remaja 6 sampai 8 gelas.

 

2. Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh (whole grain) adalah salah satu makanan penting dalam diet Lionel Messi. Makanan ini bermanfaat sebagai antioksidan, mengurangi faktor risiko diabet, memodifikasi bakteri untuk stabilitas pencernaan, dan pengendalian berat badan yang mengarah pada pengencangan otot.

 

Buat yang masih bingung, whole grain atau biji-bijian utuh merupakan jenis biji-bijian yang belum mengalami proses pengolahan atau penggilingan. Biji-bijian ini dapat berupa gandum, beras merah, sorgum, quinoa, bahkan popcorn. 

 

Seluruh bagian dari biji-bijian ini bermanfaat bagi kesehatan karena kaya akan zat gizi yang diperlukan tubuh seperti serat, vitamin B kompleks, antioksidan, zat besi, tembaga, kalium, selenium, dan magnesium.

 

3. Minyak Zaitun extra virgin

Extra-virgin olive oil mengandung antioksidan yang lebih tinggi dari minyak zaitun biasa dan memiliki vitamin K dan E komplit, yang biasanya akan terbuang pada proses pemanasan minyak zaitun murni.

 

Extra virgin olive oil dapat membantu sebagai sumber energi, melindungi sistem kardiovaskular, menghindari stres, dan lain sebagainya. Selain itu, minyak zaitun juga memiliki efek luar biasa sebagai anti-inflamasi alami.

 

4. Buah-buahan

Buah-buahan memiliki peran penting dalam menjaga kebugaran Lionel Messi di tengah padatnya aktivitas latihan dan pertandingan. Beberapa buah yang sering direkomendasikan untuk olahraga adalah pisang, apel, semangka, nanas, melon, plum, dan aprikot.

 

5. Sayuran organik segar

Makanan terakhir dalam diet Messi adalah sayuran. Mengonsumsi berbagai sayuran penting untuk mencukupi kebutuhan serat dan vitamin kita.

 

Sayuran hijau, misalnya, diperlukan untuk mengatasi radikal bebas karena proses oksidasi terus-menerus di dalam tubuh saat olahraga. Sayur hijau juga dilengkapi dengan serat dan vitamin K yang dapat menguatkan dan menjaga kepadatan tulang, menurunkan kolesterol serta membuat atlet tidak cepat lapar.

 

Beberapa jenis sayuran yang diketahui memiliki manfaat bagus untuk otot antara lain, bayam, selada, selada air, arugula, brokoli, dan kubis.

 

  

Itu dia beberapa menu diet Messi yang bisa kita ikuti untuk menjaga nutrisi dan kesehatan tubuh kita. Teman Kelaskita mau mencobanya? Siapa tau ketularan jago main bola...  (Erick)

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

193
5
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.