GAMING

Gamers Jadi Pekerjaan, Ini 10 Kampus Yang Punya Jurusan Game

Kampus yang memiliki jurusan game ternyata benar-benar ada, bukan hanya sekadar isapan jempol belaka!

Game bukan lagi permainan yang dilakukan pada waktu senggang. Banyak sekali orang yang bermain game sebagai pekerjaan full-time, seperti pada industri e-sport dan juga menjadi programmer game. Menanggapi perkembangan zaman, kampus sebagai institusi akademik juga mulai banyak yang menawarkan jurusan terkait game. Tidak hanya kampus luar negeri, kampus Indonesia juga tidak ketinggalan menawarkan jurusan ini. Kenapa banyak kampus yang punya jurusan game?

 

Kampus dengan jurusan game diminati banyak orang

Tidak sedikit orang Indonesia yang mulai menjadikan professional gamer menjadi salah satu cita-citanya. Penghasilannya yang tidak sedikit dan keterkenalan instan yang bisa diperoleh bila mereka jago bermain game adalah faktor uang menyebabkan banyak orang bermimpi menjadi gamer.

 

Di samping menjadi gamer, ternyata posisi sebagai developer game juga menghasilkan cuan yang tidak kalah fantastis, lho. Sudah mulai banyak kampus yang menawarkan jurusan game, baik kampus negeri ataupun swasta. Berikut ini beberapa kampus yang menyediakan jurusan game di Indonesia:

 

  1. Bina Nusantara

    Kamu ingin mencari kampus dengan jurusan game di Jakarta? Ternyata, Universitas Bina Nusantara (Binus) telah membuka program S1 Game Application and Technology sejak tahun 2011. Kamu bisa mempelajari game secara art, design, dan juga programming. Peluang kerjanya sangat luas, kamu bisa menjadi Game Engineer, Game Developer, Game Artist, Game Designer, Game Director, Game Content Provider, dan masih banyak lagi.

     
  2. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

    Kalau kamu ingin mengambil kuliah S2 jurusan game, kamu bisa mengambil S2 Teknologi Game di ITS. Program studi ini menggabungkan Desain Grafis dan Teknik Komputer, cocok sekali bagi kamu yang ingin kuliah game di Indonesia. 

     
  3. Institut Teknologi Bandung (ITB)

    ITB juga tidak ketinggalan dalam menyediakan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan banyak orang. Jurusan Media Digital dan Game yang merupakan bagian dari Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ini menelurkan banyak developer game kenamaan.

     
  4. Universitas Multimedia Nusantara (UMN)

    Materi terkait game di UMN masuk dalam prodi DKV. Kamu bisa memilih peminatan khusus game di UMN. Mahasiswa akan dibekali dengan ilmu dan kemampuan untuk merancang permainan, mulai dari cerita hingga suara. 

     
  5. Universitas Negeri Malang (UM)

    UM menyediakan jurusan Game Technology yang memiliki misi mengembangkan jiwa entrepreneur. Mahasiswa juga diharapkan bisa menjadi pengembang game dan juga menjadi fasilitator usaha orang lain. Jurusan ini termasuk diploma tapi kamu bisa melanjutkan S1 dengan jurusan DKV.

     
  6. Universitas Surabaya (UBAYA)

    Satu kampus lagi di Surabaya yang menawarkan jurusan game, yakni UBAYA. Kamu bisa belajar mengenai game di jurusan Informatika Program Multimedia. Program S1 ini akan mengajarkanmu caranya membuat game dari segi seni dan teknik. Kamu juga bisa menjadi ahli multimedia karena kamu akan diajari ilmu terkait audio dan keamanan jaringan.

     
  7. Universitas Islam Indonesia Yogyakarta (UII)

    UII Yogyakarta membuka peluang untukmu untuk belajar tentang game. Walaupun kampus ini tidak menawarkan jurusan game secara spesifik, kamu bisa belajar game di prodi Teknik Informatika dengan memilih peminatan game. Kamu akan mempelajari Teknik Informatika secara umum sebagai bekal untuk mempelajari game dan multimedia di semester selanjutnya.

     
  8. Universitas Ciputra (UC) Surabaya

    Kampus entrepreneur di Surabaya, yakni Universitas Ciputra termasuk kampus yang menawarkan jurusan game. Kamu bisa memilih jurusan Game and Mobile Apps Development. Pelajari teknik pengembangan game untuk aplikasi dengan program edukasi developer dari iOS dan Android. 

     
  9. Institut Seni Indonesia Yogyakarta (ISI)

    Berminat untuk kuliah di Jogja dengan jurusan game? Kamu juga bisa mengambil S2 dengan jurusan Game Technology di ISI Yogyakarta. Kamu bisa mempelajari game dengan lebih dalam karena ISI menggabungkan ilmu komputer dan desain grafis.

     
  10. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (ENS)

    Dapatkan pembelajaran mengenai kewirausahaan, kepemimpinan, komunikasi, dan aspek audio visual dengan berkuliah di kampus ENS. Kampus ini menawarkan jurusan game di bawah prodi Teknologi Game, lho.

 

Kampus-kampus tadi menawarkan jurusan game secara detail. “Gimana kalau aku mau belajar game tapi tidak mau spesifik?” Nah, kamu bisa memilih jurusan lain yang masih bersinggungan dengan game tapi materi yang diberikan merupakan materi umum yang bisa diaplikasikan ke game. Kampus yang menawarkan jurusan ini cenderung lebih banyak dibandingkan dengan kampus yang spesifik memiliki jurusan game. Ini jurusan yang kamu bisa pilih:

Jurusan kuliah yang berguna untuk bekerja di industri game

  1. Desain Produk

    Dengan mengambil desain produk, kamu belajar untuk merumuskan dan mendesain produk dengan standar tertentu. Hal ini juga dipelajar di kampus dengan jurusan game. Dengan mengambil jurusan ini, kamu bisa menjadi game tester yang berperan untuk menganalisis kelayakan suatu game sebelum dirilis. 

     
  2. Desain Komunikasi Visual (DKV)

    DKV merupakan jurusan yang bisa mengajarimu caranya mengubah gambar yang ada di anganmu menjadi gambar yang bisa dilihat. Kamu juga akan belajar fotografi, animasi, tipografi, dan menginterpretasikan berbagai hal terkait visual. Kemampuan yang juga dipelajari di kampus yang menawarkan jurusan game dan dapat mendukung karirmu sebagai seorang pengembang game. 

     
  3. Teknik Elektro

    Kamu memiliki ketertarikan di bidang game dari segi hardware? Kamu bisa mengambil jurusan Teknik Elektro, kamu bisa menjadi console tester, design, dan quality control dari perusahaan game, lho.

     
  4. Teknik Industri

    Dengan mengambil jurusan ini, kamu belajar sistem, proses, dan proses pengorganisasian dalam suatu industri. Biasanya, developer game akan mempekerjakan para lulusan teknik industri untukk menganalisis kondisi dari industri game dalam jangka waktu tertentu dan bertahap supaya dapat melakukam analisis sesuai dengan kondisi perusahaan. 

     
  5. Teknik Informatika

    Bagi kamu yang ingin memiliki perusahaan game yang unggul, pastikan kamu memiliki lulusan teknik informatika karena mereka bisa menjadi game tester yang unggul. Mereka memiliki pemahaman mengenai jalannya suatu program. 
     

Itulah kampus dengan jurusan game dan juga jurusan yang bisa mendukungmu untuk berkarir di industri game.

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

35
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.