BISNIS

Inspirasi Usaha UMKM yang Mudah Dilakukan

Ingin tahu inspirasi usaha UMKM yang mudah dilakukan dan minim kompetitor? Simak inspirasinya yah.

Memulai usaha UMKM tergolong susah-susah gampang. Walaupun banyak sekali kelebihan yang bisa kamu dapatkan dengan menggeluti usaha yang berskala kecil dan menengah, banyak sekali tantangan yang harus dihadapi. Terutama bila kita berbicara tentang keberadaan kompetitor dan inspirasi usaha UMKM yang kadang susah sekali ditemukan. Ingin tahu inspirasi usaha UMKM yang mudah dilakukan dan minim kompetitor? Simak di bawah ini.

 

Inspirasi Usaha UMKM di era digital

Teknologi semakin canggih, sudah saatnya kamu melakukan salah satu dari inspirasi usaha UMKM untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Ini beberapa inspirasinya:

 

  1. Membuka toko online

    Membuka toko online memang sudah banyak dilakukan orang lain, tapi bukan berarti inspirasi usaha UMKM ini tidak bisa dilakukan. Kamu perlu memperhatikan beberapa hal sebelum membuka toko online. Pastikan kamu menjual barang yang memiliki keunikan dibandingkan dengan toko lainnya. Tentukan segmen pasar yang sesuai dengan produk tersebut. Dengan ada segmen pasar yang jelas, kamu akan lebih mudah menentukan strategi pemasaran. Kamu juga harus membangun relasi dengan orang-orang di media sosial. Produk yang kamu jual juga akan semakin dikenal.

     
  2. Reseller dan dropshipper

    Inspirasi usaha UMKM ini tergolong ekonomis dan praktis. Cukup mudah, kamu cukup menjual produk dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan harga yang diberikan oleh dropshipper. Keuntungan bisnis reseller atau dropshipper ini didapatkan dari selisih uang yang kamu terima dan jumlah uang yang kamu bayarkan kepada produsen.

    Reseller berbeda dengan pengecer karena pengecer umumnya membeli suatu barang dengan harga beli yang sama dengan harga jual yang dipatok oleh pemasok, kemudian keuntungan diperoleh dengan menentukan harga jual ecerannya sendiri. Tidak sulit untuk membedakan reseller dan pengecer biasa. Bila harga yang ditawarkan sama seperti harga pasar yang dipatok langsung oleh pemasok, umumnya yang dihadapi adalah reseller. 

     
  3. Kursus online

    Membuka kursus online bisa menjadi salah satu pilihan dari inspirasi UMKM yang kamu bisa pertimbangkan. Kemajuan teknologi informasi sudah menjangkau dunia pendidikan sehingga memudahkan purses belajar banyak orang. Banyak orang yang mebuka jasa kursus online kepada banyak orang. Kamu bisa memanfaatkan platform online untuk menyediakan jasa kursus dan media sosial untuk sarana promosi.

     
  4. Catering makanan sehat

    Jenis usaha UMKM ini termasuk menguntungkan karena banyak masyarakat yang mulai menyadari pentingnya gaya hidup sehat terutama pada makanan. Kamu bisa membuat catering berdasarkan pesanan. Kamu bisa lebih mudah mengiklankan bisnis catering sehat secara lebih luas dan fleksibel sesuai jangkauan usahamu.

     
  5. Jasa desain grafis

    Bila kamu memiliki kemampuan menggunakan software grafis, kamu bisa memaksimalkan peluang bisnis digital yang satu ini. Kamu bisa menjual jasa ini kepada individu ataupun instansi yang banyak membutuhkan konten-konten digital yang menarik. Inspirasi usaha UMKM satu ini dapat digunakan untuk mengoptimalkan branding di media maya. Kamu bisa menjalankan bisnis ini dengan mudah, bahkan bisa menjangkau pasar luar negeri.

     
  6. Membuat website

    Pembuatan website cukup potensial bila kamu merupakan seorang developer yang dapat membuat website yang menarik. Kamu bisa membuat website baik untuk instansi pemerintah, perusahaan, ataupun individu. Banyak sekali orang yang berminat untuk memiliki website sendiri, sehingga bisnis ini sangat menjanjikan bagi seorang web developer. 

