LAINNYA

CATAT! Daftar Hari Besar Indonesia 2023, Tentukan Waktu Liburanmu!

Hari besar di Indonesia identik dengan hari libur, tentunya dengan mengetahui lebih awal kamu bisa mempersiapkan liburan dengan lebih matang bersama keluarga. Yuk simak hari besar sepanjang tahun 2023.

Tahun 2023 sudah beberapa bulan berlalu, namun masih banyak yang mencari daftar peringatan hari besar di Indonesia. Bukan tanpa alasan mengingat hari besar ini biasanya identik dengan hari libur atau cuti bersama. 

 

Ini jadi satu momentum yang ditunggu-tunggu, terutama oleh mereka yang bekerja dengan sistem office hour. Hari libur atau cuti bersama akan mereka agendakan untuk melakukan liburan bersama orang-orang tersayangnya, atau sekedar menikmati kesendirian sambil rebahan seharian.

 

Jadi, apakah kamu salah satu dari orang tersebut? Jika iya, mari simak artikel ini untuk mengetahui berbagai peringatan hari besar yang ada di Indonesia. 

 

Daftar Hari Besar Tahun 2023 di Indonesia
 

  1. JANUARI

    Tahun baru kali ini jatuh tepat pada hari Minggu. Beberapa perusahaan memang ada yang memberikan libur tambahan pada hari Selasa, atau lebih tepatnya tanggal 2 Januari 2023. Namun jelas, tetap ada perusahaan yang saklek memberikan hari libur hanya pada tanggal 1 Januari 2023.

    Begitu juga dengan peringatan Tahun Baru Imlek yang jatuh pada hari Minggu atau tepatnya tanggal 22 Januari 2023. Namun untuk yang satu ini kita bisa sedikit bernafas lega mengingat pemerintah menetapkan satu hari setelahnya sebagai cuti bersama. Banyak perusahaan yang meliburkan karyawannya di tanggal tersebut. Apakah perusahaanmu melakukan hal serupa? 

     
  2. FEBRUARI

    Bulan Februari identik dengan bulan kasih sayang alias Valentine’s Day. Namun sayang sekali, tanggal cantik ini bukan termasuk peringatan hari besar di Indonesia.

    Selama bulan Februari 2023, hanya ada satu peringatan hari besar. Jatuh pada tanggal 18 Februari 2023, hari tersebut diperingati sebagai Isra Mi’raj. Perlu diketahui bahwa Isra Mi’raj adalah salah satu peristiwa pentingnya umat Islam. 

    Isra adalah peristiwa perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram (Makkah) menuju Masjidil Aqsa (Yerusalem). Sedangkan Mi’raj adalah perjalanan Nabi Muhammad SAW dari bumi menuju langit ke-7 untuk menerima perintah mulia dari Allah SWT, yaitu melaksanakan shalat 5 waktu. 

     
  3. MARET

    Bulan Maret 2023 umat Hindu akan merayakan Nyepi. Hari suci ini dirayakan setiap Tahun Baru Saka, atau tepatnya tahun ini puncak Nyepi akan jatuh pada tanggal 22 Maret 2023. Dalam peringatan hari besar ini, umat Hindu akan menjaga ketenangan dengan cara meninggalkan semua aktivitas yang berhubungan dengan duniawinya. Tujuannya agar diri manusia dan alam semesta kembali suci. 

     
  4. APRIL

    Peringatan wafatnya Isa Almasih tahun ini akan jatuh pada tanggal 7 April 2023. Hari besar yang jatuh pada hari Jumat ini disebut juga Jumat Suci atau Jumat Agung, di mana umat Kristen dan Katolik akan mengenang wafatnya Yesus Kristus. Sebelumnya, mereka akan melakukan puasa sebagai bentuk taubat atas pengorbanan yang menyebabkan Yesus disalib.

    Pada bulan April 2023 ini umat Islam juga akan memperingati hari besarnya. Ya, Idul Fitri tahun ini akan jatuh pada tanggal 22-23 April 2023 mendatang. Meski demikian, cuti bersamanya akan diadakan mulai tanggal 21 hingga 26 April 2023

    Libur yang diberikan memang cukup lama mengingat akan cukup banyak aktivitas yang dilakukan oleh umat Islam. Selain mengadakan malam takbiran dan salat Idul Fitri, umat Islam akan bergantian mengunjungi sanak saudara untuk silaturahmi dan bermaaf-maafan di hari yang suci dan penuh berkah tersebut.

     
  5. MEI

    Awal bulan Mei, kita akan langsung disambut dengan tanggal merah. Tepatnya hari Senin tanggal 1 Mei 2023, akan ada libur dalam rangka peringatan Hari Buruh. Ya, sejak tahun 2014 lalu Hari Buruh ditetapkan menjadi hari libur nasional yang diputuskan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

    Peringatan ini sebagai bentuk perayaan bagi para buruh yang banyak melakukan kontribusi untuk pembangunan ekonomi negara. Tak hanya itu, biasanya para buruh juga akan turun ke jalan untuk menyuarakan aspirasinya dalam peringatan tersebut.

