OTOMOTIF

Kapan Saatnya Mengganti Ban Motor?

Berikut ini adalah ciri-ciri ban motor yang sudah harus diganti.

Selain mesin, salah satu parts yang perlu diperhatikan oleh setiap pengendara sepeda motor adalah ban. Demi kelancaran dan keselamatan, kondisi dan performa ban motor wijib untuk diperhatikan.

 

Namun, tidak sedikit dari kita yang masih bingung kapan sebaiknya harus mengganti ban motor. Nah, berikut ini adalah beberapa ciri ban motor yang harus segera diganti. Coba disimak ya, Teman KelasKita.

 

1.Kembang ban sudah tipis

Perhatikan alur kembang pada ban motor kita. Jika alur kembang ban sudah menipis, ini artinya sudah waktunya untuk diganti. Selain kurang nyaman ketika dikendarai, kondisi ini juga bisa membahayakan karena licin.

 

2. Jarak tempuh

Jarak tempuh juga bisa dijadikan indikator untuk mengganti ban. Motor yang sudah menempuh jarak 10 ribukilometer, disarankan untuk menganti ban belakang, dan ban depan setelah menempuh jarak 12 ribu km.

 

3. Terdapat benjolan pada permukaan ban

Jika terdapat benjolan pada permukaan ban, kita harus segera mengganti ban dengan yang baru. Jika tidak, kondisi ban benjol bisa membahayakan dan berakibat fatal, apalagi ketika dibawa melaju dengan kecepatan tinggi.

 

4. Terasa goyang

Jika kita merasa goyang saat mengendarai motor, ini juga merupakan salah satu indikasi ban motor kita harus segera diganti.

 

5. Tapak ban sudah sejajar dengan tread wear indicators

Tread wear indicators (TWI) adalah sebuah penanda yang ada pada sisi permukaan ban. TWI bertanda segitiga dan berfungsi sebagai penanda batas keausan ban motor. Ciri ban yang sudah mulai menipis adalah semakin dekat ujung permukaan ban dengan ujung segitiga TWI.

 

Itu dia beberapa ciri ban sepeda motor yang harus segera diganti dengan yang baru. Jika mengalami hal-hal di atas, itu artinya kita harus segera mengganti ban motor kita. Semoga berguna dan tetap berkendara dengan hati-hati ya, Teman KelasKita! (Erick)

 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

64
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.