KESEHATAN

Macam-macam Diet Vegetarian

Bukan sekadar makan sayuran, ternyata ada berbagai macam jenis vegetarian.

Seperti yang kita semua tau, vegetarian adalah gaya hidup dengan menerapkan pola makan nabati dan tidak mengonsumsi daging-dagingan. Namun ternyata tidak hanya itu saja. Karena sesungguhnya, ada beberapa jenis vegetarian yang masing-masing memiliki pola makan yang berbeda-beda. Penasaran ada apa saja? Simak nih!

 

1. Diet lakto-ovo

Jenis vegetarian ini tidak mengonsumsi daging maupun ikan, namun masih makan telur dan produk susu, termasuk keju, mentega, yogurt, es krim, dan sebagainya. 

 

2. Diet lakto-vegetarian

Diet lakto-vegetarian adalah diet nabati yang masih mengonsumsi produk susu. Variasi ini termasuk produk susu seperti susu sapi dan produk makanan yang terbuat dari susu sapi. 

 

3. Diet ovo-vegetarian

Diet ovo-vegetarian tidak mengonsumsi produk-produk susu namun masih makan telur dan produk-produk olahan telur.

 

4. Diet fleksitarian

Banyak yang menganggap fleksitarian tidak termasuk vegetarian, karena mereka masih mengonsumsi dagingsesekali. Namun, diet ini dianggap cocok bagi yang baru akan beralih menjadi vegetarian.

 

Prinsip utama diet fleksitarian atau diet fleksibel ini adalah mengonsumsi sebagian besar makanan nabati utuh, mendapatkan sebagian besar protein dari tumbuhan daripada hewan, membatasi tambahan gula dan makanan olahan yang mengandung gula, serta mengonsumsi daging dan produk hewani lain sesekali.

 

5. Diet pescatarian

Pescatarian atau pescetarian adalah pola makan yang menyerupai vegetarian tanpa mengonsumsi daging, namun tetap mengonsumsi ikan. Kata pesce diambil dari bahasa Italia yang berarti ikan. Meski demikian, diet pescatarian masih dapat mengonsumsi produk susu dan telur.

 

6. Pola makan vegan

Penganut vegan hanya makan sayuran, biji-bijian, buah-buahan dan tidak mengonsumsi semua produk yang berasal dari hewan, termasuk semua daging dan ikan, produk susu, hingga telur. 

 

Lebih jauh lagi, seorang vegan juga menghindari pembelian produk kosmetik, pakaian, dan sepatu yang menggunakan bahan-bahan yang berasal dari hewan atau telah diuji pada hewan.

 

Itu dia beberapa jenis vegetarian yang ada saat ini. Sekarang kamu udah bisa bedain kan, Teman Kelaskita? (Erick)

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

180
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.