    Pada bulan Mei tahun 2023 ini, umat Kristen dan Katolik juga akan melakukan peringatan Kenaikan Yesus Kristus. Jatuh pada tanggal 18 Mei 2023, umat Kristen dan Katolik akan pergi ke gereja untuk beribadah dan menyanyikan nyanyian pujian dan syukur. Tujuannya untuk menandai naiknya Yesus Kristus ke surga.

     
  6. JUNI

    Tanggal 1 Juni 2023 nanti, akan ada peringatan Hari Lahir Pancasila. Tujuannya untuk mengingatkan warga Indonesia akan pentingnya Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Pancasila wajib dijadikan pedoman yang mampu memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

    Tiga hari kemudian gantian umat Buddha yang akan merayakan hari besar keagamaannya. Tepatnya 4 Juni 2023, akan ada peringatan Hari Raya Waisak. Perayaan ini bertujuan untuk memperingati Trisuci Waisak yaitu kelahiran, penerangan agung, dan juga kematian Buddha Gautama. Biasanya umat Buddha akan datang ke Candi Borobudur untuk melakukan ritual suci dan doa bersama.

    Pada bulan Juni ini, umat Islam juga merayakan hari besar keagamaannya. Akan ada perayaan Hari Raya Idul Adha yang tahun ini jatuh pada tanggal 29 Juni 2023. Hari raya yang juga sering disebut dengan lebaran haji atau lebaran kurban ini biasanya dirayakan dengan cara menyembelih hewan kurban sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan Allah SWT.

     
  7. JULI

    Pada bulan Juli, umat Islam akan merayakan Tahun Baru Hijriyah atau yang sering dikenal dengan nama Tahun Baru Islam. Salah satu peristiwa penting bagi umat Islam ini jatuh pada tanggal 1 Muharram, atau tahun ini bertepatan dengan tanggal 19 Juli 2023. Umat Islam akan mengingat perjuangan Nabi Muhammad SAW melakukan hijrah dari Mekkah ke Madinah. Dalam hal ini, umat Islam akan menerapkannya kembali dengan semangat berhijrah dari hal baik ke hal lain yang lebih baik.

     
  8. AGUSTUS

    Agustus identik dengan hari kemenangannya Indonesia. Tepatnya setiap tanggal 17 Agustus, warga Indonesia akan merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Pada tanggal tersebut, masyarakat Indonesia akan merayakan semangat perjuangannya setelah ratusan tahun melawan penjajah. Selain itu, perayaan ini juga untuk mengenang jasa para pahlawan serta meningkatkan rasa cinta tanah air pada negara.

     
  9. SEPTEMBER

    28 September 2023 mendatang, umat Islam akan merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW. Umat Islam merayakannya sebagai bentuk rasa syukurnya kepada Allah SWT atas kelahiran Nabi Muhammad SAW sebagai penyelamat manusia dari kegelapan. Selain itu, umat Islam juga akan mengingatkan diri sendiri untuk terus mencari ilmu yang mampu mempertebal keimanannya pada agama Islam. 

     
  10. OKTOBER

    Para pekerja sepertinya harus berlapang dada mengingat pada bulan Oktober 2023 ini tak ada peringatan hari besar yang berujung tanggal merah. Meski demikian, Oktober penuh dengan hari-hari penting yang sudah seharusnya bisa kita ikut diperingati. Sebut saja Hari Kesaktian Pancasila (1 Oktober), Hari Batik Sedunia (2 Oktober), Hari TNI (5 Oktober), Hari Sumpah Pemuda (28 Oktober), dan masih banyak lagi.

     
  11. NOVEMBER

    Sama seperti bulan sebelumnya, bulan November 2023 juga tak ada peringatan hari besar berujung tanggal merah. Namun, banyak peristiwa penting yang bisa dirayakan. Sebut saja Hari Pahlawan (10 November), Hari BRIMOB (14 November), Hari Anak Sedunia (20 November), Hari Guru (25 November), dan masih banyak lagi.

     
  12. DESEMBER

    Penghujung tahun ini hanya ada satu peringatan hari besar, yaitu Hari Raya Natal yang jatuh pada tanggal 25 Desember 2023. Perayaan akan dimulai dengan kebaktian malam pada tanggal 24 Desember, lalu dilanjutkan dengan kebaktian pagi pada tanggal 25 Desember. Umat Kristen dan Katolik merayakannya sebagai bentuk pengingat kelahiran Yesus Kristus yang memberikan kasih luar biasa untuk kehidupan manusia. Natal juga dijadikan momen untuk selalu bersyukur dan memberikan kasih sayang pada sesama. 

 

Dari penjabaran di atas, dapat disimpulkan bahwa tahun 2023 ini ada 16 merah hari libur nasional dan 8 tanggal merah cuti bersama. Jadi, sudah siap untuk merancang kembali agenda liburanmu? 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

387
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.