OLAHRAGA

Ketahui Jenis-jenis Yoga dan Rekomendasi Tempat Latihan Yoga Pilihan

Yoga menjadi salah satu olahraga pilihan banyak warga perkotaan. Yoga bukan hanya sebuah tren tetapi juga dianggap sebagai solusi untuk menjernihkan pikiran di tengah kesibukan. Berikut ini jenis-jenis yoga yang bisa kamu lakukan.

Apa Itu Yoga?

Yoga berasal dari Aksara Dewanagari di bahasa Sanskerta yang artinya "penyatuan". Makna penyatuan di sini diidentikkan dengan “penyatuan dengan alam" serta "penyatuan dengan Sang Pencipta". Lebih lanjut, dalam laman Wikipedia disebutkan bahwa yoga adalah bagian dari enam ajaran dalam filsafat Hindu, dimana titik berat ajaran tersebut adalah meditasi atau tapa. Meditasi adalah keadaan ketika seseorang berkonsentrasi dan memusatkan segenap pikirannya serta mengendalikan kemampuan indera dan tubuhnya. 

Masyarakat secara umum lebih memahami yoga sebagai sebuah aktivitas olah tubuh yang fokus utamanya adalah postur atau Asana yang merupakan bagian dari Hatta Yoga. Dalam prakteknya, yoga dapat dimanfaatkan juga sebagai terapi pengobatan untuk penyakit tertentu. Karena sejatinya, yoga merupakan meditasi dengan kombinasi olah tubuh dan latihan pernafasan yang telah dilakukan selama ribuan tahun. Mereka yang melakukan tapa yoga disebut sebagai yogis, dan yogin bagi praktisi laki-laki serta yogini bagi praktisi perempuan.

Jenis-jenis Yoga

Yoga yang berasal dari India ini, memiliki beragam jenis. Berikut jenis-jenis yoga yang populer di masyarakat.

Yoga Bikram

Mari membuka pembahasan mengenai jenis-jenis yoga lewat yoga Bikram. Yoga yang satu ini dilakukan dalam sebuah ruang dengan suhu sekitar 40 derajat celcius dan skala kelembaban 40 persen, pastinya akan langsung membakar banyak kalori, ya. Yoga Bikram memiliki inti latihan utama yaitu pernafasan dan 26 jenis gerakan. 

Yoga Iyengar

Yoga Iyengar merupakan jenis yoga yang memanfaatkan sejumlah benda-benda sebagai alat bantu, seperti kursi, tali, selimut, bantal atau bahkan blok. Yoga jenis ini tergolong sistematis karena fokus pada hampir seluruh detail tubuh. Tujuannya, untuk meningkatkan stabilitas, kekuatan dan pastinya fleksibilitas tubuh kita.

Yoga Ashtanga

Selnajutnya ada salah satu jenis yoga yang cukup menantang yaitu yoga Ashtanga. Yoga ini terdiri dari 6 seri postur yoga atau disebut juga Ashtanga Series. Secara sederhana gerakan Ashtanga merupakan kolaborasi olah nafas dan gerakan-gerakan yang ditujukan untuk pembersihan tubuh. Yoga Ashtanga dapat dilatih melalui 2 metode dengan atau tanpa panduan instruktur atau praktisi yoga. Hasil yang diharapkan dari latihan yoga ini adalah bukan hanya perubahan pada kekuatan fisik tetapi juga mental. 

Yoga Vinyasa

Kalau kamu mencari jenis-jenis yoga yang mengedepankan gerakan yang lebih dinamis, maka yoga Vinyasa inilah jawabannya. Pasalnya, yoga ini tidak mempunyai peraturan terikat dalam rangkaian gerakannya. Sehingga setiap latihan, gerakan yang ditampilkan akan selalu berbeda, tergantung dari sang instruktur. Yoga Vinyasa sangat cocok buat mereka para penggemar spontanitas dan yang mudah bosan akan sesuatu hal yang monoton. 

Yoga Hatha

Bila kamu terlanjur menganggap yoga sebagai olahraga dengan gerakan yang sulit, mungkin kamu belum mencoba jenis yoga yang satu ini. Yoga Hatha merupakan bagian dari jenis-jenis yoga yang dianjurkan untuk pemula. Gerakan pada yoga Hatha terutama adalah teknik dasar, tentang bagaimana mengatur postur dasar yoga yang benar, selain itu ada juga pengajaran tentang teknik pernapasan. Dalam yoga jenis ini gerakan yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan fleksibilitas dan membantu mengurangi gejala stres yang berlebihan.

Rekomendasi Tempat Latihan Yoga di Jakarta

Ada banyak pusat kebugaran dan kesehatan yang menyediakan yoga sebagai salah satu “varian menu” andalan. Dari banyaknya tempat tersebut, berikut beberapa rekomendasi kelas yoga di Jakarta yang bias kamu kunjungi.
 

  1. Studio Mood Jakarta

    Mood Jakarta yang berlokasi di wilayah Benda, Jakarta Selatan ini adalah satu studio yang memiliki beberapa kelas yoga mulai dari kelas Meditasi, Vinyasa Flow, HIIT Power Yoga, Yoga for Weight loss, HIIT Power Yoga, dan sebagainya. Selain datang langsung, di era pandemi ini, Mood Jakarta juga menyediakan kelas online dengan harga yang ramah kantong mulai dari Rp50.000 hingga Rp80.000.
     
  2. Studio Union Yoga

    Mengambil tempat di bilangan Dharmawangsa, Jakarta Selatan, yoga favorit di tempat ini adalah yoga jenis Hot dengan memanfaatkan ruangan bersuhu lebih dari 40 derajat celcius, di antaranya Bikram, Hot Yin, Inferno Hot Pilates, Hot Yoga, serta Gentle Hot Yoga. Untuk sekali datang, kamu mesti merogoh kocek sekitar Rp200.000 hingga Rp250.000.
     
  3. Studio Yoga@42

    Sebuah studio yoga haruslah memiliki pilihan kelas yang bervariasi, inilah yang ditawarkan studio Yoga@42. Studio ini menyediakan beberapa variasi kelas di antaranya Bikram Hot Yoga, Hot Power Vinyasa, dan Yin Yoga, serta kelas khusus untuk HIIT Hot Pilates. Studio ini juga memiliki instruktur level internasional dengan harga per kelasnya dibanderol mulai dari Rp135.000.


Demikian pembahasan mengenai jenis-jenis yoga beserta pilihan studionya. Semoga bermanfaat buat kamu yang lagi cari-cari informasi tambahan seputar yoga, ya!

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

105
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.