LAINNYA

Ini Daftar Universitas Negeri di Jakarta, Pilihan Kampus Berkualitas

Kuliah di universitas negeri masih menjadi sebuah impian bagi sebagian kalangan. Mungkin saat ini kamu tengah berjuang untuk bisa masuk ke kampus favorit pilihan. Biar makin yakin, yuk cek daftar universitas negeri di Jakarta berikut ini.

Universitas Negeri di Jakarta

Dalam hal pendidikan, terdaftar sebagai salah satu mahasiswa di universitas negeri adalah sebuah mimpi yang perlu dikejar. Karena itu kamu perlu tahu apa saja universitas negeri di Jakarta, sebelum memutuskan akan mendaftar ke kampus mana. Info menarik buat kamu nih, bahwa di DKI Jakarta saja setidaknya ada 528 universitas yang terdiri dari universitas negeri, swasta, politeknik, sekolah tinggi, dan sebagainya. Khusus untuk universitas negeri di Jakarta, dilansir dari portal Kemenristekdikti ada sekitar 18 universitas, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:
 
 

  • Universitas Indonesia
     

Universitas Indonesia atau UI merupakan kampus unggulan yang menjadi tujuan dan cita-cita banyak pelajar. Kampus utama UI terletak di kota Depok, Jawa Barat yang berbatasan langsung dengan wilayah Jakarta Selatan. Sementara itu kampus utama lainnya berlokasi di Salemba, Jakarta Pusat. UI memiliki fakultas eksakta, yaitu Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Matematika, Ilmu Pasti dan Alam (FMIPA), dan juga fakultas non-eksakta, seperti Fakultas Hukum (FH), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Psikologi (FPsi), serta Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB).

 

  • Universitas Negeri Jakarta
     

Universitas Negeri Jakarta atau UNJ merupakan universitas negeri di Jakarta yang berlokasi di Rawamangun, Jakarta Timur. Didirikan tahun 1964, awalnya UNJ adalah Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jakarta atau IKIP Jakarta. Tahun 2021, UNJ memperoleh Akreditasi Unggul dari tim Asesor BAN PT. UNJ merupakan universitas terbaik di Indonesia peringkat ke-74. Ada 8 fakultas, di antaranya Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Seni, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Sosial, Teknik, Ilmu Olahraga, Ekonomi, Pendidikan Psikologi, dan Program Pascasarjana.

 

  • Universitas Pembangunan Negeri Veteran
     

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta atau UPN Veteran Jakarta merupakan universitas negeri di Jakarta Selatan tepatnya di bilangan Pondok Labu. Ada juga kampus lainnya yang berlokasi di Limo, Depok, Jawa Barat. Berdiri sejak 1967, kampus ini pada awalnya adalah universitas kedinasan milik Departemen Pertahanan dan Keamanan RI, yang sempat berubah status sebagai universitas swasta. Namun mulai tahun 2014, UPN Veteran Jakarta secara resmi menjadi universitas negeri. Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) memberikan Akreditasi B pada UPN Veteran Jakarta. Kampus ini memiliki 7 fakultas yang terdiri dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Teknik, Kedokteran, Ilmu Komputer, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Ilmu Kesehatan, dan Hukum.
 


 

  • Politeknik Negeri Jakarta
     

Politeknik Negeri Jakarta atau PNJ berlokasi di lingkungan kampus Universitas Indonesia di Depok, Jawa Barat. PNJ menyediakan 7 jurusan unggulan antara lain Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Elektro, Akuntansi, Teknik Grafika dan Penerbitan, Administrasi Niaga, Teknik Informatika dan Komputer. Sebagai salah satu politeknik terbaik, civitas akademika PNJ kerap meraih prestasi di berbagai perhelatan dan kompetisi, di antaranya juara 1 kompetisi Mahasiswa Bidang Informatika Politeknik Nasional (KMIPN) kategori perencanaan bisnis bidang TIK. Jurusan berikut ini merupakan jurusan favorit yaitu D4 Teknik Informatika, D4 Administrasi Bisnis Terapan, D4 Manajemen Keuangan, D4 Teknik Multimedia dan Jaringan, serta D4 Teknik Multimedia Digital.

 

  • Politeknik Negeri Media Kreatif
     

Politeknik Negeri Media Kreatif atau yang lebih dikenal dengan sebutan Polimedia merupakan universitas vokasi berstatus negeri yang berlokasi di Jagakarsa, Jakarta Selatan. Laman Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi menyebutkan Polimedia didirikan dalam rangka menyediakan tenaga terampil untuk pemenuhan kebutuhan sumber daya manusia pada sektor industri kreatif, melalui pendidikan berbasis kompetensi produksi dan kewirausahaan. Lulusan dari Polimedia, akan mendapatkan gelar Sarjana Terapan. Berikut jurusan favorit yang ada di Polimedia yaitu D4 Teknologi Rekayasa Multimedia, D4 Animasi, D4 Pengelolaan Perhotelan, D4 Desain Mode, dan D4 Teknologi Permainan.

 

  • Poltekkes Kemenkes Jakarta II
     

Poltekkes Kemenkes Jakarta II adalah salah satu universitas negeri di bawah Kementerian Kesehatan RI yang berlokasi di Ragunan, Jakarta Selatan. Menawarkan ragam pendidikan dengan pilihan jurusan di antaranya: Jurusan Gizi, Jurusan Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi, Jurusan Kesehatan Lingkungan, Jurusan Analisa Farmasi dan Makanan, Jurusan Teknik Gigi, Jurusan Teknik Elektromedik dan Jurusan Farmasi. Mulai tahun akademik 2020–2021, Poltekkes Kemenkes Jakarta II kembali melakukan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) melalui jalur Penelusuran Minat Dan Kemampuan (PMDK) dan Jalur Ujian Tulis.
 

Kota besar seperti Jakarta adalah magnet bagi setiap pejuang kesuksesan. Merantau ke Jakarta untuk menuntut ilmu dan mencoba peruntungan, lalu kemudian mengecap indahnya keberhasilan, adalah sebuah kisah yang didambakan banyak orang. Namun seperti halnya semua cerita yang tak selalu berakhir bahagia, tak semua orang juga bisa dengan mudah meraihnya.

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

72
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.