KEUANGAN

Manajemen Waktu Saat Bekerja, Begini Cara & Manfaatnya

Manajemen waktu adalah hal yang dapat dipelajari untuk meningkatkan efisiensi dan produktifitas dalam seluruh pekerjaan. Simak cara dan manfaatnya.

Waktu adalah uang. Begitu kata pepatah. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk melakukan manajemen waktu agar tidak terbuang sia-sia.

Salah satu bentuk manajemen waktu yang bisa dilakukan adalah dalam bekerja. Hal ini penting dilakukan agar kita dianggap professional. Jika kita mampu mengatur waktu dengan baik, akan berpengaruh pada hasil pekerjaan dan tentunya jenjang karier. 

Sebelum masuk ke bagaimana cara dan apa manfaat manajemen waktu yang baik, kita tentu perlu mengetahui makna dari manajemen waktu itu sendiri. Mengutip dari Skillsyouneed, manajemen waktu adalah kemampuan dalam mengelola waktu secara efektif dan produktif. Manajemen waktu juga diartikan sebagai seni mengatur waktu untuk melakukan semua pekerjaan, tanpa merasa tertekan. Terdengar sederhana, namun pada praktiknya sulit dilakukan jika belum memahami caranya.

Mereka yang memiliki skill dalam manajemen waktu, tahu apa yang menjadi skala prioritas dalam pekerjaan. Mereka juga fokus dalam menyelesaikan tugasnya dan tidak mudah terdisktraksi.
 

Bagaimana cara manajemen waktu yang baik dalam bekerja?

Mengutip dari Forbes, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan skill manajemen waktu dalam bekerja. Yuk, disimak!
 

Kerjakan dari yang paling penting

Selesaikan pekerjaan yang penting terlebih dahulu. Jangan memilih menyelesaikan pekerjaan yang sebenarnya tidak terlalu penting hanya karena mudah dan cepat.
 

Prioritaskan waktu dengan baik

Awali hari dengan memprioritaskan waktu pengerjaan tugas sesuai dengan urutan tingkat  kepentingannya. Dari yang paling penting, kurang penting, dan tugas yang mudah tapi tidak masalah jika tidak selesai di hari itu.
 

Tentukan batas waktu mengerjakan tugas

Setelah membuat daftar tugas, tetapkan batas waktu mengerjakan setiap tugas. Ini penting dilakukan dalam manajemen waktu agar kamu tidak hanya terpaku pada tugas itu saja. Selain itu, dengan menentukan batas waktu juga membantumu untuk fokus dan disiplin. 


Kenali jam produktif diri 

Orang yang produktif biasanya tahu kapan saat mereka paling produktif saat bekerja. Pada saat itulah mereka biasanya menyelesaikan tugas yang paling penting. Hindari mengisi waktu berharga tersebut dengan meeting atau mengerjakan pekerjaan yang kurang penting. 


Multitasking? No!

Multitasking adalah musuh bagi produktivitas, karena pada akhirnya kita tidak dapat mengerjakan sebuah pekerjaan secara maksimal. Agar manajemen waktu dapat dilakukan dengan baik, fokusklah pada satu tugas, selesaikan sebelum lanjut ke tugas berikutnya.


Singkirkan semua gangguan

Jika Anda bekerja dari rumah, tak jarang kita terganggu karena ada anggota keluarga lain di rumah. Mematikan sejenak notifikasi ponsel atau aktifkan mode "jangan ganggu” pada ponsel agar lebih fokus. Selain itu, jangan ragu untuk meminta batasan kepada keluarga untuk tidak mengganggu selama satu jam ke depan jika butuh konsentrasi penuh. Lakukan hal yang sama jika Anda bekerja dari kantor. 


Belajar untuk berkata tidak

Belajar untuk mengatakan "tidak" dengan sopan namun tegas. Misalnya, "Saya tidak bisa melakukan pekerjaan lain hingga minggu depan karena masih fokus mengerjakan pekerjaan ini". Jika berhasil menguasai, manajemen waktu Anda dalam bekerja jadi lebih terkontrol. 


Pertimbangkan konsekuensi mengerjakan VS tidak mengerjakan tugas

Setiap ada keinginan menunda pekerjaan, tanyakan pada diri Anda apa konsekuensi yang harus diterima. Jika jawabannya tidak terlalu banyak, kemungkinan tugas atau pekerjaan tersebut tidak terlalu penting. Tetapi jika ada konsekuensinya, jadikan itu sebagai motivasi untuk Anda menyelesaikan tugas tersebut. 


