MUSIK

Fakta di Balik Hari Musik Nasional

Diperingati setiap tahun, bagaimana sih cerita mengenai Hari Musik Nasional?

Setiap 9 Maret, Indonesia merayakan Hari Musik Nasional. Penetapan Hari Musik Indonesia ini dicanangkan pemerintah sebagai sebuah upaya meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap musik Indonesia, meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi para insan musik Indonesia, serta meningkatkan prestasi yang mampu mengangkat derajat musik Indonesia secara nasional, regional dan internasional.

 

Singkatnya, ini sebagai salah satu simbol apresiasi bagi para pekerja musik. Nah, untuk Teman Kelaskita yang ingin tau, berikut beberapa fakta di balik perayaan Hari Musik Nasional:

 

 

1. Ditetapkan Pada 2013

 

Hari Musik Nasional ditetapkan pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono melalui Keputusan Presiden Nomor 10 Tahun 2013. Sejak 2013, Hari Musik Nasional dirayakan setiap tanggal 9 Maret.

 

 

2. Mengenang W.R. Supratman

 

Tanggal 9 Maret dipilih sebagai Hari Musik Nasional bukan tanpa alasan. Tanggal itu ditujukan untuk mengenang mendiang Wage Rudolf Supratman, pahlawan nasional yang menciptakan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

 

Meski demikian, sebagian percaya ada kekeliruan mengenai tanggal lahir W.R. Supratman, yang menyebutkan bahwa sang maestro musik itu lahir pada 19 Maret 1903, bukan 9 Maret 1903.

 

 

3. Motivasi untuk Musisi

 

Sejalan dengan negara yang mengakui kinerja para pekerja di bidang musik, penetapan Hari Musik juga memiliki tujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri serta memotivasi para musisi tanah air untuk lebih berprestasi di tingkat regional, nasional, dan bahkan internasional.

 

 

4. Sudah diusulkan sejak lama

 

Meskipun baru ditetapkan pada tahun 2013, namun Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta dan Rekaman Musik Indonesia (PAPPRI) sebenarnya sudah mengusulkan peringatan Hari Musik Nasional sejak lama. PAPPRI mengusulkan hal ini melalui kongresnya yang ketiga di tahun 1998 dan kongres keempat di tahun 2002, namun baru terwujud di 2013.

 

 

Itu dia beberapa fakta singkat mengenai Hari Musik Nasional yang perlu kamu tau. 

 

Oh iya, di Hari Musik Nasional ini, Danilla Riyadi juga mengatakan harapannya terhadap musik Indonesia. Danilla mengatakan kalau dia berharap agar musik Indonesia terus ada dan berkembang dengan karakternya masing-masing.

 

“Semoga para musisi tidak pernah putus asa untuk terus berkarya dan semoga musik Indonesia tetap woww,” ujarnya.

 

Well, selamat Hari Musik Nasional dan selamat menikmati musik-musik dalam negeri yang kaya warna! (Erick)

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

307
1
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.