PUBLIC SPEAKING

Cara Meningkatkan Skill Public Speaking

Berikut ini ada beberapa cara untuk meningkatkan skill public speaking yang bisa dilakukan.

Tampil berbicara di depan publik memang tidak mudah. Untuk yang belum terbiasa, rasa gugup, deg-degan,grogi, dan lain sebagainya dijamin menghampiri. Materi yang kita bawakan juga jadi kurang smooth karena hal ini.

 

Nah, untuk mengatasinya, berikut ini ada beberapa tips atau cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan atau skill public speaking kita. Coba disimak ya, Teman KelasKita.

 

1. Cari referensi

Menemukan referensi, dalam hal ini tokoh pubkic speaking, bisa jadi langkah awal yang baik. Kita bisa mempelajari tokoh public speaking panutan dengan menonton mereka sedang berbicara di publik. Perhatikan cara mereka berbicara, amati bahasa tubuhnya, dan lihat cara mereka menguasai panggung. 

 

2. Latihan sendiri

Dalam setiap kesempatan, selalu lakukan latihan untuk berbicara di depan umum. Kita bisa coba mengulang materi yang hendak dibawakan setiap harinya sampai benar-benar paham dan menguasai materi luar kepala. Hal ini akan kita jadi lebih nyaman dan percaya diri.

 

3. Berlatih pernapasan

Selain mempelajari materi yang kamu bawakan, penting juga untuk melatih vokal dan teknik pernapasan.Latihan pernapasan ini akan bisa membantu kita menjadi lebih tenang saat berbicara di depan publik. Dengan begini, kita akan bisa menyampaikan topik dan materi dengan lebih santai dan terarah.

 

4. Kenali audiens

Mengenali dengan siapa kita akan berbicara sangatlah penting dalam konteks public speaking. Karena dengan memahami siapa audiensnya, akan membantu kita untuk menentukan diksi yang tepat, sejauh mana informasi yang akan kita bagi, sampai bagaimana cara terhubung dengan mereka.

 

5. Menambahkan elemen pendukung

Ada berbagai elemen yang bisa kita tambahkan saat berbicara di depan publik, yang berguna untuk mendapatkan perhatian dari audiens. Elemen ini bisa berupa visual pendukung, analogi ceritam atau bahkan humor. Bukan hanya membuat presentasi semakin menarik, elemen-elemen ini juga bisa membantu kita untukmenyampaikan maksud dengan lebih jelas.

 

6. Latihan di depan teman

Sebelum tampil di acara sesungguhnya, kita bisa melatih materi kita di depan beberapa teman atau keluarga dekat. Minta kritik dan saran dari mereka, agar kamu tahu apa yang harus diperbaiki saat benar-benar berbicara di depan publik. Kita juga bisa merekam sesi latihan tersebut untuk ditonton ulang nanti.

 

Itu dia beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan dan meningkatkan skill public speaking kita. Selain hal-hal di atas, Teman KelasKita juga bisa mempertimbangkan untuk ikut kelas-kelas public speaking, baik secara online maupun offline. Dengan begini kita akan bisa semakin meningkatkan pengetahuan dan skill piblic speaking. Selamat mencoba ya, Teman KelasKita! (Erick)

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

60
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.