     
  7. Konter pulsa

    Walaupun saat ini teknologi sudah canggih, masih banyak orang yang belum memiliki m-banking sehingga kebutuhan akan pulsa dan internet masyarakat masih tergolong tinggi. Pengguna ponsel pintar semakin meningkat, sebaiknya kamu tidak boleh kehilangan kesempatan untuk memulai usaha konter pulsa. Kunci kesuksesan pulsa di desa adalah lokasi yang strategis, contohnya di persimpangan jalan kampung atau di dekat pusat perekonomian. Modal yang dibutuhkan juga tidak begitu besar.

     
  8. Ternak ayam kampung

    Ayam kampung adalah komoditas yang memiliki prospek yang cukup baik. Kamu tidak membutuhkan modal yang besar untuk beternak ayam kampung. BIla kamu memutuskan untuk menekuni usaha ternak ayam kampung, kamu bisa mendapatkan dua hasil yakni daging dan telur. Kamu bisa menjual telur di pasar atau warung terdekat. Daging ayam kampung bisa kamu setorkan kepada pemilik warung makan dan restoran. Tapi, kamu harus mempertimbangkan lokasi yang kamu gunakan untuk beternak ayam kampung. Pastikan lokasinya jauh dari pemukiman warga supaya aroma ayam tidak mengganggu orang lain. 

     
  9. Pom bensin mini

    Selanjutnya, inspirasi usaha UMKM yang bisa kamu pertimbangkan adalah pom bensin mini. Pom bensin mini bisa menjawab kebutuhan masyarakat yang memiliki jarak jauh dari stasiun pengisian bahan bakar. Biasanya pom bensin merupakan usaha waralaba sehingga kamu harus menghubungi pemiliknya untuk bisa berjualan. Bila kamu bekerja sama dengan perusahaan waralaba, kamu cukup menyetorkan sejumlah uang dan akan mendapat satu paket lengkap untuk berjualan, Kamu bisa memulai usaha ini secara mandiri namun memerlukan waktu untuk mencari dan membeli peralatan secara terpisah. Bila kamu juga memiliki kemampuan otomotif, kamu juga bisa membuka bengkel di samping usaha pom bensin yang kamu kelola.

     
  10. Peternakan lele

    Kamu memiliki tanah kosong ataupun pekarangan rumah? Kamu bisa mempertimbangkan untuk beternak lele. Modal yang diperlukan tidak terlalu besar, dan keuntungan yang kamu dapatkan bisa berlipat ganda. Kamu harus fokus dan tidak bermain-main dengan menjalankan bisnis lele. Kamu bisa memilih salah satu dari dua jenis ternak lele yang bisa kamu pilih yakni pembibitan dan pembesaran. Bila kamu fokus untuk pembibitan, kamu memproduksi anakan lele yang siap untuk dibesarkan. Bila kamu memilih untuk membesarkan lele, kamu perlu membawa bibit dari peternak lain dan membesarkannya hingga siap panen. Selain itu, kamu harus memperhatikan arus kas dari usaha ternak lele yang kamu jalankan. 

     
  11. Warung makan

    Semua orang membutuhkan makanan, sayangnya tidak semua orang memiliki waktu untuk memasak. Menjual makanan untuk sarapan adalah salah satu usaha yang bisa kamu jalankan karena banyak orang yang sibuk bekerja sejak pagi hingga tidak sempat memasak makanan. Keberadaan warung makan bisa menjadi penolong, kamu bisa menyajikan menu empat sehat lima sempurna. Sediakan jajanan pasar dan juga kue-kue untuk menunda lapar, bisa menjadi snack saat beristirahat.

     
  12. Menjual oleh-oleh

    Kalau daerahmu memiliki produk kerajinan tangan seperti aksesoris dan sovenir, kamu bisa menjadikan dua hal ini sebagai komoditas. Kamu bisa menawarkan pemasaran kepada para pengrajin. Bila kamu berperan sebegai penghubung antara pengrajin dan pembeli, kamu bisa mendapatkan keuntungan dari selisih harga dari pengrajin dan harga yang kamu tawarkan kepada pembeli. Kamu bisa memasarkan barang melalui media sosial dan toko online.
     

Semoga inspirasi usaha UMKM ini bisa memberikan gambaran dan ide bagimu. Yang penting, mulai saja usahamu terlebih dahulu, sambil jalan, kamu bisa memperbaiki model bisnismu supaya bisa mendapatkan keuntungan. 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

74
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.