TANAMAN

Mengenal Tanaman Monstera, Salah Satu Jenis Aroid yang Digandrungi

Penggemar tanaman hias pasti nggak asing dengan tanaman Monstera. Salah satu jenis Aroid ini, memang masih menjadi primadona dikalangan pecinta tanaman hias. Yuk kita bahas lebih lanjut. Baca artikel ini sampai habis ya!

Kalau kamu baru terjun ke dalam dunia tanaman hias, kamu perlu mengenal jenis tanaman yang satu ini namanya Aroid. Aroid memulai debut panggungnya di sekitar tahun 2019. Di kalangan masyarakat umum, Aroid yang merupakan tanaman dari keluarga suku Araceae (keladi) ini memiliki nama keren lain yaitu Philodendron dan Monstera. Ciri khas dari tanaman Aroid adalah bentuk tongkol atau spadix. Laman Wikipedia menyebutkan, tongkol atau spadix ini berbentuk bulir dengan ibu tangkai yang menggembung dan bunga-bunga duduk berjejalan. Biasanya terlindungi atau dilengkapi dengan seludang. Selain dari jenis suku Araceae, yang juga memilikinya adalah tanaman dari suku Zea mays (jagung), Aglaonema, Anthurium, Alokasia, Kaladium, Philodendron, dan beberapa jenis yang lainnya.

Masyarakat umumnya menyukai tanaman Aroid karena bentuknya yang indah sebagai penghias ruangan dan menambah sentuhan alami pada desain interior. Keberadaan tanaman ini bisa membuat tampilan ruang menjadi lebih asri dan indah meski hanya dekorasi minimalis saja. Paduan dinding berwarna putih dengan warna daun Aroid yang hijau kontras memberikan kombinasi warna yang manis dipandang. Tingginya animo masyarakat terhadap tanaman Aroid yang cantik ini membuat keberadaannya menjadi cukup langka. Stok yang terbatas sudah tentu membuat harga Aroid semakin melambung tinggi. Bahkan pada beberapa jenis Aroid atau tanaman Monstera tertentu, harganya bisa dibanderol hingga mencapai puluhan juta Rupiah. 

Jenis tanaman monstera

Tren tanaman Aroid atau Monstera ini sebenarnya tidak hanya berkembang di Indonesia, tetapi juga merambah hingga ke negara tetangga. Aroid atau tanaman Monstera memiliki banyak jenis yang digandrungi lho, ini beberapa di antaranya:

1. Monstera Deliciosa

Deliciosa merupakan jenis tanaman Monstera yang lebih sering dan mudah paling mudah ditemukan. Ciri khasnya adalah lubang pada permukaan yang berjajar di pinggiran daunnya. Sementara itu dari sisi ukuran, daun Deliciosa tergolong yang cukup lebar. Dalam hal warna, Deliciosa yang berusia lebih tua akan berwarna semakin gelap dibanding yang usianya lebih muda.

2. Monstera Adansonii

Selanjutnya adalah Adansonii. Jenis tanamanSelanjutnya adalah Adansonii. Jenis tanaman Monstera ini memiliki lubang-lubang daun yang hanya berada di bagian tengahnya saja, hal ini membuat bagian pinggirannya terlihat layaknya jari-jari. Dari segi ukuran, tanaman Monstera Adansonii cenderung lebih kecil dengan gradasi warna hijau terang dan gelap. Variasi warna kontras ini memberikan senutah unik tersendiri. Pola tumbuh yang merambat membuat Adansonii sangat pas bila dijadikan sebagai penghias dinding.  Monstera ini memiliki lubang-lubang daun yang hanya berada di bagian tengahnya saja, hal ini membuat bagian pinggirannya terlihat layaknya jari-jari. Dari segi ukuran, tanaman Monstera Adansonii cenderung lebih kecil dengan gradasi warna hijau terang dan gelap. Variasi warna kontras ini memberikan senutah unik tersendiri. Pola tumbuh yang merambat membuat Adansonii sangat pas bila dijadikan sebagai penghias dinding. 

