KESEHATAN

Cara Menguruskan Perut Buncit Secara Alami

Memiliki perut buncit bisa saja mengurangi rasa percaya diri kita, namun tidak hanya soal tampilan, dampak buruknya bisa mempengaruhi kesehatan. Yuk kita bersama-sama menguruskan perut buncit dengan cara yang alami.

Ada banyak usaha yang dilakukan oleh kita supaya bisa menguruskan perut buncit. Memiliki perut buncit tidak hanya menurunkan kepercayaan diri, namun juga berbahaya bagi tubuh bila dibiarkan, penumpukan lemak menyebabkan tubuh lebih mudah terkena penyakit seperti diabetes, serangan jantung, obesitas, dan kolesterol.

 

Diet dan olahraga adalah cara yang paling populer untuk mengatasi perut buncit. Namun ada cara alami yang mudah dilakukan, tapi harus rutin dilakukan.

 

Cara menguruskan perut buncit

Perut buncit terjadi karena konsumsi kalori yang meningkat sehingga berubah menjadi lemak. Semakin banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh, seharusnya semakin banyak latihan atau aktivitas fisik yang diperlukan supaya mencegah tubuh menyimpan kalori tersebut sebagai lemak. Olahraga menjadi salah satu cara menngecilkan perut buncit secara efisien. 

 

  1. Minum air jeruk nipis atau lemon

    Air jeruk nipis memiliki beberapa manfaat bagi tubuh. Air perasan mengandung sedikit kalori sehingga kamu bisa mengisi perut tanpa perlu khawatir berat badanmu bertambah. Jeruk nipis dan lemon juga mengandung banyak vitamin C yang sangat baik untuk tubuh. Asam nitrat air jeruk nipis dapat mempercepat metabolisme tubuh yang akan meningkatkan laju pembakaran kalori. Dengan mengonsumsi air jeruk nipis, tubuh akan menyimpan lebih sedikit lemak pada saat yang bersamaan.

     
  2. Memperbanyak asupan serat dan juga protein

    Dengan meningkatkan asupan makanan tinggi protein dan serat, kamu dapat menurunkan berat badan dengan membuat tubuh kenyang lebih lama. Kamu bisa mengonsumsi oat, oatmeal, serta buah-buahan dan sayuran seperti alpukat, apel, sawi, mangga, jambu biji, dan kol sebagai opsi makanan dengan asupan serat yang tinggi. Kamu juga bisa menemukan asupan protein pada daging tanpa lemak, ikan, telur, dan juga kacang-kacangan.

    Dalam proses pencernaan, serat diproses dalam waktu tidak sebentar sehingga membantumu kenyang lebih lama. Kamu bisa mengurangi asupan kalori. Serat juga dapat menjaga sistem pencernaan sehingga mengurangi perut kembung dan menjaga perut tanpa kecil.

    Protein seperti susu, telur, dan daging memiliki kadar lemak perut yang rendah.

     
  3. Membatasi makanan dan minuman manis

    Tahukah kamu, tubuhmu dapat menyerap gula yang berasal dari makanan dan minuman manis sehingga kadar insulin meningkat. Konsumsi makanan dan minuman manis dapat berpengaruh pada penambahan berat badan, obesitas, dan diabetes tipe 2. Sebaiknya kamu mengonsumsi gula alami, misalnya mengonsumsi buah apel secara langsung dibandingkan dengan minum jus apel manis.

     
  4. Kurangi karbohidrat

    Untuk menguruskan perut buncit, kamu juga bisa melakukan diet rendah karbohidrat. Pastikan kamu tidak mengonsumsi karbohidrat sederhana seperti makanan bertepung dan makanan cepat saji karena dapat meningkatkan jumlah timbunan lemak di perut. Lebih baik kamu mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Jangan lupa minum air putih yang cukup dan jauhi makanan yang tinggi garam, ya.

