KESEHATAN

5 Makanan Kaya Vitamin D

Konsumsi vitamin D yang cukup bisa meningkatkan imun dan membantu mengurangi risiko terjadinya berbagai penyakit.

Selain membentuk dan menjaga tulang tetap kuat, vitamin D diperlukan tubuh kita untuk mendukung jalannya sistem imun yang optimal.

 

Kita memang dapat memproduksi vitamin D dengan bantuan sinar matahari. Namun, kita juga bisa memenuhi kebutuhan vitamin D lewat makanan. Jumlah tertingginya ditemukan pada ikan berminyak dan beberapa jenis jamur.

 

Berikut ini adalah makanan yang mengandung vitamin D, yang dapat ditemukan dengan mudah:

 

1. Salmon

 

Ikan Salmon merupakan salah satu makanan yang mengandung vitamin D, sumber protein, dan kaya akan kandungan Omega-3 yang dibutuhkan oleh tubuh. Dalam 100 gram ikan salmon yang sudah dimasak mengandung sekitar 447 IU vitamin D. 

 

2. Kuning telur

 

Dalam satu buah kuning telur setidaknya terkandung sekitar 40 IU vitamin D. Namun, kita tidak disarankan mengonsumsi banyak telur dalam sehari. Pasalnya, satu telur mengandung kira-kira 200 mg kolesterol. Sementara, mengonsumsi lebih dari 300 mg kolesterol per hari tidak direkomendasikan demi kesehatan jantung.

 

3. Jamur

 

Buat Teman Kelaskita yang vegetarian, jamur bisa menjadi pilihan makanan yang mengandung vitamin D.Sama seperti manusia, jamur memproduksi vitamin D dari paparan sinar matahari. Dalam 100 gram jamur jenis portobello misalnya, terkandung setidaknya 400 IU vitamin D.

 

4. Tuna kaleng

 

Selain ikan segar, ikan tuna kalengan juga bisa jadi pilihan. Dalam 100 gram tuna kaleng, terkandung 236 IU vitamin D. Namun, hindari tuna kalengan yang mengandung merkuri. Pilihlah tuna kalengan dengan label “light”, atau batasi konsumsi tuna kaleng maksimal 200 gram dalam seminggu.

 

 

5. Ikan Sarden 

Ikan sarden kalengan juga bisa dijadikan opsi untuk mendapatkan asupan vitamin D. Dalam satu kaleng ikan sarden, terkandung sebanyak 177 IU vitamin D.

 

 

Itu dia beberapa makanan yang mengandung vitamin D, yang dibutuhkan oleh tubuh kita untuk membentuk daya tahan alias imunitas yang baik. Kekurangan vitamin D ini juga dipercaya akan bisa mengganggu kesehatan kita.

 

Jadi jangan sampai kekurangan vitamin D ya, Teman Kelaskita! (Erick)

 

 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

132
4
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.