KESEHATAN

Kenali Jenis Jenis Istirahat yang Penting untuk Tubuh Kamu

Dari mayoritas orang yang sedang merasakan lelah akan langsung beristirahat dengan cara tidur. Tetapi perlu Teman MinKi ketahui jika istirahat banyak jenisnnya lho! Baca selengkapnya untuk mengetahui jenis-jenis istirahat.

Jika kamu masih merasa lelah sesudah istirahat, itu adalah tanda jika istirahat yang kamu lakukan kurang tepat. Banyak orang mengartikan istirahat dalam konteks fisik, yang dimana ketika beristirahat dapat mengembalikan fisik menjadi lebih segar. Namun, perlu kamu ketahui jika istirahat banyak jenisnya dan tidak hanya untuk fisik saja.

 

 Jenis Jenis Istirahat

Dikutip dari Calm, ada 7 jenis istirahat. Setiap jenis istirahat dapat memainkan peran penting dalam kesehatan dan kesejahteraan kamu secara menyeluruh. Dengan menemukan jenis istirahat apa yang sesuai dengan kamu, kamu akan terbantu untuk hidup lebih seimbang, energik, dan memuaskan. 

 

Berikut 7 jenis istirahat yang perlu kamu ketahui.

 

1. Istirahat Fisik

Ini adalah istirahat yang pada umumnya kita lakukan jika sedang merasa lelah.

 

Hal yang umum bagi sebagian besar orang akan melakukan istirahat fisik dengan cara tidur. Tubuh akan sangat terasa berbeda jika kamu kekurangan tidur. Istirahat fisik juga dibagi menjadi dua, pasif dan aktif. Terkadang, latihan seperti yoga atau jalan santai bisa sama dengan tidur di siang hari.

 

2. Istirahat Mental 

Jika kamu suka kelupaan akan segala sesuatu, mungkin ini saatnya yang tepat untuk beristirahat mental. Karena otak kamu terus-menerus memproses informasi, membuat keputusan, dan memecahkan masalah, maka dari itu otak juga perlu diistirahatkan. 

 

Istirahat mental dapat mengistirahatkan pikiran kamu dari aktivitas yang tiada henti. Coba lakukan praktik-praktik seperti mindfulness seperti meditasi, beristirahat sejenak selama hari kerja atau melakukan hobi yang dapat membuat pikiran pulih lagi.

 

3. Istirahat Emosional

Kamu dapat membiarkan diri dengan merasakan dan mengekspresikan emosi dengan cara yang tepat. Ini adalah hal yang membutuhkan sikap jujur tentang perasaan kamu, selain itu hal ini dapat membantu kamu menjauh dari situasi yang menguras emosi. 

 

4. Istirahat Sensorik

Kita hidup di dunia yang penuh dengan stimulasi yang konstan, seperti lampu yang terang, suara yang keras, dan banyak layar di sekeliling kita. Istirahat sensorik dapat membantu kamu untuk mengurangi beban ini.

 

Istirahat sensorik dapat kamu lakukan dengan cara sederhana, seperti mematikan perangkat elektronik. Karena jika tidak kamu lakukan akan menyebabkan sensory overload syndrome. Selain itu, hal ini dapat membantu kamu untuk menenagkan diri.

 

5. Istirahat Kreatif

Bagi sebagian orang mungkin baru mendengar istilah istirahat kreatif ini. Istirahat ini dapat meremajakan kreativitas kamu. Sesuai dengan namanya, kamu bisa berinteraksi dengan keindahan dunia, seni, alam, atau musik yang dapat membuat kamu terinspirasi. Cobalah untuk mengunjugi pantai, taman, museum, dan melihat pameran.

 

Jenis istirahat ini dapat memicu ide-ide baru, meningkatkan keterampilan, memecahkan masalah, dan membawa kegembiraan.

 

6. Istirahat Sosial

Istirhat sosial dapat melibatkan orang-orang yang memberikan dampak positif dan suportif, yang sementara dapat menjauhkan kamu dari interaksi tidak baik atau menguras energi. Hal ini dapat membantu kamu untuk membangun hubungan yang lebih baik, memuaskan, dan dapat meningkatkan suasana hati kamu Teman MinKi.

 

7. Istirahat Spiritual 

Terakhir, yang tidak kalah pentingnya adalah istirahat spiritual. Mudahnya adalah, menemukan makna dan tujuan di luar rutinitas harian kamu dikenal sebagai istirahat spiritual. Kamu dapat mencapai hal ini jika melakukan aktivitas yang menghubungkan dengan sesuatu yang besar dari diri kamu sendiri, seperti meditasi, berdoa, atau melakukan meditasi. Manfaat istirahat spiritual dapat memberikan ketenangan yang mendalam dan perspektif baru tentang kehidupan.

 

Manfaat Istirahat

Kurangnya istirahat dapat mengakibatkan penurunan daya tahan tubuh, sehingga berpengaruh kepada tubuh kamu. Untuk itu diperlukan istirahat yang cukup dan mendapatkan manfaat sebagai berikut.

  • Pikiran menjadi tenang dan rileks.
  • Energi terisi kembali, sehingga lebih bersemangat.
  • Meningkatkan suasana hati.
  • Menurunkan risiko penyakit kronis.
  • Memperkuat sistem imun tubuh.

 

Nah, itu dia jenis-jenis dan manfaat dari istirahat. Yuk, pahami apa yang menjadi kebutuhan tubuh kita dan lakukan istirahat yang sesuai, Teman MinKi.

 

Cari artikel seputar kesehatan lainnya? Yuk, klik di sini untuk mencari informasi dan membaca artikel seputar kesehatan!

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

175
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.