HEWAN PELIHARAAN

Mengenal Cupang Avatar, Ikan Hias Unik dengan Harga Fantastik

Hingga saat ini cupang avatar masih menjadi salah satu jenis ikan hias yang menempati tahta tertinggi. Bukan hanya dari segi keunikan corak dan warnanya tetapi juga dari segi harganya yang fantastis. Yuk kenali lebih jauh, biar kamu makin tahu!

Apa itu cupang avatar?

Nama cupang avatar belakangan menjadi tren di kalangan para pecinta ikan hias. Bagaimana tidak, keberadaannya dicari-cari hampir di seluruh negeri. Banyaknya peminat yang memburu cupang avatar tersebut membuat harganya pun makin hari makin melambung. Ikan Cupang Avatar menjadi fenomena lantaran warna dan coraknya yang unik, dalam sekali lihat kita bisa mengetahui dari mana asal usul kata avatar yang tersemat di namanya. Kamu tentu tahu, film box office bertajuk Avatar dengan latar sebuah negeri yang dihuni makhluk besar berwarna biru dengan bintik-bintik unik yang menyala, nah, karena kemiripan corak tersebut dengan tubuh ikan cupang, akhirnya disebutlah jenis cupang ini sebagai cupang avatar. 
 

Asal usul cupang avatar

Usut punya usut, cupang avatar ini merupakan hasil persilangan berbagai jenis ikan cupang. Ceritanya, seorang peternak ikan hias terkenal di Thailand bernama Somkiat Intamu, mengawin silangkan ikan cupang jenis tertentu untuk menghasilkan ikan cupang dengan corak bintang biru yang terinspirasi dari sebuah film dokumenter berlambang sama. Proses ini memakan waktu bertahun-tahun untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Tak heran jika harga jual hasil persilangan ikan cupang ini bisa dibilang selangit. 

Karena merupakan ikan hasil persilangan, maka cupang avatar ini tidak memiliki habitat alam asli. Perkawinannya pun dilakukan dengan bantuan tangan manusia. Induk cupang avatar adalah jenis Cupang Blue dan juga Cupang Green Peacock. Pada tahap awal, peternak atau breeder memilih Cupang Green Peacock untuk dilakukan proses inbreed  setidaknya selama 2 generasi. Hasil ternak ini adalah jenis cupang black light yaitu ikan cupang dengan dominasi warna hitam dan juga warna biru yang menyala di bagian ekor dan siripnya. Hanya saja ikan ini belum memiliki ciri sisik mutiara.
 

Selanjutnya, hasil inbreed tersebut kemudian dikawin silangkan lagi dengan Cupang Black Candy atau Nemo selama kurang lebih 3 generasi yang bertujuan agar mendapatkan gen yang lebih kuat. Tak berhenti sampai di situ, selanjutnya dikawin silangkan lagi dengan jenis Cupang Black Light, hingga pada akhirnya didapat hasil Cupang Dark Blue Avatar. 
 

Seiring berjalannya waktu, beragam eksperimen kawin silang pun dilakukan untuk mendapatkan corak dan warna yang menarik agar semakin mengembangkan budi daya ikan cupang avatar ini. 



Ciri-ciri Cupang Avatar : 

Warna Cupang Avatar

Ikan cupang avatar termasuk salah satu jenis ikan cupang yang mudah dikenali. Dari segi warna, tubuh ikan ini didominasi warna hitam yang pekat dengan sisik mutiara bernuansa metalik berbentuk titik kecil yang acak, terlihat persis seperti taburan bintang di galaksi. Dibedakan dari warnanya, cupang avatar terbagi atas beberapa jenis yaitu :
 

  • Cupang Avatar Blue Black

Merupakan ikan cupang avatar dengan ciri khas tubuh berwarna hitam pekat dimana bagian kepala, sirip, ekor serta sisik mutiaranya berwarna biru. Perpaduan warna yang indah dan terang, seolah bercahaya saat berada di dalam akuarium.
 

  • Cupang Avatar Red

Meski namanya tertera warna merah, tapi bukan warna merah yang mendominasi tubuh ikan cupang ini, melainkan warna hitam. Gurat warna merah terdapat pada bagian sirip dan ekornya. Sementara sisik mutiaranya berwarna biru. Ikan jenis ini termasuk yang paling sulit untuk dikembang biakkan karena perpaduan warnanya yang banyak, lebih dari 2. 
 

  • Cupang Avatar Gordon

Ciri khas cupang avatar ini adalah dominasi warna hitam pekat dengan gurat warna biru yang acak di sepanjang tubuh, sirip dan juga ekornya. Ada juga sentuhan warna merah di sekitar area bawah kepala atau dekat siripnya.
 

  • Cupang Avatar Gold

Cupang avatar gold adalah salah satu jenis cupang avatar yang memiliki sentuhan warna keemasan atau gold pada tubuhnya, selain dominasi warna hitam pekat. Warna emas ini berada di bagian sirip, ekor dan juga di sisik metaliknya. Perpaduan warna yang membuat ikan ini terlihat sangat mewah dan elegan saat berlalu lalang di dalam akuarium.
 

  • Cupang Avatar Vampire

Cupang avatar yang satu ini memiliki tubuh dengan warna dominan hitam pekat lengkap dengan paduan sisik galaksi dan sirip serta ekor yang berwarna merah.
 

  • CupangAvatar Copper

Warna cooper atau tembaga pada jenis ikan cupang ini terdapat pada sisik mutiaranya. Selain itu seperti pada ikan cupang lainnya, warna tubuhnya didominasi oleh warna hitam pekat.

Bentuk Cupang Avatar

Ikan cupang dikenal melalui bentuk tubuhnya yang memanjang dengan bentuk sirip dan ekornya yang unik seperti bentuk bulan setengah atau huruf D atau ada juga yang melebar seperti huruf C, sangat beragam tergantung jenisnya. Satu hal yang pasti, lambaian ekor dan sirip ikan cupang saat berenang ini mampu membuat siapapun yang melihatnya, berdecak kagum.  

Mata Cupang Avatar

Tak jauh berbeda dengan jenis ikan cupang lainnya, jenis ikan cupang avatar juga memiliki bentuk mata yang bulat dengan dominasi warna hitam. Mata ini seolah tak terlihat karena bagian kepala dan tubuhnya tertutup warna hitam.

Berapa harga ikan cupang avatar?

Selain proses pengembang biakkannya yang tidak mudah, melambungnya harga ikan cupang juga dipengaruhi oleh ciri khas ikan cupang itu sendiri. Semakin unik, semakin mahal. Di pasaran, harga ikan cupang avatar dibanderol mulai dari puluhan ribu hingga jutaan Rupiah. Jenis Cupang Avatar Vampire dijual mulai dari Rp80ribuan hingga Rp400ribuan, sementara Cupang Avatar Cooper bisa dibeli dengan harga mulai dari Rp100ribuan. Untuk jenis ikan cupang termahal saat ini masih dipegang oleh ikan Cupang Avatar Gordon dengan kisaran harga jual hingga Rp7.5jutaan

Cukup fantastik, bukan? Dengan harga yang cukup tinggi, tentunya ikan cupang akan menjadi komoditi bisnis yang cukup menggairahkan, yuk belajar cara memelihara ikan cupang langsung dari pakarnya. Dapatkan pembelajarannya hanya di Kelaskita ya.

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

82
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.