MENULIS

Dasar-Dasar Copywriting

Berikut ini adalah 10 dasar dalam membuat copywriting yang baik.

Dalam konteks pemasaran produk atau jasa, copywriting adalah salah satu elemen penting dalam aktivitas marketing. Karena sebuah copy atau tulisan yang bagus dapat mendorong audiens dan konsumen untuk mengenal atau bahkan membeli produk yang kita wakili.

 

Nah, berikut ini, ada beberapa basic dari copywriting yang bisa kamu pelajari agar bisa menjadi seorang copywriter andal. Disimak ya!

 

1. Memahami produk

Ketika membuat sebuah copy, pastikan kita mengetahui apa produk atau layanan yang akan diiklankan. Oleh karena itu, kita perlu melakukan riset produk untuk memahami fitur, keunggulan, benefit, perbedaan dengan kompetitor, sampai dengan testimoni atau review produk dari para penggunanya. 

 

2. Kenali audiens 

Sebelum menulis, kita harus mengenali dan memahami dengan tepat siapa target audience yang disasar oleh produk atau jasa yang akan kita tulis. Setelah kita tahu siapa dan bagaimana karakter audience yang dituju, kita bisa menyesuaikan style copy, bahasa yang dipakai, gambar, hingga layout sebuah konten yang spesifik dan sesuai.

 

3. Tetapkan tujuan

Setiap copywriting yang baik memiliki tujuan yang jelas. Apakah itu untuk membuat penjualan, meningkatkan brand awereness, mengedukasi konsumen, atau sekadar membangun hubungan dengan konsumen. Dengan mengetahui tujuan ini dari awal, tulisan yang kita buat akan lebih terarah dengan jelas. 

 

4. Gunakan judul, lead, dan kalimat pertama yang menarik

Agar audiens mau membaca copy yang kita buat, mulailah dengan kalimat yang menarik perhatian. Pastikan kita menulis judul, lead, hingga kalimat pertama tulisan kita dengan menarik.

 

5. Fokus pada kelebihan produk

Ketika menulis sebuah copy, sebaiknya kita fokus pada kelebihan dari sebuah produk. Tunjukkan nilai dan manfaat yang bisa didapatkan konsumen dari produkmu. Dengan begitu, konsumen tahu mengapa ia harus memilih produkmu ketimbang punya kompetitor.

 

7. Gunakan pilihan kata yang familiar

Dalam membuat copywriting, usahakan untuk menggunakan pilihan kata yang ramah dan mudah dimengerti.Gunakan bahasa sehari-hari ketimbang menggunakan bahasa yang rumit dan berkaitan dengan industri tertentu Akan lebih baik lagi jika tulisan kita bisa menggugah emosi target pembaca kita.

 

8. Sesuaikan dengan platform yang digunakan

Strategi copywriting yang kita buat harus bisa menyesuaikan dengan platform di mana copy/ tulisan kita akan ditayangkan. Pasti akan berbeda ketika kita menulis untuk post ig, billboard, ataupun blog.

 

9. Call to Action yang jelas

Dalam sebuah tulisan, penting untuk menyertakan CTA (call to action) bagi para pembacanya. Kita harusmemberitahu audience apa yang harus mereka lakukan dengan jelas. Gunakan kata kerja seperti “beli” atau “sign up” supaya calon konsumen tahu apa yang harus dilakukan usai membaca copy yang kita tulis.

 

10. Jujur

Dalam menulis, pastikan semua info yang kita tulis benar adanya. Jangan membuat atau menulis informasi palsu. Pun ketik menulis statement “terbaik”, “termurah”, dan ter lainnya, pastikan itu benar dan berdasarkan data. Jangan hanya klaim sepihak, karena jika salah, akan bisa merusak reputasi brand yang kita wakilkan.

 

 

Nah, itu dia dasar-dasar copywriting yang perlu kamu tahu. Oh iya, jangan lupa untuk selalu membaca ulang tulisan yang kita buat. Jangan sampai ada kesalahan penulisan dan lakukan pengeditan jika perlu. Selamat menulis! (Erick)

 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

61
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.