3. Monstera Borsigiana

Borsigiana termasuk jenis tanaman Monstera yang memiliki ukuran yang sedang alias tidak terlalu besar. Cocok untuk kamu yang mau mencari jenis tanaman Monstera lain selain Deliciosa. Karena secara bentuk keduanya terlihat cukup mirip, hanya berbeda pada ukuran. Borsigiana daunnya cenderung lebih kecil yang membuat jarak di antara lubang-lubang lebih besar. Batang Borsigiana juga termasuk yang lunak dan tumbuh menjuntai. Jenis ini menjadi pilihan mereka yang ingin menghias teras atau balkon agar tampil lebih cantik.

4. Monstera Obliqua

Tanaman Monstera Obliqua ini termasuk salah satu jenis yang sulit ditemui alias langka. Karakter khasnya adalah ukuran daun yang kecil dan bentuk lubang besar di permukaannya. Sementara helai daun Obliqua terlihat lebih tipis jika dibandingkan dengan tanaman Monstera yang lain, inilah yang membuatnya menjadi mudah robek. Ukurannya yang kecil memberikan keuntungan tersendiri karena Obliqua bisa dijadikan sebagai penghias meja.

5. Monstera Variegata

Jenis tanaman Monstera Variegata ini adalah yang cukup jarang muncul di pasaran. Bukan tanpa sebab, hal ini dikarenakan harga jualnya yang agak mahal dibandingkan jenis lainnya. Helai daun Variegata merupakan kombinasi dari dua warna khas tanaman Monstera yaitu hijau dan putih serta gurat warna kekuningan yang tampak tidak beraturan atau terkesan berantakan. Bila disandingkan dengan Deliciosa, ukuran Variegata akan terlihat lebih kecil. Mungkin tampilan unik inilah yang membuatnya dibandrol lebih mahal.

6. Monstera Dubia 

Meski tanaman Monstera dikenal dengan sebutan janda bolong karena bentuk lubang-lubang yang ada di daunnya, namun Dubia ini sedikit berbeda dengan jenis lainnya. Pada Dubia helai daunnya tidak berlubang dan tetap utuh seperti daun tanaman kebanyakan. Ukurannya pun agak kecil dan bulat tetapi ujungnya mengerucut. 

7. Monstera Siltepecana

Monstera Siltepecana secara sekilas mirip dengan Dubia. Bedanya terletak pada bentuk daun yang cenderung panjang agak oval dengan bagian ujung yang lancip. Silver Monstera adalah nama lain dari Siltepecana, karena di bagian tengah daunnya terdapat kilasan warna perak. Di lain sisi, pada tulang dan pinggir daunnya berwarna hijau khas.

Tanaman Monstera atau Aroid memiliki variasi jenis dan bentuk serat kombinasi warna yang unik. Diversifikasi karakter ini meski terlihat mirip tapi sebenarnya berbeda. Masing-masing jenis memiliki ciri khas yang hampir semuanya cocok untuk dijadikan hiasan ruangan. Mana nih jenis tanaman Monstera yang paling menarik perhatian kamu?

Jika kamu tertarik untuk belajar cara merawat tanaman aroid dari ahlinya, Noldy Topan akan memberikan penjelasan menyeluruh pada kelas yang tersedia di KelasKita di kelas berikut,
https://www.kelaskita.com/kelas/noldy-topan/cara-merawat-tanaman-aroid-monstera-obliqua

Tidak berhenti sebagai hobi, tanaman Aroid juga bisa menjadi sumber pundi-pundi uang yang menjanjikan, simak cara berbisnis tanaman aroid langsung dari Noldy Topan di kelas berikut,
https://www.kelaskita.com/kelas/noldy-topan/cara-bisnis-tanaman-hias-aroid-noldy-topan-omzet-miliaran

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

45
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.