BISNIS

Ini Dia 10 Ide Usaha Rumahan Modal 50 Ribu, Yuk Tambah Cuan

Memulai usaha tidak selalu memerlukan modal yang besar lho. Faktanya, dengan modal Rp50 ribu, kamu juga sudah bisa memulai usaha. Penasaran, usaha rumahan modal 50 ribu apa saja yang bisa kamu lakukan? Yuk, lanjut simak ulasan kali ini.

Nggak perlu takut untuk memulai sebuah usaha atau bisnis sendiri. Sebagai permulaan untuk kamu bisa berdikari alias berdiri di atas kaki sendiri, kamu bisa mencoba sederet rekomendasi usaha rumahan modal 50 ribu berikut ini. Siapa tahu nantinya, sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. 

Berikut 10 Usaha Rumahan Modal 50 Ribu 
 

  1. Berjualan kue rumahan

    Kamu yang memiliki keahlian membuat kue rumahan seperti kue bolu, brownies, kue lapis dan  sebagainya, bisa lho jadikan skill ini sebagai modal untuk memulai usaha. Satu loyang kue kira-kira membutuhkan modal 30-45 ribu untuk membeli bahan-bahan seperti tepung, telur, susu dan sebagainya. Kamu bisa memanfaatkan media sosial seperti Instagram untuk mempromosikan hasil kue buatan kamu.  
     
  2. Jasa potong rambut

    Kalau kamu jeli melihat peluang, setiap skill yang kamu miliki bisa juga dijadikan modal untuk membuka usaha sendiri, salah satunya adalah usaha potong rambut. Modal 50 ribu yang kamu miliki bisa untuk membeli gunting dan sisir. Kamu bisa memulainya dengan berkeliling dari rumah ke rumah, atau bila memungkinkan membuka jasa potong rambut ini di tempat tinggal kamu. Jangan lupa untuk mempertajam kemampuan kamu dalam hal memotong rambut. Kamu bisa belajar otodidak melalui video tutorial di Youtube.
     
  3. Menjadi penjual gorengan

    Jangan sepelekan camilan yang satu ini! Yap, gorengan masih menjadi makanan ringan yang diburu banyak orang. Kamu bisa memasukan usaha gorengan ini ke dalam daftar usaha rumahan modal 50 ribu. Mulailah dari menu gorengan “sejuta umat” seperti pisang goreng, tempe atau risol. Atau kamu bisa fokus kepada salah satu jenis gorengan tertentu misalnya pastel, tahu isi dan sebagainya. 
     
  4. Jasa penulisan artikel

    Buat kamu yang hobi menulis, bisa nih menjadikan kepintaran kamu yang satu ini sebagai ladang cuan. Seperti diketahui, saat ini banyak website perusahaan yang memerlukan ragam tulisan atau artikel untuk menaikan trafik situs mereka. Nah, kamu bisa gabung di komunitas penulis lepas untuk menjadi salah satu pembuat artikel tersebut.
     
  5. Menjadi reseller makanan beku

    Seiring berkembangnya kebutuhan akan segala sesuatu yang serba praktis dan gampang, bisnis makanan beku atau frozen food juga menjadi salah satu usaha yang cukup menjanjikan. Saat ini banyak produsen makanan beku yang menyediakan paket kemitraan untuk kamu yang berniat menjadi reseller yang menjual kembali produk-produk mereka seperti nuget, sosis dan sebagainya. Cara untuk bergabungnya pun mudah, cukup mendaftar ke situs resmi perusahaan dan mendaftar sebagai seller.
     
  6. Usaha jahit baju

    Satu lagi usaha rumahan yang bisa kamu lakukan dengan modal skill yang dimiliki yaitu usaha jahit baju. Kamu bisa memulai usaha ini dengan membuka jasa jahit yang sederhana terlebih dahulu, seperti memperbaiki jahitan baju yang lepas, memasang kancing, resleting dan sebagainya. Hal ini bisa kamu lakukan tanpa memerlukan mesin jahit yang canggih, cukup dengan modal 50 ribu untuk membeli benang dan jarum.


     
  7. Berjualan camilan di platform marketplace

    Pandemi Covid-19 yang “menghantui” dunia sejak dua tahun terakhir, turut menjadi penyebab berkembangnya platform jual-beli online atau yang lebih dikenal dengan marketplace. Era serba online ini juga bisa dimanfaatkan untuk kamu yang mau memulai usaha rumahan modal 50 ribu dengan berjualan camilan. Beragam jenis camilan mulai dari keripik atau kerupuk bisa kamu jajakan di platform seperti Tokopedia, Shopee dan sebagainya. Kamu bisa mengemas camilan tersebut dalam paket kecil dengan kemasan yang unik.
     
  8. Jasa titip atau jastip

    Bersyukurlah karena di tengah keengganan banyak orang untuk berbelanja keluar rumah, ada potensi bisnis di sana. Terlebih saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berlangsung di sejumlah wilayah, usaha jasa titip atau jastip semakin laris manis. Kamu bisa membuka usaha jasa titip ini untuk beragam produk mulai dari kebutuhan rumah tangga, hingga produk luar negeri. Untuk skala kecil, kamu bisa menjadi jastip produk sehari-hari seperti groceries.
     
  9. Jasa pencucian sepatu

    Untuk usaha yang satu ini, kamu memerlukan alat-alat seperti sikat dan sabun pembersih. Bisa juga menggunakan foam atau busa kering yang pembilasannya tidak memerlukan air. Agar semakin maksimal dalam membuka jasa pencucian sepatu ini, kamu perlu mempelajari perbedaan setiap bahan sepatu agar tidak salah dalam mencucinya.
     
  10. Jasa pembayaran langganan dan voucher game

    Dunia online yang semakin populer memunculkan sejumlah ide bisnis yang sebelumnya mungkin tak pernah terpikirkan. Salah satunya adalah membuka usaha pembayaran langganan atau subscription untuk streaming provider dan pembelian voucher game. Selain modal yang dibutuhkan kecil, kamu juga tidak memerlukan toko khusus untuk menjualnya, cukup memanfaatkan platform marketplace yang sudah tersedia. 

     

Demikian 10 ide usaha rumahan modal 50 ribu yang bisa kamu coba. Siapa tahu bisa menghasilkan cuan dan menambah pundi-pundi tabungan kamu. Dari daftar tersebut, adakah yang sudah pernah kamu coba?

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

82
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.