LAINNYA

Ini Beberapa Fakta Seru soal UFO

Ngomongin UFO memang tidak ada habisnya. Ini ada beberapa fakta seru soal UFO yang harus kamu tau.

Fenomena UFO memang sudah lama jadi misteri dan omongan di mana-mana. Mulai dari masyarakat umum sampai para ilmuwan dan astronom dunia juga kerap membahas keberadaan UFO ini. 

 

Kalau mau coba didefinisikan, UFO alias Unidentified Flying Object, adalah sesuatu hal atau benda yang terlihat di langit, tapi tidak dapat diidentifikasi sebagai objek atau fenomena alam yang diketahui. 

 

Lebih jauh lagi, UFO ini sering dikaitkan dengan keberadaan makhluk di luar Bumi dan dianggap sebagai kendaraan luar angkasa milik alien. Tidak sedikit juga film yang menggambarkan hal ini.

 

Mengenai bentuk, UFO yang kita kenal saat ini pertama kali muncul dari seorang pilot Amerika, Kenneth Arnold yang mengaku melihat UFO di langit pada 24 Juni 1947. Arnold menggambarkan UFO sebagai objek mirip piring terbang atau cakram datar besar, dan desain ini yang populer sampai sekarang.

 

Fenomena UFO ini semakin ramai diperbincangkan selama beberapa tahun terakhir dan topik UFO tidak lagi dianggap tabu di kalangan sains. Media sains ternama macam Scientific American bahkan mulai menulis artikel tentang UFO dan alien.

 

Nah, berikut ini ada beberapa hal tentang UFO yang kamu perlu tau. Ada apa saja?

 

1. Asal-usul istilah UFO

Istilah UFO atau Unidentified Flying Object diciptakan perwira Angkatan Udara Amerika Serikat Edward Ruppelt pada 1952. Ia menjadi terkenal karena keterlibatannya dalam Project Blue Book, studi yang dilakukan pemerintah AS untuk menyelidiki penampakan benda terbang misterius. Kata UFO ini diperkenalkan untuk menggantikan istilah “piring terbang” (flying saucer) atau “cakram terbang” (flying disk). 

 

2. Hari UFO Sedunia

World UFO Day atau Hari UFO Sedunia dirayakan setiap 2 Juli. Tanggal ini dipilih karena diyakini bertepatan dengan insiden kecelakaan diduga UFO pada 1947 di Roswell, New Mexico. Meski begitu, ada juga yang merayakan Hari UFO pada tanggal 24 Juni. Tanggal ini berdasarkan laporan penerbang Kenneth Arnold terkait obyek diduga UFO pertama di AS.

 

3. Hari UFO Nasional

Sementara di Indonesia, peringatan Hari UFO Nasional atau Indonesia UFO Day 2021 diperingati setiap 21 Juli. Penetapan Hari UFO Nasional ini diawali dengan terbentuknya platform terbuka Indonesia UFO Network (IUN) pada Mei 2019 di HONF Foundation Yogyakarta yang dihadiri 11 komunitas dan institusi.

 

4. Pentagon rilis laporan soal UFO

Setelah lama dinanti, Pentagon akhirnya merilis laporan mengenai Obyek Terbang Tak Dikenal (UFO) pada 25 Juni 2021 silam. Hasilnya, pemerintah AS mengaku tidak punya bukti untuk mendukung klaim ada kehidupan di luar Bumi (alien). Laporan yang diserahkan ke Kongres itu memuat 144 laporan kesaksian mengenai Unexplained Aerial Phenomena (UAP) sejak 2004.

 

5. Area 51

Area 51 merujuk pada lokasi di peta dan nama populer pangkalan Angkatan Udara Amerika Serikat. Pangkalan ini berlokasi di Danau Groom, danau kering di gurun Nevada, sekitar 135 kilometer di sebelah utara Las Vegas. Area ini terlarang untuk umum dan dijaga sangat ketat oleh pasukan keamanan serta pengawasan  24 jam.

 

Area 51 dianggap sebagai kawasan yang penuh misteri. Di sana, banyak cerita soal UFO yang menampakkan diri sampai cerita otopsi mayat alien. Dan yang paling populer, kisah rekayasa pendaratan Neil Armstrong di bulan.

 

Uniknya, wilayah sekitar Area 51 justru menjadi tujuan wisata populer dengan banyak motel, museum, dan restoran di daerah sana mengusung tema alien dan luar angkasa.

 

6. 41 persen orang Amerika percaya UFO milik alien

Menurut polling yang digelar 6-21 Juli lalu, 41 persen orang Amerika percaya bahwa beberapa Unidentified Flying Object (UFO) adalah pesawat luar angkasa asing milik alien dari planet lain. Sebaliknya, ada sekitar 50 persen orang Amerika yang mengatakan bahwa penampakan yang tidak dapat dijelaskan ini dapat dijawab melalui aktivitas manusia atau fenomena alam. 

 

 

Itu dia beberapa fakta tentang UFO. Tentunya masih banyak fakta-fakta menarik lainnya. Nah, Teman Kelaskita sendiri percaya sama UFO dan alien nggak nih? Coba share di kolom komen dong! (Erick)

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

121
2
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.