LAINNYA

Cara Mengembalikan Akun WhatsApp yang Dibajak

Teman Kelaskita ada yang akun whatsapp-nya dibajak? Coba lakukan 2 cara ini untuk mengembalikannya.

Kasus akun WhatsApp di-hack kerap terjadi belakangan ini. Hal ini tentunya meresahkan karena akun kita berpotensi disalahgunakan untuk hal-hal yang tidak kita inginkan.

 

Nah, apabila akun WhatsApp kamu sudah telanjur dibajak, masih ada kesempatan untuk mendapatkannya kembali. Berikut ini ada dua cara yang bisa kita lakukan untuk mengembalikan WhatsApp yang dibajak:

 

1. Lapor ke pusat bantuan WhatsApp

Cara pertama yang bisa kita lakukan jika WhatsApp dibajak adalah dengan mengirimkan email ke pihak WhatsApp di emailsupport@whatsapp.com.

 

Tulis email dengan subject bahwa akun WA kita di-hack, misalnya: "My WhatsApp account got hacked". Dalam laporan tersebut, tuliskan kronologi disertai bukti tambahan seperti screenshot akun dan masalah yang dialami.

 

Kemudian lengkapi nomor telepon yang digunakan untuk WhatsApp dengan diawali nomor kode internasional Indonesia (+62).

 

Setelah itu, pihak WhatsApp akan segera medeaktivasi akun untuk sementara. Tunggu hingga ada pemberitahuan untuk bisa kembali mengaktifkan akun WhatsApp kembali.

 

2. Install ulang Whatsapp

Cara lain untuk mengembalikan WhatsApp yang dibajak selanjutnya adalah dengan menginstal ulang aplikasi WhatsApp di HP.

 

Pertama, uninstall atau hapus aplikasi WhatsApp dari ponsel, kemudian install kembali dan log in dengan memasukkan nomor telepon seperti biasa. Kemudian akan muncul verifikasi berupa kode OTP yang dikirim melalui SMS langsung ke nomor HP kita tadi, lalu masukkan kode OTP tersebut.

 

Setelah kita berhasil masuk ke WhatsApp, akun di tangan  pembajak akan secara otomatis log out dan akun WhatsApp kita akan kembali pulih.

 

Oh iya, untuk pengamanan, jangan lupa untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah di akun WhatsApp kita. 

 

 

Cara mengaktifkan verifikasi dua langkah

Fitur verifikasi dua langkah (two-step verification) merupakan proteksi tambahan yang bertujuan agar akun WhatsApp kita tidak berpindah ke tangan pembajak.

 

Ketika melakukan aktivasi two-step verification, kita akan diminta memasukkan enam digit PIN, yang berfungsi sebagai kunci akses, apabila kita mengganti HP di kemudian hari. Fitur ini akan memberikan pengamanan ganda pada akun WhatsApp kita. Berikut cara mengaktifkannya:

 

-       Masuk ke Profil WhatsApp, lalu pilih Pengaturan

-       Pilih Akun, lalu klik Autentikasi Dua Langkah

-       Aktifkan fitur ini dengan memasukkan 6 digit kode PIN

-       Setelah Autentikasi Dua Langkah diaktifkan, masukkan 6 digit kode PIN ini ketika log in pada perangkat atau gadget yang berbeda

 

 

Itu dia dua cara mengembalikan WhatsApp kita yang dibajak. Jangan lupa untuk mengaktifkan verifikasi dua langkahnya ya! (Erick)

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

136
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.