BISNIS

5 Manfaat Content Marketing untuk Kesuksesan Brand

Apa saja sih manfaat content marketing terhadap brand kita?

Pasti Teman KelasKita sering dong mendengar kata content marketingContent marketing adalah teknik pemasaran dengan membuat dan mendistribusikan konten yang relevan dan konsisten kepada audiens. 

 

Konten jenis ini dibuat semaksimal mungkin hingga bisa bermanfaat bagi target audiens kita dan diharapkan bisa membantu mereka memecahkan masalah. Hal ini berbeda dengan konten promosi secara umum, yang biasanya langsung meminta mereka membeli produk. 

 

Lantas, apa saja tujuan dan manfaat dari content marketing? Ada banyak ternyata. Berikut ini beberapa di antaranya:

 

1. Mendatangkan banyak pelanggan

Penerapan content marketing bisa menjangkau audiens lebih luas, apalagi dengan memanfaatkan berbagai online platform yang beragam saat ini. Dengan demikian, content marketing yang kita buat bisa berpotensi mendatangkan lebih banyak pelanggan.  

 

2. Investasi jangka panjang

Konten marketing biasanya merupakan konten yang tidak lekang oleh waktu. Isinya bisa berguna dan bermanfaat dikonsumsi orang kapanpun dan dari manapun. Misalnya dengan membuat artikel di blog atau video di YouTube yang bisa diakses kapan saja. Konten tersebut bisa terus eksis disimak oleh audiens dan tersebar lebih luas lagi kepada orang-orang yang membutuhkan informasi yang diberikan. Dengan sifatnya yang timeless, pembuatan konten marketing sama seperti kita berinvestasi untuk jangka panjang.

 

3. Meningkatkan kepercayaan audiens

Salah satu cara membangun kepercayaan audiens adalah melalui content marketing. Ketika kita membuat konten yang memberikan manfaat kepada audiens, mereka akan menganggap kita sebagai expert di bidang tersebut dan percaya dengan kita. Dengan naiknya tingkat kepercayaan audiens kepada brand kita, mereka tidak akan ragu untuk membeli produk-produk kita nantinya.

 

4. Meningkatkan brand awareness

Brand awareness yang baik adalah ketika audiens bisa langsung dengan mudah mengenali suatu brandhanya dengan melihat brand identity-nya, seperti warna, logo, image, dan sebagainya. 

 

Content marketing yang menarik akan bisa membantu meningkatkan brand awareness Ini. Karena dengan konten-konten promosi yang menarik dan tersebar di mana-mana, para audiens akan memiliki pemahaman yang baik tentang brand tersebut, dan membuat mereka ingat value apa yang melekat di brand tersebut.

 

5. Meningkatkan traffic

Meningkatkan traffic bisa juga menjadi salah satu tujuan content marketing. Dengan membuat konten-konten yang dibutuhkan audiens di berbagai platform akan membuat mereka tak segan untuk mengunjungi konten Kita. Pada akhirnya, traffic yang tinggi bisa membuat konten Kita makin dipercaya dan akan diprioritaskan oleh berbagai platform

 

Sebagai contoh, blog yang memiliki traffic tinggi akan lebih diprioritaskan oleh mesin pencari. Konten video YouTube yang memiliki jumlah like dan viewers banyak akan lebih diprioritaskan untuk masuk ke halaman beranda kita.

 

Dengan kondisi tersebut, akan makin mudah menarik banyak orang untuk datang ke website kita setelah melihat berbagai konten di platform yang digunakan.

 

Itu dia beberapa poin tujuan serta manfaat dari content marketing. Jadi, kalau Teman KelasKita ingin membuat suatu usaha apapun, jangan lupa untuk membuat dan mendistribusikan content marketing untuk memaksimalkan kesuksesan. Selamat mencoba, semoga berhasil! (Erick) 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

169
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.