    Karbohidrat memang merupakan sumber energi tubuh, namun tidak semua jenis karbohidrat baik untuk dikonsumsi.Jika kamu memutuskan untuk mengurangi karbohidrat, kamu tetap harus mempertahankan Angka Kecukupan Gizi (AKG) harian)

     
  5. Tidur yang cukup

    Semakin kamu kurang tidur, semakin besar kemungkinanmu mengalami penambahan berat badan. Kurang tidur dapat mempengaruhi hormon yang mengatur nafsu makan. Hal ini bisa membuatmu merasa lapar, terutama di malam hari saat seharusnya kamu beristirahat, Jika kamu ingin menguruskan perut buncit, pastikan kamu cukup beristirahat. Kuncinya adalah tidur yang cukup. Normalnya, manusia tidur sekitar 7-8 jam setiap malam. Jika kamu tidur kurang dari 6 jam atau lebih dari 7 jam, jumlah lemak perut akan meningkat. Aturlah aktivitas harianmu dan hindari begadang.

     
  6. Berolahraga

    Rutin berolahga adalah cara yang wajib kamu lakukan. Biasanya lemak visceral akan menumpuk pada orang yag malas berolahraga sehingga perut akan membesar bahkan bergelambir. Pastikan kamu berolahraga setidaknya 30 menit sehari. Kamu bisa berjalan, bersepeda, berenang, jogging, dan senam. Bila kamu melakukan hal ini secara rutin, detak jantungmu akan meningkat, berat badan terjaga, dan lemak akan terbakar. 

     
  7. Resistance training

    Coba untuk melakukan ketahanan yang diyakini dapat mengecilkan perut di masyarakat. Cara ini cocok untukmu yang ingin mengurangi kalori namun tidak ingin kehilangan massa otot. Dengan meningkatkan massa otot, kamu bisa membakar lebih banyak kalori walaupun sedang istirahat. Kamu bisa mencoba angkat beban, squat, dan lunges.

     
  8. Memenuhi kebutuhan cairan

    Bila kamu terbangun dengan kondisi perut yang tampak lebih besar dibanding sebelumnya, bisa jadi kamu makan terlalu banyak saat malam hari. Jangan khawatir, kamu bisa memenuhi kebutuhan cairan supaya kamu tidak buncit. Caranya adalah menngonsumsi makanan yang mengandung air seperti sup, jus buah, dan smoothies, Dengan mengonsumsi buah-buahan, kamu juga melancarkan pencernaan agar tidak sembelit.

     
  9. Tingkatkan lemak baik

    Ada dua jenis lemak yang terkandung di makanan yakni lemak jenuh dan tak jenuh. Pastikan kamu mengonsumsi lemak sehat supaya upayamu dalam menguruskan perut buncit dapat berjalan dengan baik. Kamu bisa mengonsumsi minyak zaitun, buah alpukat, kacang-kacangan, minyak wijen, dan selai kacang tanpa gula tambahan sebagai sumber lemak baik. 

     
  10. Mengunyah makanan pelan-pelan

    Bila kamu makan terlalu cepat, otak tidak akan mendapatkan waktu untuk mengirim sinyal rasa kenyang ke tubuh. Mengunyah makanan secara perlahan bisa membantu mencegah perut kembung. Bila kamu tidak mengunyah makanan hingga halus, tubuh akan kesulitan mencerna, dan kamu akan berisiko mengalami sembelit. Cobalah untuk mengunyah secara perlahan supaya kamu tidak semakin buncit. 

     
  11. Menjalankan gaya hidup sehat

    Walaupun bukan kondisi yang berbahaya, perut buncit bisa menjadi salah satu gejala dari masalah kesehatan. Konsistenlah dalam menjalani gaya hidup sehat dan rutin berolahraga. Nah, bila kamu kesulitan mencari pola makan yang tepat, kamu bisa berkonsultasi dengan ahli gizi supaya mereka bisa membantumu merancang pola makan.

     
  12. Mengelola stress

    Tubuhmu akan memproduksi lebih banyak hormon kortisol di dalam darah saat kamu mengalami stress. Selain itu, kamu akan lebih sulit mengendalikan nafsu ataupun mengatur aktivitas dengan baik. Beberapa orang mengalami stress eating sehingga berat badan naik dengan cepat, apalagi bila tidak disertai dengan olahraga teratur. Kamu bisa mencoba meditasi, yoga, dan berkonsultasi dengan tenaga profesional.

 

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecilkan perut buncit. Lakukan secara konsisten, semoga membantu, ya!

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

1537
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.