Kenali kapasitas diri

Jika Anda merasa sudah kehilangan motivasi dalam mengerjakan tugas-tugas, mungkin ini saatnya Anda berganti pekerjaan. Tanyakan pada diri Anda pekerjaan apa yang sesuai dengan diri Anda.

 

Manfaat manajemen waktu saat bekerja

Setelah memahami bagaimana cara manajemen waktu yang baik dalam bekerja, saatnya kita mengetahui apa saja manfaatnya. 


Tahukah Anda? Keterampilan dalam manajemen waktu di tempat kerja memiliki banyak manfaat. Mulai dari menghilangkan stres, meningkatkan produktivitas, dan masih banyak lagi. Melansir dari indeed, berikut manfaat manajemen waktu secara efektif dan efisien dapat saat bekerja.


Mengurangi stress

Manfaat pertama dari manajemen waktu dengan baik adalah dapat mengurangi tingkat stres. Dengan membuat to do list setiap hari, membantu kita untuk  tetap tenang jika ada masalah dalam mengerjakan tugas.  Selain itu, dengan membuat prioritas tugas harian, akan menghindari Anda dari kewalahan. 


Meningkatkan produktivitas

Dengan manajemen waktu, Anda dapat menyelesaikan tugas menjadi lebih cepat. Hal ini tentu juga berpengaruh pada produktivitas dalam bekerja. Dengan begitu, Anda bisa lanjut untuk menyelesaikan tugas lain atau melakukan kegiatan produktif lainnya tanpa harus stres memikirkan deadline. 


Membangun image positif

Menjadi karyawan yang selalu menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, akan membuat image Anda sebagai sosok yang dapat diandalkan oleh atasan. Anda akan dikenal sebagai orang yang tidak pernah menunda pekerjaan.  Dengan image positif yang melekat pada diri Anda akan berpengaruh pada kemajuan karier Anda ke depan. 


Punya lebih banyak energi & waktu luang

Strategi manajemen waktu yang efektif membantu Anda untuk dapat mengerjakan banyak hal lain yang lebih penting. Dengan menyelesaikan tugas sesuai jadwal, Anda tentu juga akan memiliki waktu untuk beristirahat. 


Lebih fokus

Belajar manajemen waktu juga dapat membantu Anda lebih fokus dalam menyelesaikan pekerjaan. Membuat schedule waktu masing-masing tugas mencegah Anda melakukan terlalu banyak pekerjaan sekaligus. 


Terampil mengambil keputusan

Skill mengelola waktu juga berpengaruh pada keterampilan dalam mengambil keputusan. Dengan manajemen waktu, memungkinkan Anda mengambil keputusan lebih cepat karena sudah direncanakan sebelumnya. Proses pengambilan keputusan ini juga dapat meningkatkan kemampuan Anda dalam menentukan skala prioritas dan tindakan apa yang perlu diambil. 


Goals cepat tercapai

Manfaat manajemen waktu lainnya adalah membuat perencanaan tugas menjadi lebih jelas sehingga membuat pekerjaan menjadi lebih mudah.  Ketika Anda memiliki pola yang jelas untuk menyelesaikan goals, tentu dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan. Begitu juga jika Anda memiliki goals yang besar, bagi mereka menjadi tugas-tugas yang kecil dan tetapkan jangka waktu yang lebih lama. 


Meningkatkan kualitas kerja

Ketika Anda sudah terbiasa mengatur waktu dalam mengerjakan tugas, Anda dapat meningkatkan kualitas pekerjaan karena telah memiliki waktu yang cukup untuk mengerjakan setiap tugas.


Lebih percaya diri

Manajemen waktu dalam bekerja juga dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda. Saat Anda berhasil menyelesaikan tugas setiap hari dengan baik, tentu akan mendatangkan kepuasan dan membuat Anda percaya pada kemampuan Anda.


Disiplin

Saat mempraktikkan manajemen waktu, dapat meningkatkan kedisiplinan pada diri karena mengikuti jadwal yang telah direncanakan. Latih terus diri Anda untuk melakukan hal tersebut. 


Menciptakan suasana kerja yang lebih baik

Terkahir, manfaat manajemen waktu tidak hanya dapat Anda rasakan sendiri. Dengan menerapkan manajemen waktu dan menjaga komunikasi yang efektif, dapat meminimalisir terjadinya konflik atau salah paham antar rekan kerja. 


Demikian pembahasan tentang manajemen waktu mulai dari pengertian, cara dan manfaatnya dalam pekerjaan. Untuk dapat mengelola waktu dengan baik dibutuhkan kesabaran, konsisten dan disiplin. Ayo mulai kebiasaan positif ini agar kariermu menjadi lebih baik!

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

530
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.