TEKNIK INFORMASI

Cara Meningkatkan User Experience pada Website

Lakukan beberapa hal ini agar pengunjung web nyaman dan betah di website kita.

Di era digital seperti sekarang ini, website adalah salah satu medium yang efektif untuk melakukan pemasaran. Oleh karena itu, sebisa mungkin website yang kita buat bisa menghadirkan user experiencedengan baik. Karena hal ini merupakan bagian penting yang harus diperhatikan dalam pembangunan sebuah website.

 

Buat yang belum tau, user experience adalah pengalaman yang pengguna dapatkan ketika mampir ke sebuah website. Sebagian orang biasa menyebutnya UX. 

 

Pengalaman user ini sangatlah berpengaruh pada website yang kita kelola, karena ini bisa menentukan apakah user akan kembali lagi ke website kita di masa mendatang. 

 

Untuk itu, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan agar user betah di website kita. Berikut beberapa di antaranya: 

 

1. Homepage yang menarik

Homepage menjadi hal pertama yang akan dilihat oleh pengguna saat berkunjung ke sebuah website. Ini berarti, tampilan website bisa menjadi penentu apakah pengguna tersebut akan bertahan di website tersebut, atau keluar dan mencari website yang lain.

 

Agar terlihat menarik dan friendly, sebaiknya homepage dibuat dengan simple saja. Usahakan untuk tidak terlalu banyak mencantumkan informasi pada halaman ini, cukup yang penting-penting saja. Jangan lupa untuk memasukan logo dan nama perusahaan di halaman depan ini. 

 

2. Sediakan area kosong untuk istirahat mata

Penting untuk menyediakan area kosong atau white space di sekitar konten atau tulisan pada website kita. Area ini dibuat dengan tujuan agar user lebih nyaman saat melihat konten yang ada pada website.

 

3. Kecepatan loading website

Untuk meningkatkan user experience, pastikan website kita tidak membutuhkan waktu terlalu lama saat dibuka. Website dengan kecepatan loading yang lambat cenderung dianggap buruk dan user akan malasuntuk kembali lagi.

 

4. Gunakan format bulleted list

Jika website kita memiliki banyak informasi berbentuk teks, sebaiknya gunakan format poin-poin alias bulleted list. Dengan begini, tampilan akan terlihat lebih rapi, menarik, dan bisa membuat user tidak merasa bosan saat membaca informasi tersebut.

 

5. Tambahkan gambar atau video

Lengkapi web kita dengan gambar dan video agar user menjadi tidak mudah bosan dan website menjadi tampak lebih menarik. Gambar dan video ini juga bisa dijadikan sebagai pelengkap konten yang telah kita buat dalam website.

 

6. Perhatikan penulisan judul dan keyword

Seseorang user akan mengunjungi website kita jika mereka menemukan topik atau judul yang mereka cari. Sebaiknya buatlah judul yang relevan dengan isi. Gunakan juga keyword atau kata kunci yang sedang banyak dicari agar lebih mudah ditemukan oleh pengguna. Pastikan juga judul yang dibuat sesuai dengan standar SEO google agar website bisa berada di halaman pertama pencarian.

 

7. Hindari broken link

Saat kita mencantumkan link pada website, pastikan link tersebut dapat dibuka. Karena jika ternyata linktersebut tidak dapat terbuka, user akan kecewa dan meninggalkan website kita. 

 

8. Desain yang mobile friendly

Untuk dapat meningkatkan user experience, penting untuk membuat website yang memiliki desain mobile friendly. Ini artinya website kita bersifat responsif dan tampilannya akan menyesuaikan dengan perangkat yang digunakan untuk mengaksesnya. 

 

 

Itu dia beberapa hal yang perlu kita perhatikan agar website kita lebih baik sehingga bisa meningkatkan user experience dari pengunjungnya. Semoga bermanfaat. (Erick)

 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

150
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.